8 Aktivitas Seru Untuk Wisatawan yang Berlibur ke Tiga Gili Lombok

Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air adalah tiga pulau kecil di lepas pantai sisi barat Pulau Lombok yang kemudian menyatu dengan sebutan Tiga Gili. Ketiga pulau tersebut menjadi ikon sekaligus sumber daya utama pulau Lombok untuk mendatangkan wisatawan asing dan juga domestik dengan segala kelebihannya yaitu bebas kendaraan bermotor dan perairan yang jernih.

Banyak hal yang bisa dilakukan wisatawan saat berlibur di Tiga Gili yang mana pada umumnya diisi dengan kegiatan luar ruangan dan tidak jauh-jauh dari pantai. Karena mereka yang datang ke pulau-pulau ini memang penasaran dan tergoda dengan suguhan pantai yang mempesona. Disusun Travelingyuk, berikut aneka aktivitas seru yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Tiga Gili.

1. Bersantai di Pantai

Pantai-pantai di Tiga Gili sangat menggoda dengan air lautnya yang punya visibilitas bagus, terumbu karang yang relatif masih terjaga dan biota laut yang kaya menjadi daya tarik utama. Kebanyakan wisatawan yang datang memang terpikat dengan keindahan pantainya apalagi ukuran pulau yang kecil bisa dikelilingi dalam satu hari memberikan banyak pilihan pantai untuk setiap wisatawan.

Penampakan Gili Meno, via instagram
Penampakan Gili Meno, via instagram

Pantai yang ada baik di Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air semuanya mempunyai pasir yang putih. Pantai dengan karakteristik pasir seperti itu paling banyak disukai oleh wisatawan karena terlihat lebih anggun dibanding pantai-pantai dengan pasir hitam yang berasal dari aktivitas vulkanik. Di sekeliling pantai Tiga Gili juga ditumbuhi pepohonan rindang yang nyaman untuk bersantai sambil membaca buku dan mendengarkan musik. Garis pantainya yang panjang bisa digunakan untuk bermain pasir atau sekedar jalan-jalan.

Wisatawan yang tidak terlalu suka dengan suasana ramai Gili Trawangan tinggal menyeberang ke Gili Meno atau Gili Air yang relatif lebih sepi. Kesamaannya ketiga pulau ini bebas dari kendaraan bermotor yang artinya setiap wisatawan akan disuplai dengan udara yang lebih bersih dari polusi asap kendaraan.

2. Berjemur A la Bule

Destinasi wisata Tiga Gili di Lombok memang menjadi tujuan favorit wisatawan mancanegara. Terlebih pada liburan Nyepi, satu hari sebelumnya banyak bule yang “melarikan diri” dari Pulau Dewata menuju Lombok. Pasalnya pada Hari Raya Nyepi semua kegiatan di luar ruangan dihentikan sehingga banyak bule yang mencari tempat berlibur baru dan tujuannya tentu saja Lombok, selain dekat pilihan tempat wisatanya tidak berbeda jauh dengan Bali.

Berjemur di Gili Trawangan, via instagram
Berjemur di Gili Trawangan, via instagram

Jika umumnya wisatawan domestik lebih memiliki berteduh di bawah pohon di pinggir pantai lain halnya dengan bule. Saat berada di pantai dan melihat hamparan pasir yang putih mereka akan langsung mencari tempat untuk berjemur dengan kostum khas mereka yaitu bikini. Pemandangan bule berbikini yang sedang berjemur akan banyak dilihat di Tiga Gili khususnya Gili Trawangan yang memang paling ramai dikunjungi sekaligus pulau terbesar dan terlengkap.

Untuk wisatawan yang berduit mungkin bisa mencicipi resor mewah yang baru saja dibuka di Gili Meno. resor bernama Bask Gili Meno ini disebut-sebut milik seorang artis Hollywood bernama David Hasselhoff. Wisatawan akan dimanjakan dengan penginapan berbentuk villa mewah serta fasilitas kelas wahid lainnya.

3. Bermain Surfing dan Stand-Up Paddle Board

Video pendek di bawah ini menunjukkan pada calon wisatawan yang akan berkunjung ke Tiga Gili bagaimana menikmati keindahan ketiga pulau kecil tersebut dengan cara yang seru. Karena potensinya yang menonjol terletak pada lautnya maka kegiatan air adalah pilihan yang paling pas untuk menikmati liburan di sana.

Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air pada dasarnya mempunyai perairan yang tenang. Tapi bukan berarti tidak bisa surfing di pantainya, umumnya para surfer akan pergi ke Gili Air yang punya ombak relatif besar. Sedangkan mereka yang ada di Gili Meno tetap bisa melakukan aktivitas menggunakan papan selancar yaitu dengan cara Stand-Up Paddle Boarding. Selain itu kayaking dan canoing bisa jadi pilihan lain untuk menikmati keindahan pantai dari atas permukaannya.

4. Mencicipi Aktivitas Bawah Air

Keindahan bawah laut di Tiga Gili memang sudah terkenal apalagi dari cerita wisatawan yang pernah berkunjung kesana mengatakan tidak perlu berenang hingga ke tengah untuk melihat terumbu karang dan sekumpulan ikan kecil. Cukup melakukan snorkeling di perairan dangkalnya wisatawan sudah bisa bersenang-senang dengan aneka jenis ikan termasuk si imut ikan nemo. Di pesisir pantai banyak operator tur yang menyewakan peralatan snorkeling serta paket tur snorkeling ke spot-spot terbaiknya di tengah laut di antara Tiga Gili.

Snorkeling di Gili Trawangan, via instagram
Snorkeling di Gili Trawangan, via instagram

Bagi yang sedikit lebih profesional bisa ikut tur diving atau menyelam baik itu free diving maupun scuba diving. Untuk melakukan kegiatan ini wisatawan butuh panduan dari operator tur. Mereka akan dengan senang hati menyewakan dan memandu wisatawan menjelajahi keindahan alam bawah laut di Tiga Gili. Banyak pilihan operator dengan tarif yang berbeda, wisatawan bisa memilih sesuai dengan keinginan.

5. Menikmati Keindahan Sunrise dan Sunset Dalam Satu Lokasi

Keuntungan bagi wisatawan yang berlibur di pulau kecil adalah mereka bisa menikmati matahari terbit dan tenggelam di tempat yang sama. Seperti halnya di Tiga Gili, rata-rata ketiga pulau tersebut bisa dikelilingi penuh kurang dari dua jam. Saat pagi hari wisatawan bisa bangun pagi dan menuju ke pantai di sisi timur untuk menyambut mentari dengan segala kehangatannya.

Sunset di Gili Trawangan, via instagram
Sunset di Gili Trawangan, via instagram

Saat sore tiba tinggal berjalan ke pantai di sisi barat, perlahan matahari akan tenggelam di tengah lautan luas memancarkan berkas sinar jingga yang mewarnai alam semesta dengan indahnya. Untuk Gili Trawangan bahkan telah disediakan spot terbaik untuk menyaksikan sunset yang diberi nama Sunset View, sebuah tempat di sisi barat pulau khusus untuk menikmati matahari yang tenggelam.

6. Bersepeda Keliling Pulau

Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air adalah pulau-pulau kecil yang bebas kendaraan bermotor. Lantas bagaimana wisatawan berkeliling pulau atau menuju ke tempat yang agak jauh dan tidak kuat berjalan kaki? Tenang saja karena di dalam pulau ini banyak warga dan juga agen wisata yang menyewakan sepeda.

Bersepeda keliling pulau, via instagram
Bersepeda keliling pulau, via instagram

Sebagai ganti kendaraan bermotor, wisatawan bisa berkeliling pulau menggunakan sepeda yang disewakan oleh warga atau pun agen wisata. Tarifnya cukup terjangkau, sekitar 50-70 ribu rupiah wisatawan bisa membawa sepeda untuk jalan-jalan berkeliling pulau seharian, ya seharian bukan hitungan jam. Jadi mereka tidak perlu buru-buru mengembalikan sepeda.

7. Keliling Pulau Naik Cidomo

Jika malas mengayuh sepeda wisatawan bisa naik transportasi umum. Tidak adanya kendaraan bermotor bukan berarti tidak ada transportasi umum di Tiga Gili. Ada yang namanya Cidomo, alat transportasi tradisional yang ditarik oleh kuda semacam delman jika di Jawa. Untuk berkeliling pulau menggunakan Cidomo setiap wisatawan harus membayar sekitar 50 ribu rupiah.

Keliling Pulau Naik Cidomo, via instagram
Keliling Pulau Naik Cidomo, via instagram

Wisatawan yang menggunakan Cidomo bisa berkeliling pulau dengan durasi 1,5-2 jam. Jika dibandingkan dengan tarif sewa sepeda yang juga sama pada kisaran itu, memang tarif naik Cidomo lebih mahal karena wisatawan dibatasi oleh waktu. Tapi buat mereka yang tidak bisa naik sepeda atau malas capek, ini bisa jadi pilihan yang realistis ketimbang harus jalan kaki.

8. Park Bird Gili Meno

Ada pilihan objek wisata tambahan di Gili Meno yaitu Park Bird Gili Meno, sebuah taman urung yang juga menjadi pusat penangkaran aneka jenis burung yang berbulu indah dan memiliki kicauan merdu. Objek wisata di Gili Meno ini wajib wisatawan kunjungi.

Park Bird Gili Meno, via instagram
Park Bird Gili Meno, via instagram

Di taman burung ini wisatawan tidak hanya disuguhi kicauan burung saja, mereka juga dipersilahkan untuk menyentuh bulu-bulu cantik dari burung yang telah jinak. Tempat ini cocok untuk dikunjungi wisatawan yang hobi fotografi hewan.

Sudah pernah liburan ke Tiga Gili? Ayo share pengalamanmu pada wisatawan lain biar mereka juga bisa melakukan hal-hal seru lainnya di Tiga Gili!

Tags
Gili Air Gili Meno Gili Trawangan Tiga Gili
Share