Air Terjun Weekacura, Segarnya Guyuran Air di Tengah Hamparan Sawah Sumba

Advertisement

Pulau Sumba merupakan pulau dengan luas wilayah 10.710 kilometer persegi.  Masuk di Provinsi Nusa Tenggara Timur, pulau ini memiliki keragaman keindahan alam yang menjadi daya tarik wisatawan. Salah satunya adalah wisata Air terjun Weekacura.

Air terjun ini termasuk salah satu destinasi wisata terbaru di Sumba. Lokasinya berdekatan dengan objek wisata Waikelo, yang merupakan gua dan sebuah bendungan. Air terjun ini bertingkat dengan air jernih berwarna kehijauan. Semakin menambah keindahan dan kesegaran di tanah Sumba.

Berada di tengah persawahan

Air Terjun Weekacura berada di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya. Weekacura merupakan air terjun bertingkat di tengah sawah. Air yang mengalir di Weekacuraberasal dari mata air kelosembilan yang berada cukup dekat dengan air terjun ini. Untuk menuju ke Air Terjun Weekacura, kamu harus menempuh sekitar 40 menit lewat jalur darat. Dan tiket masuknya gratis.

Foto via TripSumba

Sayangnya, wisata Weekacura ini belum memiliki fasilitas yang menunjang seperti toilet, tempat beristirahat, maupun rumah makan di sekitarnya. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa sendiri perbekalan dari rumah. Selain itu, Air Terjun Weekacura juga buka selama 24 jam dan dapat dikunjungi setiap hari.

Berenang dengan pemandangan indah

Dikelilingi pepohonan rindang serta pemandangan sawah, tak heran kalau pemandangan di sekitar Air Terjun Weekacura ini semakin menyejukkan mata. Selain bersih dari sampah, wisata ini juga memiliki air yang jernih berwarna kehijauan hingga bakal membuatmu ingin segera terjun ke dalam kolamnya. Namun alangkah baiknya, kalau sebelum mulai terjun kamu harus bertanya kepada pemandu untuk mendapatkan arahan lokasi berenang yang aman dan arusnya tidak terlalu kuat.

Foto Via Instagram

Walaupun disebut air terjun, ketinggian air terjunnya hanya sekitar 2 meter saja dengan kontur bertingkat. Jadi, terlihat seperti kolam renang yang terhubung dari atas ke bawah. Tak hanya itu, pemandangan sekitar Air Terjun Weekacura juga sangat Instagramable. Banyak spot foto cantik yang bisa kamu temukan di sini.

Rute menuju lokasi

Untuk ke lokasi wisata Air Terjun Weekacura, kamu bisa berangkat dari Tambolaka dengan berkendara sekitar 40-45 menit menuju Wewewa. Kamu akan diantar oleh pemandu untuk menuju lokasi wisata ini. Dalam satu lokasi, terdapat juga wisata gua dan bendungan Waikelo Sawah yang bisa ditempuh selama 20 menit.

Foto Via Tempatwisata

Kamu juga bisa melihat stalaktit pada bagian dalam gua. Walaupun arus air dalam gua terlihat tenang, namun para pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang di sana. Karena beberapa bagian gua memiliki arus yang berbahaya dan jalanan menuju gua pun sedikit licin. Pengunjung disarankan untuk berhati-hati.

Suasana yang sejuk dan lokasi yang masih sangat alami, bakal membuatmu betah berada di Air Terjun Weekacura. Saat berlibur ke Sumba, jangan lewatkan untuk mampir ke tempat ini ya!

Advertisement
Tags
Air Terjun Indonesia air terjun weekacura Sumba waikelo weekacura wisata alam Indonesia wisata sumba
Share