Menyingkap Fakta Unik Air Terjun Victoria di Zambia

Advertisement

Disebut sebagai salah satu yang tercantik di dunia, Air Terjun Victoria merupakan harta karun Afrika yang berlokasi Zambia dan Zimbabwe. Saking cantiknya air terjun yang satu ini, bahkan UNESCO telah memasukkannya dalam daftar Situs Warisan Dunia.

Selain cantik dan tercatat sebagai warisan dunia, ternyata Air Terjun Victoria juga memiliki banyak sisi lain yang teramat unik untuk ditelisik. Apa saja sisi lain tersebut? Yuk, kita singkap keunikannya berikut ini:

Air Terjun Terlebar di Dunia

Boleh jadi Air Terjun Victoria bukanlah yang tertinggi di dunia. Dibandingkan dengan Air Terjun Angel di Venezuela (967 meter), air terjun yang satu ini ‘hanya’ memiliki tinggi 100 meter. Namun jika diukur dari kelebarannya, maka bisa dipastikan bahwa Air Terjun Victoria adalah juaranya.

Air Terjun Terlebar di Dunia
Air Terjun Terlebar di Dunia [Image Source]
Berasal dari Sungai Zambesi yang megah, Air Terjun Victoria tercatat sebagi satu-satunya air terjun yang memiliki lebar dari satu kilometer. Dengan lebar yang sedemikian rupa, tidak salah lagi kalau air terjun legendaris ini mampu menumpahkan 540.000.000 kubik air dalam satu menit. Wow!

‘Asap yang Menggelegar’

Nama Victoria pada air terjun ini sejatinya merupakan bentuk penghormatan kepada Ratu Inggris Victoria. Dinamai demikian karena air terjun ini ‘pertama kali’ ditemukan oleh seorang dokter dan misionaris asal Inggris bernama David Livingstone.

Asap yang Menggelegar
Asap yang Menggelegar [Image Source]
Tapi, jauh sebelum David Livingstone menemukannya pada tahun 1855, penduduk setempat sudah menjuluki air terjun ini sebagai ‘Mosi-oa-Tunya’. Dalam Bahasa Kololo, ‘Mosi-oa-Tunya’ bisa berarti ‘Asap yang Menggelegar’. Konon tidak ada satu pun orang yang berani mendekatinya karena suara gelegar air terjun ini bisa terdengar dari jarak 40 kilometer, sementara kabut yang diciptakannya bisa terlihat dari jarak 50 kilometer.

Pelangi Bulan

Banyak keindahan alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Victoria. Di sekitaran air terjun, Anda bisa menikmati hamparan surga yang dibentangi oleh mahogani, fig, dan palem. Sedangkan pada tebing-tebingnya, Anda bisa menonton atraksi rajawali dan elang hitam. Tapi suguhan utama yang paling memanjakan mata di Air Terjun Victoria adalah pelangi.

Pelangi Bulan
Pelangi Bulan [Image Source]
Berbeda dengan pelangi pada umumnya, warna ‘mejikuhibiniu’ yang muncul di Air Terjun Victoria justru tercipta oleh cahaya yang terpantul dari permukaan bulan. Maka, alih-alih melihat pelangi di siang hari, Anda justru akan menemukannya pada malam hari. Sangat tepat bila Anda mengajak serta pasangan Anda.

 Kolam ‘Setan’

Meskipun tampak seperti arena perjudian dengan maut, Kolam Setan atau Devil’s Pool sebenarnya tidaklah semaut kelihatannya. Persis di ujung tebing ada dinding bawah air yang aman melindungi. Karena itulah, wisatawan bisa asyik berenang dan berfoto di kolam ini.

Kolam Setan
Kolam Setan [Image Source]
Hanya saja, perlu dicermati bahwa Kolam Setan berada di sisi air terjun yang masuk wilayah Zambia, bukannya Zimbabwe. Terlebih, atas alasan keamanan, Kolam Setan hanya boleh dimasuki pada bulan Agustus sampai September. Di bulan-bulan lainnya, bisa jadi kolam yang satu ini memang membawa maut.

Dengan keindahan dan keunikan yang telah tersingkap di atas, tidak ada salahnya jika Anda mencantumkan Air Terjun Victoria dalam daftar objek wisata tujuan.

Advertisement
Tags
air terjun terbesar Air Terjun Victoria wisata Afrika
Share