Air Terjun Tirto Galuh, Wisata Alam Blitar yang Menyejukan Mata

Jawa Timur bisa dibilang menjadi surganya air terjun. Disebut begitu karena banyaknya jumlah wisata alam tersebut di setiap kota atau kabupaten. Blitar juga punya wisata alam yang dijamin membuat para wisatawan terpesona akan keindahannya, yaitu Air Terjun Tirto Galuh. Yuk, simak ulasan di bawah ini.  

Kelebihan dari Air Terjun

air terjun tirto galuh
Ada kelebihan dari air terjun via Tikka Dessy Harsanti/Travelingyuk

Air Terjun Tirto Galuh yang berada di Jawa Timur ini mempunyai suatu kelebihan. Bentuknya yang lebih banyak terdiri dari bebatuan, membuat air terjun terlihat lebih indah. Bahkan, para pengunjung jadi bisa memandang dari jarak dekat atau duduk tepat di samping alirannya. Sungguh merupakan pemandangan yang menakjubkan dan jarang sekali ada air terjun dengan bentuk seperti ini. 

Selain itu, Air Terjun Tirto Galuh juga punya area yang cukup luas, sehingga banyak tempat untuk menyaksikan keindahan dari wisata alam satu ini. Biasanya, spot paling favorit adalah puncak dari air terjun karena dari sana terlihat semua pemandangannya. Tapi, dengan syarat, bagian atas air terjun hanya dapat dilalui ketika aliran tidak begitu deras. 

Ada Hal yang Harus Diperhatikan

air terjun tirto galuh
Ada hal yang harus diperhatikan via Tikka Dessy Harsanti/Travelingyuk

Meskipun aliran dari air terjun tidak begitu deras, para pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang di sungai berwarna cerah tersebut. Alasannya karena kedalaman sungai mencapai enam sampai tujuh meter. 

Kemudian, para wisatawan juga diharuskan untuk tetap waspada meskipun diperbolehkan untuk turun dan menyusuri sepanjang aliran sungai. Terkadang, tepian sungai licin yang biasanya disebabkan oleh cipratan air sungai atau setelah turun hujan. Tak lupa juga, untuk pengunjung yang membawa anak kecil, diharapkan untuk selalu mengawasi.

Fasilitas di Air Terjun Tirto Galuh 

Ada banyak fasilitas via Tikka Dessy Harsanti/Travelingyuk

Jangan khawatir apabila berkunjung ke wisata indah ini Teman Traveler. Air Terjun satu ini mempunyai fasilitas yang lumayan lengkap kok. Seperti warung, mushola, kamar mandi, area parkir, tempat bermain flying fox dan masih banyak lagi. 

Tips Saat Berlibur ke Air Terjun Tirto Galuh 

Ada tips untuk berkunjung ke air terjun via Tikka Dessy Harsanti/Travelingyuk

Sebelum ke  Wisata air terjun ini , ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Pertama adalah aksesori seperti kacamata hitam atau topi karena panas matahari sangat menyengat. Serta beberapa barang tambahan seperti  kamera dan alat pelengkap lainnya. 

Jangan lupa juga untuk membawa peralatan mandi karena pastinya akan membersihkan diri setelah bermain di air terjun. Lalu perlengkapan kesehatan untuk jaga-jaga apabila ada yang terluka ketika bermain di tempat wisata ini. 

Itulah sekilas info tentang Air Terjun Tirto Galuh. Nah, bagi Teman Traveler yang tertarik untuk datang ke sini, bisa langsung meluncur ke Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Apabila kesusahan, bisa langsung mencari di google maps karena wisata Blitar ini sudah tercatat. Jadi kapan nih akan berkunjung?

Tags
Air Terjun Tirto Galuh Blitar Indonesia Jawa Timur Wisata
Share