Air Terjun Tama’lulua, Pesona Alam Tersembunyi Jeneponto

Bagi sobat traveler yang kebetulan berada di Sulawesi Selatan, tak ada salahnya berkunjung ke Air Terjun Tama’lulua. Letaknya ada di Kabupaten Jeneponto. Pesona kecantikannya masih belum diketahui banyak orang dan bisa dibilang cukup tersembunyi.

Air Terjun Tama’lulua juga dikenal dengan sebutan Air terjun Bossolo. Obyek wisata bisa dikatakan belum terlalu terkenal dibanding destinasi lain dan pengelolanya masih berasal dari masyarakat sekitar saja. Berikut adalah sedikit fakta dan kisah menarik seputar air terjun cantik tersebut oleh kontributor Travelingyuk, Frenky Hizkia.

Perjuangan Berbuah Keindahan

Air terjun Tama'lulua dari atas bukit via Instagram anuakbar_
Air terjun Tama’lulua dari atas bukit via Instagram anuakbar_

Perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk bisa sampai di Tama’lulua karena harus mendaki jalan bebatuan. Tapi semua rasa lelah akan terbayar ketika melihat indahnya pemandangan air terjun ditemani hijaunya dedaunan pohon.

Selain melihat indahnya pemandangan sekitar, sobat traveler juga bisa menikmati sunset dari atas bukit Bossolo. Setelah itu perjalanan bisa dilanjutkan dengan menuruni bukit untuk berbasah-basah ria di pinggir kolam air terjun.

Trekking Menantang

Pemandangan alam indah di air terjun via Instagram sasharihta
Pemandangan alam indah di air terjun via Instagram sasharihta

Air terjun Tama’lulua ini berada di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia, Jeneponto, Sulawesi Selatan. Bagi yang berangkat dari arah Makassar, langsung saja bergerak ke arah kota Jeneponto. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih sekitar tiga jam.

Sesampainya di kota Jeneponto, perjalanan masih harus dilanjutkan ke Desa Rumbia hingga akhirnya sampai ke area parkir. Dari sini, sobat traveler harus mulai menyiapkan fisik dan tenaga. Butuh jalan kaki sekitar satu jam sebelum bisa benar-benar sampai di lokasi air terjun.

Sedikit tips dari Frenky, agar perjalanan lebih aman dan nyaman sebaiknya berjalan kaki sembari menggunakan sepatu atau sandal gunung.

Tidak Menguras Kantong

Air terjun tersembunyi di Sulawesi Selatan via Instagram almakmur_
Air terjun tersembunyi di Sulawesi Selatan via Instagram almakmur_

Wisata di Air Terjun Tama’lulua sama sekali tak menguras kantong. Tidak ada karcis atau biaya masuk, namun sobat traveler tetap harus membayar parkir. Dua ribu rupiah untuk sepeda motor dan 5 ribu untuk mobil. Sayangnya, fasilitas yang tersedia di sekitar lokasi wisata masih terbilang minim.

Merasa tertantang mengunjungi Air Terjun Tama’lulua? Langsung ajak teman maupun orang-orang terdekat untuk merencakan liburan ke surga tersembunyi di Jeneponto ini. Namun jangan lupa, selalu jaga kebersihan tempat wisata yang kalian kunjungi.

Tags
Sulawesi Selatan Wisata
Share