Air Terjun di Sumbawa, Serpihan Nirwana yang Memikat Tokoh Dunia

Keindahan alam Sumbawa memang memiliki daya tarik yang kuat untuk menarik wisatawan. Nama-nama seperti Pulau Kenawa dan Pantai Lakey adalah tempat yang tak asing lagi di telinga wisatawan. Namun tak hanya wisata pantai yang menjadi magnet untuk menarik wisatawan. Air terjun yang ada di Sumbawa juga mampu memikat minat para tokoh dunia seperti mendiang Lady Diana untuk datang.

1. Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Biru [image source]
Air Terjun Mata Jitu adalah salah satu daya tarik di Pulau Moyo. Banyak tokoh dunia yang pernah mengunjungi tempat ini, salah satunya mendiang Putri Diana yang datang pada tahun 1993. Bentuk air yang bertingkat-tingkat dengan dikelilingi tebing batu kapur adalah daya tarik utama bagi para wisatawan.

Keindahan yang mampu memikat tokoh dunia [image source]

2. Air Terjun Oi Marai

Ketinggian Air Terjun Oi Marai [image source]
Oi Marai berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Tambora yang masih rimbun dengan pepohonan. Letaknya berada di Desa Kawinda To’i, Kecamatan Tambora, Kab. Bima. Tempatnya yang ada tepat di kaki Utara Gunung Tambora membuat air terjun dengan ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut ini memiliki udara yang sejuk.

Debit air yang deras [image source]

3. Air Terjun Ai Mual

Air terjun Ai Mual [image source]
Banyak yang mengatakan Ai Mual adalah replika Air Terjun Mata Jitu yang ada di Sumbawa Barat. Memang bentuknya berundak-undak dan memiliki kurang lebih tingkatan dengan posisi yang tidak terlalu tinggi. Jaraknya hanya sekitar 45 menit dari Kota Taliwang jika menggunakan kendaraan bermotor. Alam yang masih asri dan air kebiru-biruan adalah salah satu daya tarik bagi para pelancong.

Air terjun yang tak terlalu tinggi [image source]

4. Air Terjun Ai Beling

Lansekap Air Terjun Ai Beling [image source]
Air Terjun Ai Beling memiliki beberapa tingkatan, pada tingkat yang paling bawah kamu dapat merasakan kesejukan airnya. Hamparan bebatuan yang ada di tempat ini memiliki struktur permukaan yang unik ditambah dengan warna batu kecoklatan juga hijau warna lumut. Karena keunikan ini, banyak sekali traveler yang datang kemari dan menghabiskan waktu untuk berfoto di tengah kegiatan bermain air.

Kontur yang berundak-undak [image source]
Air terjun memang dapat ditemukan pada kebanyakan daerah di Indonesia. Namun masing-masing daerah memiliki karakternya tersendiri. Air terjun mana yang pernah kamu kunjungi dan paling berkesan?

Tags
Indonesia Nusa Tenggara Barat Sumbawa Wisata
Share