5 Air Terjun Sumba dengan Keindahan Menakjubkan

Sebagai salah satu pulau terbesar di Nusa Tenggara Timur, Sumba menyimpan berbagai sudut alam mempesona. Ada banyak air terjun Sumba yang menarik untuk disambangi. Semuanya tawarkan pemandangan apik dengan atmosfer alami.

Lantas mana saja air terjun Sumba yang wajib dikunjungi? Teman Traveler tak perlu bingung, berikut ini Travelingyuk sudah pilihkan lima rekomendasinya khusus untuk kalian. Yuk, kita simak bersama satu-persatu.

Air Terjun Tanggedu

57170774_2090532314578067_6417460662765838326_n.jpg?_nc_ht=instagram.fmlg1-1.fna.fbcdn.net&_nc_cat=111
Air Terjun Tanggedu via Instagram.com/sumbapedia

Destinasi ini berada di Desa Tanggedu, Kecamatan Kapangan, Kabupaten Sumba Timur. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Waingapu, hanya berjarak sekitar 46 km ke arah utara. Kawasan ini sudah cukup terkenal di seantero Sumba atau bahkan NTT. Panorama yang ditawarkan di sini memang sangat menakjubkan dan luar biasa indah.

Saking cantiknya, tak jarang pelancong menjuluki Air Terjun Tanggedu sebagai Grand Canyon-nya Sumba. Di sini Teman Traveler bisda melihat formasi bebatuan putih besar nan indah, dengan aliran air jernih di sekitarnya. Tak heran jika destinasi ini lantas sanggup menarik minat wisatawan dalam negeri serta mancanegara untuk singgah. 

Air Terjun Wai Marang

68877586_231863047781083_1417452752259112435_n.jpg?_nc_ht=instagram.fmlg1-1.fna.fbcdn.net&_nc_cat=107
Air Terjun Wai Marang via Instagram.com/sumbapedia

Destinasi satu ini juga suguhkan pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Lokasinya ada di Desa Wai Marang, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur atau di sisi selatan Waingapu.

Sama seperti Air Terjun Tanggedu, di sini Teman Traveler juga bisa melihat formasi bebatuan indah. Bedanya, aliran air di sini justru membentuk lingkaran, mirip danau kecil. 

Teman Traveler yang menyukai wisata alam, apalagi yang bernuansa air, wajib datang ke sini. Dijamin kalian tak bakal menyesal deh mampir. Pemandangan yang disuguhkan benar-benar memukau! 

Air Terjun Matayangu

47691435_364789394333344_5074728693264627792_n.jpg?_nc_ht=instagram.fmlg1-1.fna.fbcdn.net&_nc_cat=104
Air Terjun Matayangu via Instagram.com/santaisejenakk

Berikutnya ada Air Terjun Matayangu yang berada di Kabupaten Sumba Tengah. Secara administratif wilayahnya masuk Desa Manurara, Kecamatan Katikutana.

Beda dari dua air terjun sebelumnya, Air Terjun Matayangu menjulang cukup tinggi, mencapai 100 meter. Tak hanya itu, pemandangan yang disuguhkan juga sangat menarik. Pastinya wajib dikunjungi, terutama bagi Teman Traveler yang ingin mengagumi pemandangan alam sembari berenang di kolam alami. 

Air Terjun Kolam Jodoh Lewa Tidahu

air terjun sumba
Air Terjun Lapopu via Instagram.com/sumbapedia

Masih di Sumba Tengah, ada Air Terjun Lapopu yang tak kalah cantiknya. Lokasinya berada di sisi barat Sumba, masuk wilayah Kecamatan Katikuna Selatan.

Meskipun air terjun satu ini menjulang cukup tinggi, pemandangan yang disuguhkan benar-benar cantik. Di sekitarnya terdapat formasi batuan indah yang sungguh memanjakan mata. Belum lagi aliran air jernihnya yang sungguh bikin siapapun betah berlama-lama di sini.

Air Terjun Lakolat

air terjun sumba
Air Terjun Lakolat via Instagram.com/exploredolan.id

Terakhir ada Air Terjun Lakolat yang berada di wilayah Kabupaten Sumba Timur, dengan jarak sekitar 40 km dari sisi barat daya Waingapu. Destinasi ini tak kalah menarik lantaran aliran airnya tampak cantik kala melewati permukaan formasi bebatuan putih nan eksotis. Panoramanya seolah mengingatkan kita pada pemandangan alami Grand Canyon di Amerika Serikat.

Itulah sedikit ulasan mengenai air terjun Sumba dengan panorama cantik nan memikat. Bagi Teman Travelers yang sedang menjelajah wisata Nusa Tenggara Timur, tak ada salahnya menyempatkan waktu untuk mampir ke sini. Pemandangannya sungguh mempesona dan dijamin takkan bikin menyesal deh.

Tags
Air Terjun Sumba kontributor Nusa Tenggara Timur Travelingyuk Wisata wisata nusa tenggara timur
Share