Air Terjun Sedinding, Pesona Karanganyar di Kawasan Lereng Gunung Lawu

Karanganyar memiliki pesona yang tak pernah gagal memanjakan mata. Selain kegagahan Gunung Lawu, air terjun yang mengalir di lerengnya juga menjadi daya tarik sendiri. Termasuk Air Terjun Sedinding yang tidak jauh dari lokasi Candi Cetho. Penasaran apa keunikan dari tempat wisata di Karanganyar ini? Berikut ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara.

Lokasi yang tak Jauh dari Candi Cetho

Air kapur yang cukup jernih
Air kapur yang cukup jernih (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Lokasi Air Terjun Sedinding ini berada di Dusun Sekarang, Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Jarak yang harus ditempuh dari kota Karanganyar kurang lebih 25 km, setidaknya butuh waktu 30-45 menit untuk sampai di lokasi. Akses menuju wisata di Karanganyar ini cukup muda. Teman Traveler dapat memulai perjalanan menuju Candi Cetho. Namun, sebelum masuk ke tanjakan Cetho, bisa belok ke kanan, ke arah bawah. Ikuti jalan dan papan petunjuk yang sudah banyak tersedia.

Liburan Murah untuk Manjakan Mata

Bebatuan yang mengesankan
Bebatuan yang mengesankan (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Harga tiket masuk Air Terjun Sedinding cukup murah. Hanya Rp5.000 Teman Traveler bisa menikmati suasana pegunungan yang asri dan menenangkan. Sementara untuk biaya parkirnya sebesar Rp5.000/mobil dan Rp3.000/motor. Sekitar 100 meter dari pintu masuk, terdapat beberapa warung yang menawarkan aneka makanan. Nah, cocok banget untuk Teman Traveler yang belum sempat makan sebelum berangkat.

Menyusuri Perbukitan Kapur yang Menawan

Jalan setapak
Jalan setapak (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Setelah sampai di area parkir, Teman Traveler harus melanjutkan perjalanan yang cukup melelahkan. Bukan jalan turun, melainkan menaiki perbukitan kapur yang di sekitarnya ditumbuhi pepohonan rimbun. Saat musim kemarau datang, kondisi jalan dipenuhi debu. Sedangkan musim penghujan tiba, jalanan akan becek dan cukup licin. Pun melelahkan, pemandangan hutan yang hijau cukup menghibur. Belum lagi dengan keindahan air terjun jernih yang akan membayar lunas rasa lelah selama perjalanan.

Pesona Air Terjun Sedinding yang Menawan

 

Pemandangan yang menakjubkan
Pemandangan yang menakjubkan (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Air Terjun Sedinding memiliki keunikan tersendiri. Berbeda dari lainnya, aliran airnya mengalir di atas tebing batu. Debitnya juga kecil, kecuali ketika musim hujan datang. Sementara kolam di bawahnya cukup luas. Beberapa wisatawan biasa berendam dan menikmati kesegaran air. Teman Traveler yang ingin berlibur ke sini, bisa juga berenang asalkan tetap hati-hati.

Air Terjun Sedinding
Air Terjun Sedinding (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Makin penasaran dengan Air Terjun Sedinding? Ayo datang dan ajak keluarga, teman, dan sahabat untuk menikmati pesona alam di Karanganyar satu ini. Pastikan pula untuk membawa bekal agar liburan tetap hemat di kantong.

Tags
Indonesia Jawa Tengah Karanganyar Travelingyuk Wisata Karanganyar
Share