Pesona Air Terjun Sarasah Barasok di Kabupaten Lima Puluh Kota

Pesona Indonesia seakan tidak pernah ada habisnya. Keindahan alam dan panorama luar biasa dapat dinikmati secara cuma-cuma. Destinasi jenis apapun tersedia di seluruh pelosok Nusantara. Jika Teman Traveler sedang mencari tujuan liburan yang menawarkan tantangan dan nuansa petualangan, pergilah ke Air Terjun Sarasah Barasok di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat. Seindah apa, ya?

Air Terjun Indah dengan Pesona Unik

Bagian bawah air terjun terlihat seperti berasap (c) Khairatun Nisa Aulia/Travelingyuk

Sarasah dalam bahasa setempat memiliki arti air terjun, sementara barasok bermakna berasap. Sesuai namanya, Air Terjun Sarasah Barasok terlihat seperti asap mengepul dari kejauhan. Hal ini karena aliran airnya mengucur dari sumber setinggi kurang lebih 20 meter.

Medan dan Jalur Lumayan Sulit

Pemandangan di sekitar Air Terjun Sarasah Barasok (c) Khairatun Nisa Aulia/Travelingyuk

Air terjun ini berada di daerah Banja Loweh, Bukit Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota. Untuk bisa sampai sana, Teman Traveler disarankan berangkat dengan menggunakan sepeda motor, bisa menyewa atau menggunakan milik pribadi. Tidak ada kendaraan umum menuju Sarasah Barasok. Selain itu, jalur menuju titik awal tracking hanya bisa dilewati motor.

Dengan menggunakan sepeda motor, bakal butuh waktu kurang lebih 15 menit untuk sampai ke titik awal jalur tracking dari jalan raya utama. Berikutnya, Teman Traveler harus berjalan kaki dan melewati jalan menanjak di area hutan selama kurang lebih dua jam.

Jika khawatir tersesat, Teman Traveler bisa meminta bantuan warga lokal untuk menjadi penunjuk arah. Biaya untuk guide cukup seikhlasnya, tapi sewajarnya ya. Medan yang ditempuh lumayan sulit, sehingga tak ada salahnya kalian memberikan apresiasi lebih.

Pesona Medan Tracking

Jalur tracking menuju air terjun (c) Khairatun Nisa Aulia/Travelingyuk

Dalam perjalanan menuju air terjun, Teman Traveler bakal disuguhi pemandangan lembah dari ketinggian. Kalian juga bisa melihat indahnya padang rumput dan kawasan di sekitar lembah. Sangat memesona dan bakal jadi pengalaman tak terlupakan.

Bebatuan besar di jalan menuju air terjun (c) Khairatun Nisa Aulia/Travelingyuk

Teman Traveler akan menelusuri jalan setapak menuruni lembah, melewati deretan bebatuan besar, dan memanjat tebing. Setelah beberapa saat, kalian akan menemukan sebuah sungai. Cukup berjalan mengikuti aliran airnya. Begitu sampai di ujung, cukup memutar dan turun ke lembah lagi.

Perjalanan melewati area lembah (c) Khairatun Nisa Aulia/Travelingyuk

Semakin Seru Bareng Teman-teman

Petualangan seperti ini rasanya takkan seru jika dilakukan sendirian. Semakin ramai akan semakin seru Teman Traveler. Jangan lupa, persiapkan semuanya secara matang sebelum berangkat ke Air Terjun Sarasah Barasok. Pastikan tubuh dalam kondisi fit, bawa bekal makan dan minum secukupnya, cek daya kamera dan handphone untuk berfoto-foto begitu sampai di air terjun.

Berfoto di dekat lembah (c) Khairatun Nisa Aulia/Travelingyuk

Setelah berjalan menyusuri beragam medan selama kurang lebih dua jam, Teman Traveler akan sampai di kawasan Air Terjun Sarasah Barasok. Kalian bisa beristirahat sambil duduk atau tidur di bebatuan sekitar air terjun. Setelah tenaga terkumpul, waktunya menjelajah sekitar, berfoto-foto, dan bermain air. Tapi ingat, tetap jaga kewaspadaan ya.

Beristirahat di sekitar air terjun (c) Khairatun Nisa Aulia/Travelingyuk

Bagaimana Teman Traveler, tertarik bertualang ke Air Terjun Sarasah Barasok bareng sahabat? Kapan lagi bisa jalan-jalan ke air terjun masif dengan aliran air begitu deras, hingga menyerupai asap. Jika tertarik, kalian bisa langsung coba berangkat ke wisata Sumatra Barat ini pada akhir pekan. Berani coba?

Tags
air terjun sarasah Indonesia Lima Puluh Kota Wisata
Share