Air Terjun Nan Jaro, Keindahan Alam Kabupaten 50 Kota yang Tersembunyi

Advertisement
Advertisement

Keindahan alam Sumatera Barat tak pernah membosankan. Tidak hanya Bukittinggi dan Padang, Kabupaten 50 Kota juga tak kalah menawan dengan wisata tersembunyinya. Salah satunya Air Terjun Nan Jaro yang lebih tepatnya berada di Simpang Kapuak, Kecamatan Guguak. Seperti apa wisata tersembunyi di Sumatera Barat ini? Berikut ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Khairatun Nisa.

1. Air Jernih yang Menyegarkan Pikiran

Aliran air terjun
Aliran air terjun (c) Khairatun Nisa/Travelingyuk

Jelajah hutan dan mengenal alam lebih dalam menjadi aktivitas seru saat liburan. Air Terjun Nan Jaro bisa jadi tujuan jika Teman Traveler berencana ke Sumatera Barat atau tinggal di sekitar Kabupaten 50 Kota. Tempat wisata di Sumatera Barat ini bisa ditempuh selama 30 menit dari Payakumbuh. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, tapi airnya menyejukkan. Hal ini karena berada di tengah hutan. Menariknya, di sekelilingnya terdapat bebatuan yang tersebar di beberapa sudut. Bahkan ada yang tersangkut di bibir tebing.

2. Rute Menuju Air Terjun

Pemandangan Air Terjun
Pemandangan Air Terjun (c) Khairatun Nisa/Travelingyuk

Medan tracking yang ditempuh menuju air terjun tidak cukup sulit, namun tetap harus berhati-hati. Terlebih lagi jika berkunjung di saat musim penghujan datang. Hampir sepanjang jalur yang ditempuh licin. Teman traveler tidak perlu khawatir tersesat, ada warga lokal bahkan anak-anak yang menawarkan diri menjadi guide dan bayarnya cukup semampu kita.

Untuk sampai ke lokasi ini tidak ada transportasi umum, jadi disarankan dengan kendaraan pribadi atau sewa. Teman traveler tidak perlu khawatir meninggalkan kendaraan. Warga lokal di sini menyediakan halaman mereka untuk parkir, dengan bayar seikhlasnya.

3. Nikmati Momen Bersama Sahabat

Momen seru dengan sahabat
Momen seru dengan sahabat (c) Khairatun Nisa/Travelingyuk

Perjalanan dan momen seru juga bisa dinikmati bersama sahabat biar mengenal pribadi satu sama lain dan bisa jadi lebih dekat. Sepertinya kalau berkunjung sendirian rasanya kurang seru, Teman Traveler. Pastikan pula untuk membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen. Jangan lupa untuk cek ketersediaan baterai sudah penuh atau belum.

4. Berenang di Air Terjun

Kolam di air terjun
Kolam di air terjun (c) Khairatun Nisa/Travelingyuk

Dengan perjalanan sekitar 15 menit masuk ke dalam hutan, Teman Traveler juga bisa berenang seru untuk melepas penat. Bisa juga melompat ke kolam dari batu sekitar air terjun. Teman Traveler yang tidak berniat untuk berenang, cukup menikmati pemandangan dan ketenangan air terjun ini sambil foto-foto. Bisa juga bersantai, sekedar menikmati ketenangan air terjun yang bisa merelaksasi pikiran.

Nah, itulah ulasan tentang Air Terjun Nan Jaro. Meski aksesnya belum maksimal, tapi tempat wisata ini bisa jadi rekomendasi untuk Teman Traveler yang ingin menyatu dengan alam. Bagaimana, berminat untuk liburan ke sini kan?

Advertisement
Tags
50 Kota Indonesia Sumatera Sumatera Barat Travelingyuk Wisata di Sumbar
Share