4 Fakta Air Terjun Lapopu, Setinggi 90 Meter Berbentuk Gundukan Tangga!

Pulau Sumba memang memiliki keindahan alam yang tak akan pernah habis untuk dibahas. Destinasi alam yang sangat direkomendasikan jika kamu berwisata di Sumba adalah Air Terjun Lapopu.

Air Terjun Lapopu terletak di Desa Hatikuloku, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat. Tempat ini memiliki berbagai keunikan yang membuatnya selalu ramai dikunjungi. Nah, berikut 4 potret menarik Air Terjun di Sumba ini.

1. Air Terjun Lapopu memiliki jarak tempuh yang lumayan menguras tenaga

18444907_117555868817010_7378728624544808960_n_kLn.jpg
Keindahan Guyuran Air via instagram.com/zindan_habsyi

Akses jalan menuju Lapopu dapat dimulai dari dari pusat kota Waikabubak, Sumba Barat. Dari kota ini kamu dapat menempuh jarak kurang lebih 30 km yang dapat ditempuh sekitar 30 menit.

Lokasi air terjun ini memiliki akses jalan yang sebagianya belum diaspal. Tak hanya itu, rambu-rambu atau petunjuk jalan menuju kawasan ini pun nyaris tidak ada sama sekali. Hal ini membuat kamu wajib bertanya ke warga sekitar atau berkunjung bersama orang lokal yang mengerti jalan menuju lokasi ini.

Setelah melakukan perjalanan menggunakan kendaraan, kami masih harus berjalan kaki sekitar 500 meter dikarenakan jalannya yang bebatuan sebelum sampai ke lokasi utama air terjun ini.

 2. Kamu hanya perlu merogok kecok Rp 5.000 untuk meenikmati keindahannya

42603479_243070253219792_355594976407283722_n__1__xgT.jpg
Wisata dengan Tiket Murah via instagram.com/zindan_habsyi

Meskipun tempat ini menyediakan akses jalan yang belum layak untuk dijangkau, namun tempat ini menyediakan keindahan yang bisa kamu nikmati dengan low budget. Untuk menikmati keeksotisan Pantai Lapopu, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak lima ribu rupiah. Bayaran yang cukup murah dan tak dapat tersanding dengan segala keindahan yang disajikannya. 

3. Air Terjun Lapopu berada pada letak strategis yang membuat air semakin jernih dan suasana adem

Air Terjun Lapopu
Kecantikan Alam Tiada Tara via instagram.com/zindan_habsyi

Air terjun ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Menupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (ManaLawa) di Pulau Sumba. Hal ini tentu saja membuat kejernihan air dan udaranya tak perlu untuk diragukan lagi.

Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan rimbun yang selalu terjaga keasriannya. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung. Airnya yang jernih serta bersih mampu membuat kamu betah untuk berlama-lama berendam ataupun berenang.

4. Air terjun Lapupu memiliki ketinggian 90 meter dengan berbentuk gundukan tangga

Air Terjun Lapopu
Air Terjun Setinggi 90 Meter via instagram.com/zindan_habsyi

Tak hanya soal kejernihan dan suasana yang asri, tempat ini juga terkenal dengan ketinggiannya. Lapopu memiliki ketinggian sekitar 90 meter dengan air yang berbentuk gundukan tangga.

Air yang deras tersebut kemudian jatuh ke dasar dan membentuk kolam pemandian yang indah dengan air yang berwarna hijau tosca. Tak hanya soal warna airnya, di sekitar kolam Lapopu juga terdapat beberapa bebatuan karang yang semakin menambah keunikannya.

Itulah 4 potret menarik Air Terjun Lapopu di Pulau Sumba. Buat kamu yang tertarik, jangan lupa untuk tatap menjaga kebersihan dari tempat ini ya!

Tags
air terjun lapopu Indonesia kontributor Nusa Tenggara Timur Sumba Travelingyuk Wisata wisata sumba
Share