5 Air Terjun Paling Indah di Langkat, Pesona yang Pasti Memikat

Karena bertetangga dengan Medan, tentu akses ke Kabupaten Langkat sangat mudah dan tak butuh waktu lama. Jika kamu berangkat dari Bandara Internasional Kualanamu, bisa menempuh perjalanan selama sekitar 2 jam. Setelah itu kamu bisa bebas liburan di air terjun hingga kulineran. Nah Langkat punya apa saja ya? Simak ulasan di bawah ini.

1. Air Terjun Pantai Salak

Air terjun Pantai Salak Langkat [image source]
Langkat punya alam yang indah dengan spot-spot keren seperti Air Terjun Pantai Salak. Dari namanya sih membingungkan antara air terjun atau pantai. Tapi jika melihat dari foto kamu pasti tahu jawabannya. Yang unik dari tempat ini  bukan hanya bentuk atau aliran air, tapi juga kolam yang warnanya kehijauan. Jika terlalu lelah untuk kembali ke Medan, langsung saja menginap di Mega Inn, akomodasi dengan nuansa tradisional yang menenagkan. Dari Air Terjun Pantai Salak, jaraknya hanya sekitar 1 km.

Air terjun Pantai Salak Langkat [image source]
Lokasi : Namu Sialang, Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara

2. Air Terjun Tongkat

Air Terjun Tongkat [image source]
Punya nama demikian karena ada kayu yang menyerupai tongkat di tengah air terjun. Tentu hal ini menjadi  keunikan tersendiri. Sebelum menikmati keindahannya secara langsung, kamu harus membelah hutan terlebih dahulu karena letaknya yang terpencil. Lebih amannya silakan menyewa pemandu dengan harga sekitar Rp30.000,-. Sebelum bertualang, isi perut dulu di Rumah Makan Langkat Berseri, menu udang di sini enak sekali. Jarak dari lokasi wisata ini sekitar dua jam perjalanan.

Menu RM Langkat Berseri [image source]
Lokasi : Belinteng, Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara

3. Air Terjun Teroh Teroh

Air Terjun Teroh Teroh [image source]
Air Terjun Teroh-teroh menjadi satu kawasan dengan Kolam Abadi. Di sini, kamu bisa mencoba serunya body rafting mengikuti aliran sungai yang segar mengitari rimbunnya pepohonan  dan menerpa udara segar. Banyak pemandu yang akan menawarkan jasa, lebih baik kamu mengandalkannya agar tidak tersesat karena dari pos Pelaruga, jaraknya masih jauh.

Air Terjun Teroh Teroh [image source]
Lokasi : Pelaruga wisata alam, Rumah Galuh, Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara

4. Air Terjun Siluman

Air terjun Siluman [image source]
Terdengar seram, tapi disebut juga sebagai Air Terjun Dewi Sinta. Selain keindahan, kabarnya tempat ini juga memiliki aura misterius yang kental. Di waktu tertentu debit air bisa sangat deras, namun pernah juga mengering. Tidak heran jika punya julukan sebagai Air Terjun Siluman. Meski begitu, kolam di bawahnya nampak jernih sebening kaca dengan warna kehijauan.

Air terjun Siluman [image source]
LOkasi : Desa Garunggang, Langkat.

5. Air Terjun Saringgana

Air Terjun Saringgana [image source]
Jalan memang belum mulus, kamu masih harus berjalan lama agar bisa sampai di Air Terjun Saringgana. Namun itu bukanlah masalah jika dibandingkan dengan keindahan yang akan kamu dapat. Derasnya air terjun dan hembusan angin alami yang akan menerpamu akan menghadirkan kenangan yang tak terlupakan. Dari sini, kamu bisa sekalian mampir ke objek wisata di sekitarnya seperti Air Terjun Pantai Salak yang tadi. Jika berangkat dari Medan, kamu harus menempuh perjalanan hingga 3 jam.

Air Terjun Saringgana [image source]
Lokasi : Desa Sulkam, Kecamatan Kutambaru Marike, Kabupaten Langkat, Propinsi Sumatera Utara

Pesona Langkat memang tidak kalah dari objek wisata Siantar atau Deli Serdang. Sekali lagi terbukti jika Sumatera Utara punya banyak tempat indah. Semoga bisa segara menyambagi beberapa air terjun di atas ya?

Tags
Air Terjun Alam explor langkat wisata langkat
Share