Nikmati Kesejukan Air Terjun Kliwun, Destinasi Tersembunyi di Kaki Rinjani

Lombok memiliki sederet wisata alam air terjun eksotis, menyuguhkan pemandangan alam luar biasa mempesona. Bahkan rasa-rasanya hampir tiap sudut Pulau Seribu Masjid memiliki spot menarik yang layak dikunjungi. Salah satu destinasi yang patut Teman Traveler kunjungi adalah Air Terjun Kliwun.

Lokasinya sedikit tersembunyi, namun berada tak jauh dari Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu, dua objek wisata Lombok yang sudah lebih dahulu terkenal.

Berada di Kaki Gunung Rinjani

Gerbang masuk Geopark Rinjani (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Air Terjun Kliwun, merupakan salah destinasi alam Lombok yang berada di kaki Gunung Rinjani. Secara administratif masuk dalam wilayah Dusun Paok Motoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah

Berada di Antara Benang Setokel dan Benang Kelambu

Menikmati aliran air terjun (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Destinasi yang lokasinya lumayan tersembunyi ini berada satu lokasi dengan Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu. Dua air terjun yang disebut terakhir sudah cukup terkenal dan sering dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Medan Cukup menantang

Perjalanan menuju air terjun (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Untuk menuju Air Terjun Kliwun, Teman Traveler harus berjalan melewati jalan setapak lumayan menantang. Kalian bakal bakal bergerak membelah kawasan hutan lebat. Begitu sampai di lokasi, hawa dingin dan hembusan air yang terbawa angin akan terasa begitu menyegarkan.

Air Terjun Tersembunyi

Derasnya aliran air terjun (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Air Terjun Kliwun bisa dibilang merupakan destinasi yang jarang dikunjungi wisatawan. Letaknya cukup tersembunyi di tengah hutan. Namun demikian, pesona keindahannya sama sekali tak kalah dengan Benang Setokel maupun Benang Kelambu.

Airnya Sangat Jernih

Air jernih mengalir di sekitar air terjun (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Air yang mengaliri Kliwun sangat jernih dan terasa sejuk. Tak mengherankan, mengingat sumbernya berasal langsung dari Danau Segara Anak. Teman Traveler bisa merasakan langsung kesegaran alaminya di sini.

Nah, bagi Teman Traveler yang kebetulan berkunjung ke Benang Setokel atau Benang Kelambu, tak ada salahnya mencoba sensasi kesejukan Air Terjun Kliwun. Dijamin takkan menyesal deh.

Tags
kontributor Lombok Travelingyuk wisata lombok
Share