Bali Gak Cuma Pantai, Lihat Cantiknya Air Terjun Kanto Lampo Ini

Pesona wisata Bali memang kerap jadi incaran turis, baik Nusantara maupun mancanegara. Namun tak melulu Pantai, banyak keindahan lain yang bisa disimak di Pulau Dewata. Jika sudah bosan dengan pemandangan laut dan pasir putih, mengunjungi air terjun di kawasan Gianyar bisa jadi opsi menarik. Salah satunya adalah Air Terjun Kanto Lampo.

Batuan berundak di Air Terjun (c) Rosita/Travelingyuk

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa Bali memiliki banyak air terjun cantik. Terutama di kawasan Gianyar. Salah satu yang cukup direkomendasikan adalah air terjun satu ini. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Destinasi Alam Andalan Gianyar

Gerbang masuk Kanto Lampo (c) Rosita/Travelingyuk

Jika kebanyakan air terjun berada di kawasan perbukitan atau pegunungan, berbeda halnya dengan Kanto Lampo. Destinasi ini justru terletak di wilayah dataran rendah. Lokasinya masuk wilayah Desa Beng, Kabupaten Gianyar. Dari Denpasar, air terjun cantik ini terpisah jarak sekitar 30 kilometer.

Air Terjun dengan ketinggian 15 meter ini dijamin bakal membuat Teman Traveler takjub dan betah berlama-lama. Apalagi perjalanan menuju tempat ini relatif mudah, dengan akses yang cukup baik. Begitu masuk kawasan Desa Beng, kalian akan menemukan banyak papan petunjuk yang mengarahkan ke lokasi Air Terjun.

Arungi Sungai demi Foto Terbaik

Mengarungi sungai demi foto terbaik (c) Rosita/Travelingyuk

Untuk menikmati panorama Kanto Lampo secara utuh, wisatawan harus menuruni anak tangga dan bebatuan, sembari sesekali terkena guyuran air terjun. Perjalanan ini juga akan membawa Teman Traveler mengarungi sungai sekitar.

Oleh karena itu, disarankan membawa baju ganti. Jangan lupa menyiapkan alas kaki memadai. Setelah melewati medan berbatu yang licin, barulah Teman Traveler bisa menikmati pesona Kanto Lampo secara utuh. Jangan lupa untuk berhati-hati karena permukaan batu di sekitar sini cukup licin.

Batuan Cadas Berundak-undak

Anak tangga menuju Kanto Lampo (c) Rosita/Travelingyuk

Air Terjun di Bali ini memiliki karakteristik unik, wajib masuk dalam list perjalanan Teman Traveler selama di Bali. Tak seperti air terjun pada umumnya, Kanto Lampo memiliki dinding bebatuan cadas berwarna gelap. Bebatuan tersebut juga membentuk formasi berundak-undak, menjadi daya tarik tersendiri bagi destinasi ini.

Fasilitas Cukup memadai

Aliran sungai di sekitar air terjun (c) Rosita/Travelingyuk

Untuk memasuki kawasan Kanto Lampo, Teman Traveler cukup membayar Rp15.000. Fasilitas yang tersedia juga sudah cukup memadai. Mulai dari
ruang ganti pakaian, hingga warung-warung makan milik warga sekitar. Area parkir pun sudah bisa dikatakan sangat layak.

Itulah sekilas ulasan mengenai Kanto Lampo, air terjun menakjubkan di kawasan Gianyar. Yuk, segera realisasikan liburan ke Bali dan jangan lupa sertakan destinasi ini dalam list perjalanan kalian. Selamat berlibur, Teman
Traveler. 

Tags
air terjun kanto lampo Bali kontributor Travelingyuk wisata bali
Share