Barisan Air Terjun Kabupaten Merangin, Destinasi Asyik untuk Relaksasi

Bicara soal destinasi alam di Jambi seolah tak ada habisnya. Jika Teman Traveler tidak terlalu antusias tracking ke puncak gunung, bosan dengan suasana perkotaan, takut kegelapan untuk sekedar berkunjung ke gua, atau belum punya dana berwisata ke luar negeri, air terjun Kabupaten Merangin adalah pilihan tepat.

Merangin adalah salah satu kabupaten di Jambi yang terkenal akan potensi wisata alamnya. Salah satu buktinya adalah deretan air terjun indah di wilayah ini. Destinasi air terjun sendiri memang memiliki daya tarik tersendiri. Suasana sejuk plus suara gemercik air bisa membuat pikiran tenang seketika.

Nah, jika Teman Traveler termasuk pecinta wisata seperti itu, berikut adalah deretan wisata air terjun Kabupaten Merangin yang wajib kalian kunjungi.

Air Terjun Perentak

Air Terjun Perentak (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Air terjun satu ini berada di Desa Bukit Perentak, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin, Jambi. Lokasinya cukup dekat dari Bangko, ibu kota Merangin. Hanya dipisahkan jarak sekitar 56 km dan dapat dijangkau menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Air Terjun Perentak memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan pemandangan asri dan vegetasi tertutup. Bagi Teman Traveler yang hendak mencari ketenangan dan menyegarkan pikiran, wisata Jambi ini adalah pilihan tepat.

Air Terjun Sigerincing

Air Terjun Sigerincing (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Destinasi satu ini berada di Dusun Tuo, Kecamatan Lembah Masurai. Teman Traveler akan menempuh perjalanan dua jam mengendarai mobil atau motor dari Bangko sebelum bisa sampai sini. Jangan lupa persiapkan mental dan tenaga, karena beberapa meter sebelum lokasi jalan yang dilalui bakal lumayan curam.

Panorama di sekitar sini sangatlah indah. Air terjun berketinggian sekitar 40 meter ini dikelilingi lingkungan hijau nan asri. Teman Traveler juga bisa bermain air sepuasnya, mengingat di dasar air terjun terdapat tempat pemandian. Pas dijadikan lokasi rekreasi bersama sahabat maupun keluarga.

Air Terjun Dukun Betuah

Air Terjun Dukun Betuah (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Air Terjun Dukun Betuah merupakan objek wisata yang menawarkan keindahan alam manjakan mata. Destinasi ini bisa Teman Traveler kunjungi di Desa Rantau Suli, Kecamatan Sungai Tenang. Wilayah yang disebut terakhir merupakan pemekaran dari Desa Jangkat. Bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar enam jam dari Bangko.

Meski harus berjuang untuk sampai lokasi karena medannya cukup sulit dan tertutup vegetasi lebat, Teman Traveler takkan kecewa. Air Terjun Dukun Betuah diperkirakan memiliki ketinggian mencapai 100 meter. Berdiri kira-kira 30 meter dari lokasi jatuhnya air pun, kalian masih bisa merasakan percikannya.

Air Terjun Kolam Jodoh

Air Terjun Kolam Jodoh (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Air Terjun Kolam Jodoh berada tak jauh dari Bangko. Tepatnya di Dusun Teluk Wang, desa Biuku Tanjung. Destinasi ini bisa dicapai menggunakan sepeda motor, dengan perjalanan kurang lebih 30 menit dari Bangko.

Sebelum benar-benar sampai di air terjun, pengunjung masih harus berjalan kaki dari area parkir. Jalurnya akan melewati jembatan besi yang menghubungkan Sungai Batang Merangin.

Nama Air Terjun Kolam Jodoh diambil dari kepercayaan masyarakat sekitar. Diyakini bahwa jika seseorang berdoa di kolam di depan air terjun, ia akan mendapatkan jodoh yang diidamkan. Sementara soal pesona keindahannya, dijamin tidak akan mengecewakan para pecinta wisata air.

Air Terjun Lematang

Air Terjun Lematang (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Air Terjun Lematang secara adminstratif berada di Desa Tanjung Alam, Kecamatan Jangkat Timur. Posisinya cukup dari Kabupaten Merangin sehingga jarang dikunjungi masyarakat. Padahal jika melihat keindahan alamnya, destinasi ini dijamin bakal membuat siapapun jatuh cinta.

Terlepas dari suasana asri dan vegetasinya yang cukup lebat, Air Terjun Lematang juga memiliki keiistimewaan berupa aliran air dalam 15 tingkatan. Tingkat pertama tingginya mencapai 15 meter, sementara bagian tertinggi adalah tingkat ketujuh dengan tinggi kurang lebih 70 meter.

Itulah sederet Air Terjun Kabupaten Merangin yang bisa jadi pilihan Teman Traveler untuk berelaksasi di akhir pekan. Bagaimana, cukup menarik bukan? Jadi, kapan kalian berencana liburan di sini?

Tags
Jambi kontributor merangin Travelingyuk wisata jambi wisata merangin
Share