Berwisata ke Air Terjun Kabupaten Bone, Melipir Sejenak Dari Hiruk Pikuk Perkotaan

Selain Makassar yang terkenal dengan Losari dan Benteng Rotterdamnya, saat Teman Traveler berkunjung ke Sulawesi Selatan wajib mampir ke Kabupaten Bone. Kawasan ini ternyata memiliki wisata alam yang luar biasa indah. Di antaranya adalah air terjun yang nyatanya menawarkan keasrian alam dengan pepohonan menyejukkan mata. Teman Traveler perlu tahu nih 4 air terjun Kabupaten Bone yang menantang untuk dijelajahi. Catat daftarnya, ya.

Air Terjun Lamassua

Air Terjun Lamassua via Instagram @agusgammar
Air Terjun Lamassua via Instagram @agusgammar

Air terjun Lamassua terletak di Desa Bonto Masunggu, perbatasan Pangkep dengan Bone. Modelnya bertingkat, dengan tingkatan bagian atas bercabang-cabang. Dari Watampone bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor kurang lebih 2 hingga 3 jam. Lokasi ini cocok bagi Teman Traveler yang suka tantangan karena harus menempuh jalur pendakian setidaknya 30 menit, setelah meletakkan kendaraan di jalan masuk menuju wisata air ini.

Air Terjun Ladenring

Air Terjun Ladenring via Instagram @alamsyahrauf

Air Terjun Ladenring via Instagram @alamsyahrauf

Air terjun Kabupaten Bone lainnya yang juga menarik untuk dijelajahi adalah Ladenring. Terletak di Desa Varugae Kecamatan Lamuru, berbatasan dengan Kabupaten Soppeng. Ladenring sendiri berarti si dinding karena bentuknya yang lebar dan dialiri air sungai. Keunikan air terjun Kabupaten Bone ini adalah tidak mengering bahkan ketika musim kemarau.

Teman Traveler harus melewati bibir sungai dan trekking di perbukitan untuk sampai di air terjunnya. Perjalanan yang melelahkan dan cukup menantang ini akan terbayarkan dengan keindahan guyuran air setinggi setidaknya 7 meter dengan lebar 5 meter ini.

Air Terjun Pattukku

Air Terjun Pattuku via Instagram @puterasulunge
Air Terjun Pattuku via Instagram @puterasulunge

Air terjun Kabupaten Bone yang letaknya berbatasan dengan Gowa dan Maros ini bernama Pattuku dan berlokasi di Kecamatan Bontocani. Dikarenakan terletak di ujung paling selatan, untuk mencapai air terjun Pattuku dari pusat kota Bone harus ditempuh selama setidaknya 3 jam.

Teman Traveler harus menempuh perjalanan yang tidak singkat untuk mencapai guyuran airnya. Begitu sampai, langsung disambut oleh banyak bebatuan besar yang semakin menambah keindahan air terjun Pattuku.

Air Terjun Sailawowong

Air Terjun Sailawowong via Instagram @patara_larukka
Air Terjun Sailawowong via Instagram @patara_larukka

Air terjun Sailawowong terletak di Dusun Alekale Kecamatan Bengo. Berjarak paling tidak 1 jam dari pusat kota Bone. Teman Traveler bisa menikmati keindahan alam yang masih alami di kawasan ini. Begitu memasuki area air terjun, siapapun akan langsung terpukau pasalnya guyuran airnya tidak hanya satu dengan debit air cukup deras.

Deretan air terjun Kabupaten Bone yang diulas di atas memang memiliki jalur yang tidak mudah/ Dibutuhkan waktu lama dan melelahkan untuk sampai di lokasi. Namun keindahannya dijamin akan membayar semua lelahmu. Bagaimana, siap berpetualang?

Tags
Air Terjun Indonesia Kabupaten Bone Wisata Wisata Alam
Share