Segarnya Air Terjun Jeruk Manis dan Hutan Eksotis di Lombok Timur

Lombok Timur merupakan salah satu kabupaten dengan beragam destinasi wisata yang tidak kalah dengan kabupaten lainnya di Pulau Lombok. Selain Sembalun yang menjadi salah satu primadona wisatawan, di Lombok Timur terdapat wisata alam bernama Air Terjun Jeruk Manis. Seperti apa keindahan alam di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) ini? Berikut ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Sidik Al-Anshori

1. Akses Menggunakan Kendaraan Pribadi

Pintu masuk menuju air terjun (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk
Pintu masuk menuju air terjun (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Jarak dari Kota Mataram untuk mencapai Air Terjun Jeruk Manis cukup jauh, yaitu sekitar 50 km dengan jarak tempuh 2 jam. Teman Traveler dianjurkan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan karena lokasinya yang bukan untuk jalur kendaraan umum. Untuk mencapainya Teman Traveler bisa masuk melalui tiga kecamatan yaitu kecamatan masbagik, pringgasela dan sikur.

Jalan hutan cocok untuk berfoto/Foto milik sendiri
Jalan hutan cocok untuk berfoto (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Setelah sampai di pintu gerbang Air Terjun Jeruk Manis dan memarkir kendaraan, Teman Traveler masih perlu berjalan kaki menuju lokasi. Tak perlu khawatir, Teman Traveler hanya perlu berjalan sejauh 1,5 km dengan waktu tempuh 20 menit jalan kaki melewati 3 pos.

2. Melalui Hutan Lebat dan Eksotis

Jalan hutan menuju Air Terjun Jeruk Manis/Foto milik sendiri
Jalan hutan menuju Air Terjun Jeruk Manis (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Perjalanan jalan kaki dari gerbang masuk tak akan membosankan karena Teman Traveler akan melewati jalan setapak batu yang sudah tersusun rapi dengan variasi hutan hijau eksotis yang lebat dan alami, pemandangan yang sangat menyegarkan mata bukan? Di sepanjang perjalan menuju air terjun Teman Traveler akan menemui berbagai jenis tumbuhan hutan seperti bunga-bungaan, paku-pakuan dan berbagai macam jenis pohon yang lebat.

Sebuah pohon tinggi di dekat pos 1/Foto milik sendiri
Sebuah pohon tinggi di dekat pos 1(c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Jika sampai di pos 1, Teman Traveler akan menemukan sebuah pohon yang sangat tinggi, konon pohon tersebut merupakan pohon tertinggi di hutan sekitar. Aneka hewan seperti kupu-kupu, lebah, siput, bahkan monyet bisa menjadi pemandangan menarik untuk Teman Traveler selama di perjalanan.

3. Sampai di Air Terjun Jeruk Manis

Air Terjun Jeruk Manis mulai terlihat/Foto milik sendiri
Air Terjun Jeruk Manis mulai terlihat (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Setelah berjalan kaki sekitar 20 menit, Air Terjun Jeruk Manis pun mulai nampak dari kejauhan. Dengan ketinggian 644 mdpl air terjun ini sangat indah memanjakan mata dan menyegarkan badan setelah berkeringat di perjalanan. Ketinggian air terjun ini berkisar antara 15-20 melalui dinding gawir yang disusun oleh lava basal. Percikan air terjun dari ketinggian juga menambah kesegaran dan manisnya alam Air Terjun Jeruk Manis.

Kesegaran air terjun Jeruk Manis/Foto milik sendiri
Kesegaran air terjun Jeruk Manis (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

4. Kepercayaan dan Asal Usul Air Terjun Jeruk Manis

Kesegaran Air Terjun Jeruk Manis/Foto milik sendiri
Kesegaran Air Terjun Jeruk Manis (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Menurut cerita yang beredar, air terjun ini ditemukan pada tahun 1983 oleh penduduk setempat. Pasca ditemukan air terjun ini pun mulai dikelola dengan baik dengan memberi fasilitas pendukung seperti  akses menuju air terjun dll. Sejak saat itu air terjun ini mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara bahkan menjadi pioner wisata di masanya. Konon air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan dapat menyuburkan rambut. Teman Traveler bisa wisata sambil pengobatan, seru kan?

Seekor serangga di perjalanan/Foto milik sendiri
Seekor serangga di perjalanan (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

5. Datang Pada Musim Kemarau

Sensasi percikan air terjun Jeruk Manis/Foto milik sendiri
Sensasi percikan air terjun Jeruk Manis (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Kalau Teman Traveler berencana mengunjungi air terjun ini, disarankan untuk datang pada musim kemarau. Karena apabila datang pada musim hujan jalan yang dilewati akan menjadi licin dan rentan terpeleset. Selain itu air terjun akan lebih jernih pada musim kemarau dibandingkan pada musim hujan karena material tanah yang terbawa air hujan bisa menyebabkan air menjadi sedikit kecoklatan. Walaupun begitu kesegarannya masih sangat terasa lho!

Salah satu tanaman di sekitar air terjun (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk
Salah satu tanaman di sekitar air terjun (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Itu tadi ulasan tentang Air Terjun Jeruk Manis, karena masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) maka tak heran jalan yang dilalui cukup menantang dengan keindahan yang menawan, datang ke sini sekaligus bisa soft trekking juga lho! Jadi bagaimana, tertarik untuk berkunjung? Datang saja ke Air Terjun Jeruk Manis di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur.

Tags
Indonesia Lombok Timur Nusa Tenggara Barat Travelingyuk Wisata Lombok Timur
Share