Air Terjun Jaran Kurus Lombok, Destinasi Tepat Penghalau Lelah

Teman Traveler yang merasa penat dengan kesibukan dan hiruk pikuk Kota Mataram, bisa sejenak menikmati akhir pekan dengan mengunjungi wisata air terjun di Lombok. Salah satunya adalah Air Terjun Jaran Kurus, yang berada di Desa Pakuan, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Penasaran seperti apa serunya bertualang di sana? Yuk, disimak liputan berikut.

Cocok Buat Weekend Getaway

Foto : Lukmanul Hakim
Tanda Masuk Air Terjun Jaran Kurus (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Air Terjun Jaran Kurus merupakan salah satu destinasi yang cocok buat Teman Traveler yang pengin weekend getaway. Lokasinya tidak jauh dari Kota Mataram, dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 30 hingga 40 menitan. Tempat ini juga tidak jauh dari Sesaot, yang juga merupakan objek wisata populer di kalangan wisatawan.

Air Terjun Jaran Kurus Lombok
Air Terjun Jaran Kurus (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Berkaitan dengan nama Jaran Kurus yang terbilang unik ini, belum diketahui asal-usul dari pemberian nama Jaran Kurus ini. Wisata alam ini telah ada sejak zaman dulu.

Dekat dengan Masjid Bergaya Tiongkok

Masjid Ridwan (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Teman Traveler yang berencana untuk menjelajah Air Terjun Jaran Kurus tidak perlu khawatir nyasar. Setelah masuk ke area Desa Pakuan, langsung saja mengarah ke Masjid Ridwan. Bangunan tersebut sangat mudah dikenali sebab ia punya gaya khas Tiongkok. Sebelum melipir ke sumber airnya, boleh banget mampir ke Masjid Ridwan ini.

Perjalanan Mencapai Air Terjun Jaran Kurus

Jalan Setapak Menuju Air Terjun (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Kalau sudah menemukan Masjid Ridwan, Teman Traveler masih harus berjuang demi dapat menikmati keindahan air terjun. Teman Traveler juga harus menuruni anak tangga yang sudah dibuatkan oleh masyarakat setempat, demi memudahkan wisatawan. Siapkan tenaga untuk berjalan kaki selama kurang lebih 300 meteran, melewati pinggiran sungai berair jernih.

Menikmati Jernihnya Air (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Rasa lelah Teman Traveler akan terbayar lunas setelah sampai. Terdapat 2 guyuran air dengan tinggi kurang lebih 4 sampai 5 meteran. Sempatkan untuk merasakan betapa segarnya Air Terjun Jaran Kurus. Teman Traveler bisa sekedar berendam sembari menghayati keindahan pemandangan di sekitarnya.

Persiapan Sebelum ke Air Terjun Jaran Kurus

Air Terjun Jaran Kurus Lombok
Keindahan Air Terjun Jaran Kurus (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Sebelum bertandang ke Air Terjun Jaran Kurus di Lombok ini, Teman Traveler sebaiknya melakukan beberapa persiapan. Bawalah bekal makanan dan minuman karena di sana tidak ada warung maupun pedagang. Jangan sampai tiba di sana lalu kelaparan.

Air Terjun Jaran Kurus (c) Lukmanul Hakim/Travelingyuk

Kalau tidak ingin pulang ke rumah dalam keadaan basah kuyup setelah main air, boleh juga membawa pakaian ganti. Teman Traveler juga jangan lupa siapkan budget murah meriah sebesar Rp2 ribuan per orang. Cukup untuk biaya masuk ke area air terjun.

Siapa, nih, Teman Traveler yang mau mampir ke salah satu wisata Lombok ini? Jangan lupa lakukan persiapannya, ya.

Tags
Air Terjun Jaran Kurus Indonesia kontributor Lombok Mataram Narmada Wisata
Share