Wisata Air Terjun Irenggolo, Tempat Camping Seru di Lereng Gunung Wilis

Camping atau berkemah tak harus di gunung atau pantai. Kawasan wisata Air Terjun Irenggolo juga bisa jadi tempat yang cocok. Lokasinya berada di dataran tinggi Kabupaten Kediri dan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Penasaran seperti apa serunya camping di sini? Yuk, simak penuturan kontributor Travelingyuk, Fajar Wardana berikut.

Kesejukan Air Terjun Bersumber dari Pegunungan

Aliran air terjun
Aliran air terjun (c) Fajar Wardana/Travelingyuk

Air Terjun Irenggolo merupakan destinasi wisata yang terletak di Jalan Besuki, Dusun Sambiroto Lor, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri. Tempat wisata tersebut dapat ditempuh sekitar 30 menit dari pusat kota. Sesampainya di tempat parkir, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki untuk sampai lokasi dengan waktu 10-15 menit. Saat berkunjung ke sini, sebaiknya Teman Traveler berhati-hati karena jalan licin.

Pesona air terjunnya, tak perlu diragukan lagi. Teman Traveler bakalan dimanjakan dengan aliran air yang menyegarkan. Warnanya bening, ketika bukan musim hujan. Keindahan wisata ini makin eksotis dengan pepohonan di sekelilingnya. Tentu, Teman Traveler bakalan betah lama-lama di sini.

Area Camping yang Nyaman dan Aman

Camp di Bumi perkemahan Irenggolo
Camp di Bumi perkemahan Irenggolo (c) Fajar Wardana/Travelingyuk

Lalu di mana letak area campingnya? Tempat untuk bermalam di lereng Gunung Wilis ini bukan di sekitar jatuhan air. Lokasi tempat camping yang dikenal Bumi Perkemahan Irenggolo ini berada di sekitar pintu masuk. Areanya cukup luas yang bisa menampung puluhan tenda. Tidak hanya menyediakan lapangan luas untuk mendirikan tenda, bumi perkemahan juga difasilitasi toilet yang bersih. Pastinya, bakal nyaman dan aman ketika berlibur di sini.

Fasilitas Lengkap dengan Area Taman Bermain

Area bermain
Area bermain (c) Fajar Wardana/Travelingyuk

Fasilitas yang disediakan tempat wisata di Kediri ini tidak hanya toilet. Namun, ada juga mushola yang digunakan untuk beribadah bagi umat muslim. Saung untuk berteduh juga tersedia di sini. Selain itu, Air Terjun Irenggolo juga memiliki taman bermain yang berisi ayunan. Ada juga kolam renang, sayangnya tidak terawat dan akhirnya mangkrak. Di sudut lain, Teman Traveler juga bisa menjajal wahana flying fox. Lengkap kan?

Flying Fox di Irenggolo Camp
Flying Fox di Irenggolo Camp via instagram/@baguss_setiawann

Kegiatan Seru Lain di Lereng Gunung Wilis

Sudut lain dari Irenggolo
Sudut lain dari Irenggolo via instagram/@saudaradidin

Selain menjajal semua wahana, ada kegiatan lain yang dapat dilakukan ketika liburan di sini. Seperti melakukan reboisasi atau penanaman kembali. Biasanya, beberapa komunitas sering menggelar acara serupa. Jika bergabung dengan mereka, pastinya lebih seru karena jumlah teman liburan makin bertambah.

Itulah ulasan tentang Air Terjun Irenggolo dan bumi perkemahannya. Bagaimana, sudah siap untuk camping di tempat wisata ini? Tentunya, Teman Traveler bakal mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Tags
Indonesia Jawa Timur Kediri kontributor wisata kediri
Share