Jajaran Pesona Air Terjun di Trenggalek, Jawa Timur

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia

Trenggalek merupakan kabupaten yang letaknya berada di antara Ponorogo dan juga Pacitan. Tak kalah dengan kedua daerah tersebut, Trenggalek, Jawa Timur juga memiliki banyak wisata apik yang bisa untuk dijelajahi. Meski didominasi pantai, namun ada juga wisata air terjun di Trenggalek untuk jadi alternatif wisata kamu saat datang ke sini.

1. Air Terjun Pantai Pelang

Terjun Pantai Pelang, Trenggalek, Via Instagram fsadamAir

Di sini kamu akan mendapatkan dua wisata sekaligus dalam satu lokasi, pantai sekaligus air terjun yang cantik. Pantai Pelang berada di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Air Terjun Pantai Pelang atau yang disebut juga dengan Grobogan Sewu ini lokasinya hanya 300 meter saja dari pesisir pantai. Pemandangan yang ditawarkan sangat indah, ada akar-akar pohon yang muncul ke permukaan, air terjun yang cantik, serta suasana yang nyaman.

2. Jurug Gue

Jurug Gue, Via Instagram rizky_dwi_sandy

Air terjun lainnya di Trenggalek yang bisa untuk dikunjungi adalah Jurug Gue yang terletak di Desa Mlinjon, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek. Lokasinya yang masih cukup alami, disarankan untuk mengendarai kendaraan pribadi saja karena memang belum ada angkutan umum yang lewat di lokasi sekitar. Airnya jernih, bisa digunakan untuk mandi dan berenang. Tinggi air terjun ini sekitar 50 meter.

3. Air Terjun Songgolangit

Air Terjun Songgolangit, Via Instagram indraiswanto84

Berlokasi di Sukokidul, Pule, Trenggalek, air terjun satu ini memiliki penampakan berundak-undak. Undakan atau tingkatan di sini sangat cantik saat terkena cahaya matahari. Perpaduan antara pepohonan dan juga bebatuan membuat Air Terjun Songgolangit ini terlihat asri. Kamu bisa menjadikan lokasi wisata ini sebagai pilihan destinasi yang dijelajahi saat jalan-jalan ke Trenggalek.

4. Jurug Waru

Jurug Waru, Via Instagram udinhadi

Memiliki tebing-tebing yang seakan dipahat, panorama sekitar Jurug Waru ini begitu eksotis. Air mengalir melewati celah bebatuan yang membuatnya terlihat cantik. Warna airnya hijau jernih, kamu yang datang ke sini bisa mencoba untuk berenang. Perlu diingat, kedalaman sungai sekitar adalah 5 meter lebih, jadi jika tidak bisa berenang tidak disarankan untuk menceburkan diri. Lokasi Jurug Waru ini berada di Desa Pandean, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek.

5. Jurug Terbang

Jurug Terbang, Via instagram att.muftika

Selanjutnya ada Jurug Terbang yang berada di Desa Karang Rejo, Kecamatan Kampak, Trenggalek. Disebut juga dengan Jurug Tingkat karena memang bentuknya bertingkat. Tingkat pertama memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter, selanjutnya tingkat kedua mencapai 20 meter. Alamnya masih sangat asri dan suasananya nyaman.

Pantai memang sangat asyik untuk dikunjungi, ditambah lagi dengan air terjun, traveling jadi makin sempurna. Maka dari itulah, jika jelajah ke Trenggalek, pantai bisa dikunjungi, air terjun boleh dimasukkan ke dalam itinerary.