5 Destinasi Air Terjun di Pematang Siantar, Nomor 3 Letaknya di Bawah Jembatan Peninggalan Belanda

Air terjun di Pematang Siantar, menambah banyak destinasi wisata di kota kedua terbesar di Sumatera Utara ini. Setelah puas berkeliling Simalungun Museum, Taman Bunga, Patung Dewi Kwan Im dan Taman Hewan Pematang Siantar lalu ingin main air, Teman Traveler bisa datang ke lima destinasi berikut ini. Nggak percaya kalau airnya menyegarkan? Simak ulasan berikut ini kalau begitu.

1. Air Terjun Tonduhan

Air Terjun Tonduhan yang Nggak Bisa Bikin Bosan via Instagram/
Air Terjun Tonduhan yang Nggak Bisa Bikin Bosan via Instagram/ muhamadsitorus

Air terjun di Pematang Siantar ini berada di Kecamatan Tonduhan. Lokasinya ada di antara perkebunan sawit milik PTPN IV. Lingkungan di sekitar air terjun masih terhitung asri karena lokasinya ada di daerah pelosok. Di sini, Teman Traveler bisa bermain air sepuasnya; berenang atau sekadar membasahi kaki dan tangan.

2. Air Terjun Jambuara

Air Terjun Jambuara yang Juara via Instagram/
Air Terjun Jambuara yang Juara via Instagram/ andhikadeadyy

Terletak di Desa Aek Komangin, Hatonduan, Air Terjun Jambuara biasa juga dikenali dengan nama Air Terjun Mamabu. Ia merupakan air terjun yang masih ada dalam aliran Sungai Komangin. Obyek wisata ini banyak dikunjungi, bahkan oleh penduduk di luar wilayahnya. Semua tentu karena keindahan yang ia miliki.

3. Air Terjun Katasa

Ada Jembatan di Atas Air Terjun Katasa via Instagram/
Ada Jembatan di Atas Air Terjun Katasa via Instagram/ hana_than

Air Terjun Katasa punya bentuk yang unik. Merupakan air terjun kembar, jarak antara satu air terjun dengan yang lain tidak terlalu jauh. Keunikan tersebut ternyata bukan satu-satunya. Karena, di atas air terjun ini terdapat jembatan peninggalan zaman Belanda. Jembatan yang tidak terlalu lebar ini masih digunakan sebagai sarana penghubung antarwarga di desa-desa sekitar. Jika air terjun lumrahnya berada di tengah-tengah hutan, air terjun yang ini justru ada di bawah jembatan.

4. Air Terjun Widuri

Suasana yang Masih Asri di Sekitar Air Terjun Widuri via Instagram/
Suasana yang Masih Asri di Sekitar Air Terjun Widuri via Instagram/ frenyaldotambunan

Lokasi air terjun Widuri tidak terlalu jauh dari pemandian Alam Swiimbath. Air terjun ini berada di Dusun III Dolok Merawan. Hal pertama yang akan membuat Teman Traveler takjub sesampainya di sini adalah ketinggian air terjun yang mencapai 30 meter dengan debit air yang deras. Menuju Air Terjun Widuri, Teman Traveler harus menuruni beberapa anak tangga. Takusah khawatir kelelahan, begitu sampai di lokasi, capek semua hilang.

5. Air Terjun Bah Biak

Air Terjun Bah Biak di Tengah Kebun Teh via Instagram/
Air Terjun Bah Biak di Tengah Kebun Teh via Instagram/ dessy.iskandar

Destinasi air terjun di Pematang Siantar selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Air Terjun Bah Biak. Air terjun ini berada di tengah Kebun Teh Sidamanik. Bentuknya unik, seperti bertangga-tangga. Sehingga, objek wisata ini dijamin bisa langsung menyegarkan mata, Teman Traveler semua!

Jalan-jalan ke air terjun, segarnya bikin sulit sekali merasa bosan. Pun dengan air terjun di Pematang Siantar ini. Mereka punya kemampuan untuk membuat banyak mata tertarik. Bagaimana? Kapan jalan-jalan ke sini dan main air sepuasnya?!

Tags
air terjun di pematang siantar Alam Indonesia Sumatera Utara Wisata
Share