5 Air Terjun di Pangandaran Ini Suguhkan Panorama Alam yang Menawan

Pangandaran yang sudah terkenal dengan kecantikan pantainya, memiliki objek wisata lain yang takkalah menawan. Wisata Pangandaran yang dimaksud adalah curug-curug cantik dengan air yang segar dan pemandangan yang masih sangat asri. Deretan air terjun di Pangandaran, akan suguhkan keseruan yang lain saat Teman Traveler berlibur ke kabupaten yang berbatasan langsung dengan Ciamis ini. Apa sajakah itu? Simak uraian berikut ini yuk!

1. Curug Cioray

Curug Cioray dengan Lingkungannya yang Asri via Instagram/ chep_agan

Air terjun di Pangandaran yang satu ini berada di Dusun Sukasari, Desa Bangunjaya, Kecamatan Langkaplancar. Ia berada tepat di bawah Bukit Singkup. Ketinggiannya mencapai 30 meter dengan debit air yang besar dan cukup stabil. Pemandangan di sekitar air terjun masih sangat asri dan sejuk sekali. Selain itu, terdapat pula bebatuan di bagian bawah curug yang menambah keeksotisannya.

2. Curug Quali

Keseksian Milik Curug Quali via Instagram/ wisata_alam_desa_kedungwuluh

Curug Quali sudah dikelola oleh pemuda-pemuda setempat yang tergabung dalam Kompepar. Sehingga, akses menuju wisata air terjun ini sudah lebih mudah. Curug Quali termasuk cukup tinggi. Air yang mengalir di antara bebatuan tebingnya terhitung deras.

Mendengarkan suara aliran airnya, penat-penat di kepala terasa berkurang dengan sendirinya. Untuk sampai dan ikut menikmati suasana asri di sini, Teman Traveler harus menuju Dusun Cibuntu, Desa Kedungwuluh, Padaherang, Pangandaran.

3. Curug Jojogan

Harus Coba Menikmati Air Terjun Jojogan dari Atas Batuannya via Instagram/ absolutraia

Air terjun di Pangandaran yang berada di Dusun Gunung Tiga, Desa Cintaratu, Parigi ini biasa dipakai untuk rafting oleh para pengunjung. Kriteria yang dimiliki Air Terjun Jojogan cantik sekali. Ia mengalir dari atas bukit batu. Alirannya melebar sampai ke bagian bawah. Teman Traveler yang ingin basah-basahan bisa langsung nyebur ke kolam alami yang ada di bagian bawahnya atau naik ke bebatuannya. Namun, harus tetap perhatikan keselamatan ya.

4. Curug Taringgul

Curug Taringgul dengan Keunikannya yang Cantik via Instagram/ siswohadiprayogo

Disebut sebagai saingan baru Green Canyon, Curug Taringgul nyatanya memiliki pemandangan yang takkalah cantik. Air yang mengalir dengan pola menyebar di batuan besar, kemudian ‘terkumpul’ di kolam bagian bawah, benar-benar pemandangan yang unik. Teman Traveler bisa lupa waktu menikmati kesegaran airnya yang memang masih sangat alami. Curug Taringgul berada di Dusun Cibuluh, Desa Kertayasa Cijulang. Jaraknya sekitar 30 menit saja dari Green Canyon yang terkenal itu. Selain menyuguhkan cantiknya air terjun dan batuan besar, kawasan ini biasa juga dipakai untuk rafting.

5. Curug Citumang

Curug Citumang, Tersembunyi Namun Cantik Sekali via Instagram/ im.tha

Satu lagi air terjun di Pangandaran yang nggak boleh Teman Traveler lewatkan. Meski lokasinya terpencil dan belum banyak diketahui banyak orang, Curug Citumang miliki air yang segar. Berada di bagian barat Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Pangandaran, air di sini cukup deras. Selain itu, batuan di sekitarnya juga cukup tegas; menambah kesan eksotis yang takbanyak dimiliki oleh curug sejenis.

Selain pantai, air terjun di Pangandaran juga merupakan pilihan yang menyenangkan untuk basah-basahan. Butuh waktu tempuh sekitar 8 jam dari ibu kota Jakarta, kabupaten ini menunggu Teman Traveler dengan segala pesonanya. Selamat berlibur!

Tags
air terjun di pangandaran Indonesia Jawa Barat Wisata wisata air terjun jawa barat wisata pangandaran
Share