5 Pilihan Air Terjun di Nganjuk, Traveling yang Segar-segar Yuk

Liburan paling enak diisi dengan traveling ke berbagai tempat. Bisa lokasi wisata alam, budaya, ataupun yang lainnya. Berbicara masalah destinasi wisata, alam adalah salah satu pilihan yang asyik untuk kabur dari kepenatan beban kerja. Salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki lokasi alam yang masih sangat asri, belum terlalu terjamah dengan modernisasi adalah Nganjuk. Ada banyak wisata alam di Nganjuk yang bisa jadi jujukan, contohnya adalah air terjun. Yuk ulas beberapa air terjun di Nganjuk yang bisa kamu jelajahi.

1. Air Terjun Singokromo

Air Terjun Singokromo, Via Instagram hakimsunjoyo

Air Terjun Singokromo terletak di Desa Ngliman, Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Lokasinya sekitar 2,5 kilometer dari Nganjuk. Lokasinya masih sangat perawan dan belum terlalu banyak dijamah manusia. Jadi saat menuju ke Air Terjun Singokromo ini, kamu perlu untuk melewati jalan setapak. Pesona utama di sini adalah air terjunnya, tapi ada lainnya yang bisa dicoba keasyikannya yakni kolam Sendang Putri Wilis, Singokromo.

2. Air Terjun Sumbermanik

Air Terjun Sumbermanik, Via Instagram nganjukhitskekinian

Melipir basah-basahan ke lokasi selanjutnya yang berlokasi di Desa Blongko, Ngetos, Kabupaten Nganjuk. Ini merupakan lokasi wisata yang airnya seakan merambat di dinding tebing. Ketinggian air terjun di sini sekitar 35 meter dengan lebar 20 meter. Karena belum ada pengelolaan yang baik, jalan menuju ke destinasi wisata satu ini cukup sulit. Melewati jalanan terjal berbatuan. Namun, suasananya sangat nyaman karena berada di lereng Gunung Wilis.

3. Air Terjun Sri Gunting

Air Terjun Sri Gunting, Via Instagram chowmohammed

Berlokasi di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Ngajuk, Air Terjun Sri Gunting ini masih sangat alami. Air terjun ini lokasinya tersembunyi di balik rerimbunan hutan. Tinggi air terjunnya mencapai 20 meter. Uniknya di sini selain guyuran air terjun adalah struktur bebatuan yang artistik dan fotogenik. Bisa jadi lokasi selanjutnya untuk berburu foto alam cantik saat jelajah Nganjuk.

4. Air Terjun Pring Jowo

Air Terjun Pring Jowo, Via Instagram rizkiadi_19

Panorama elok air terjun lainnya bisa kamu dapatkan saat berada di lereng Gunung Wilis, Desa Dusun Salam Judeg, Desa Blongko, Kecamatan Ngetos. Lokasinya masih cukup sulit untuk dituju, cocok untuk kamu yang hobi dengan motor track atau trail. Karena masih sangat baru, bahkan warga setempat pun belum banyak yang tahu mengenai air terjun satu ini.

5. Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo, Via Instagram nadmaliaef_

Air Terjun Sedudo merupakan salah satu destinasi yang cukup populer. Ini merupakan salah satu air terjun di Nganjuk yang sudah mendapatkan perhatian yang baik dari pemerintah, sehingga aksesnya pun mudah. Air Terjun Sedudo ini memiliki ketinggian 105 meter dan terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan. Tepatnya pada ketinggian 1438 meter mdpl. Dari pusat kota Nganjuk, lokasinya memiliki jarak sekitar 30 kilometer.

Alam Nganjuk menyuguhkan banyak air terjun yang cantik ya. Bisa banget jadi tujuan selanjutnya jika ingin pergi jalan-jalan di daerah yang mendapat julukan sebagai Kota Angin ini.

Tags
air terjun di Nganjuk air terjun Nganjuk Indonesia Jawa Timur Nganjuk
Share