5 Air Terjun Eksotis di Blitar, Keindahannya Tak Bisa Ditawar

Blitar menempati wilayah di pesisir selatan Pulau Jawa. Sama seperti tetangga-tetangganya, ada banyak destinasi bernuansa alam yang dapat didatangi. Seperti deretan air terjun di Blitar berikut ini. Air yang mengalir sudah seperti penghilang kegundahan dan penyegar pikiran. Kamu bisa bermain air hingga berenang di 5 destinasi berikut.

1. Air Terjun Umbul Waru

Umbul Waru
Umbul Waru via instagram/@khaledayea

Jika datang ke sini kamu akan melihat dua fenomena alam sekaligus. Yang pertama adalah pantai, dan yang berikutnya adalah air terjun. Keunikan seperti ini juga ada di beberapa tempat. Salah satunya terdapat di Banyu Anjlok, Malang. Untuk melihat air yang mengalir dari sela-sela tebing dan langsung jatuh ke lautan ini, kamu harus berhati-hati. Di waktu tertentu ombaknya begitu besar dan ganas.

2. Air Terjun Gua Luweng

Air Terjun Gua Luweng
Air Terjun Gua Luweng via instagram/@islah_agus

Jika sebelumnya ada air terjun yang berdampingan dengan pantai, berikut ini malah terdapat di tengah-tengah gua. Namanya adalah Gua Luweng. Bagian atapnya memiliki lubang dan yang masuk bukan hanya cahaya, tapi juga aliran yang membentuk air terjun. Tak jauh dari mulut gua, terdapat air terjun lagi dengan nama Jurug Taman.

3. Air Terjun Sirah Kencong

Air Terjun Sirah Kencong
Air Terjun Sirah Kencong via instagram/@poe_philo

Lokasi wisata ini ada di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi. Alirannya cukup tinggi dan jernih. Di sekitarnya terdapat pohon-pohon rindang yang menawarkan kesejukan. Jika datang ke sini, kamu bisa sekalian mampir ke kebun teh yang letaknya tak jauh dari lokasi. Siapkan tenaga karena untuk sampai, kamu harus berjalan kaki dan menembuh hutan belantara.

4. Air Terjun Grenjeng

Air Terjun Grenjeng
Air Terjun Grenjeng via instagram/@@bahariestu

Nama Air Terjun cukup terkenal di Blitar sebagai tempat untuk menikmati kesejukan. Datanglah saat musim hujan karena debit airnya cukup deras dengan kolam berwarna kebiruan. Hal sebaliknya justru terjadi ketika musim kemarau. Air yang semula deras bisa mengering. Meski begitu, keindahan alam di sekitar wisata ini cukup menawan. Lokasi Air terjun setinggi kira-kira 20 meter tersebut berada di Desa Balerejo, Kecamatan Panggungrejo

5. Jurug Bening

Jurug Bening
Air Terjun di Blitar, Jurug Bening via instagram/@riyan_zdynt

Di Blitar, air terjun juga disebut dengan jurug. Mirip-mirip dengan penyebutan di daerah Jawa Barat. Salah satu yang dinamai begitu adalah Jurug Bening. Objek wisata ini lebih besar dari air terjun sebelumnya dengan bebatuan yang tersebar di sekitar dasarnya. Kolamnya juga tenang, tapi kamu harus tetap berhati-hati jika ingin berenang.

6. Air Terjun Tirtogaluh

Kedung Malang
Air terjun di Blitar, Kedung Malang via instagram/@kopicete

Air Terjun Tirtogaluh adalah tempat wisata Blitar yang tergolong unik. Bukan hanya karena bentuk dan pemandangan di sekitarnya, tapi juga karena aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung. Cobalah tubing menelusuri aliran sungai dengan ban. Masyarakat setempat juga menyebut destinasi ini sebagai Kedung Malang. Aliran air yang terjun memang tidak deras, namun mandi kolam alaminya adalah keseruan yang tak bisa ditolak.

Itulah beberapa objek wisata yang ada di Blitar. Kamu termasuk penjelajah air terjun dengan keindahan memesona? Beberapa tempat di atas jangan sampai kamu lewatkan.

Tags
Air Terjun Blitar Indonesia Jawa Timur
Share