10 Air Terjun di Bandung dan Sekitarnya yang paling Mempesona

Kawasan Bandung mempunyai topografi berupa pegunungan yang memungkinkan wilayah ini menyimpan sumber daya alam berupa air terjun. Dalam bahasa Sunda air terjun disebut dengan curug yang menjadi andalan tempat wisata Bandung. Sama halnya dengan daerah di timur pulau Jawa yang menyebutnya dengan istilah grojogan.

Air terjun di Bandung tersebar di berbagai wilayah mulai dari kabupaten hingga kota Cimahi. Dikumpulkan Travelingyuk, berikut ini daftar 10 air terjun yang paling mempesona, wajib ada dalam daftar tempat wisata Bandung favorit kamu

1. Curug Maribaya, Tujuan Populer di Tempat Wisata Maribaya

curug maribaya saat pagi hari
curug maribaya saat pagi hari [via instagram]
Tempat Wisata Maribaya adalah salah satu tujuan berlibur yang terkenal di Bandung. Lokasi tempat wisata ini berada di kampung Cikondang, desa Lamajang, kecamatan Pangalengan, kabupaten Bandung. Jarak dari pusat kota sekitar 21 kilometer dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

curug maribaya
curug maribaya [via instagram]
Di dalam Tempat Wisata Maribaya ini ada Curug Maribaya yang tidak terlalu besar maupun tinggi. Ukuran tingginya saja hanya sekitar 15 meter tapi terbagi menjadi tiga curug yakni Curug Cikawari, Cigulung dan Cikoleang. Traveler yang berkunjung akan disediakan berbagai fasilitas pendukung seperti taman bermain anak, kebun bunga, musala, toilet dan lain sebagainya.

Informasi Lokasi

Nama: Curug Maribaya

Alamat: Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391, Indonesia

2. Curug Citambur, Sensasi Hujan Abadi di Perbatasan Bandung-Cianjur

curug citambur
curug citambur [via instagram]
Nama Curug Citambur memang belum sepopuler curug-curug lain yang jadi tempat wisata di Bandung. Tapi curug ini mempunyai kehebatannya sendiri berupa terjunan air setinggi lebih dari 100 meter yang menciptakan hujan abadi di sekitar lokasi. Letaknya di perbatasan antara Ciwidey dengan kabupaten Cianjur.

Suasana Curug Citambur yang Adem
Suasana Curug Citambur yang Adem [via instagram]
Untuk menikmati keindahan Curug Citambur traveler harus berkendara menuju desa Pasirkuda. Nah, spot air terjun ini terletak persis di seberang kantor desa Pasirkuda. Kendaraan bisa diparkir di pelataran luas setelah itu jalan kaki sejauh 100 meter. Himbauan pada pengunjung untuk tidak berdiri terlalu dekat dengan terjunan air sebab debit air di sana sangat deras dan tidak hanya bisa membuat baju basah kuyup namun juga mampu menghempaskan tubuh.

Informasi Lokasi

Nama: Curug Citambur

Alamat: Desa Karang Jaya, Kec. Pasirkuda, Cianjur Selatan, Jawa Barat, Indonesia

3. Curug Tilu Leuwi Opat, Obyek Wisata yang Lengkap

Jalan Menuju Curug Tilu Leuwi Opat
Jalan Menuju Curug Tilu Leuwi Opat [via]
Memadukan antara wisata curug, leuwi (sungai), gua dan kawasan hijau, tempat wisata Bandung ini kemudian diberi nama Curug Tilu Leuwi Opat. Lokasinya berada di kawasan Ciwangun Parongpong Kabupaten Bandung. Kawasan wisata ini mempunyai 4 air terjun, 4 sungai dan dua gua.

Curug Tilu
Curug Tilu [via]
Salah satu curug yang terdapat di kawasan wisata ini adalah Curug Tilu. Akses menuju ke tempat wisata Bandung yang keren ini bisa dilakukan dengan berkendara dari kota selama 2 jam menempuh jarak sekitar 20 kilometer. Kalau sudah sampai di lokasi banyak pilihan kegiatan yang bsia dilakukan diantaranya outbond, arum jeram, kemping, rappeling, panjat tebing, Paint Ball, Bermain Rakit, flying fox, shaking brigde dan lain-lain.

Informasi Lokasi

Nama: Curug Tilu Leuwi Opat

Alamat: Jl. Kp. Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559, Indonesia

4. Curug Penganten, Air Terjun dengan Kisah Pilu

curug penganten
curug penganten [via]
Curug Penganten yang ada di Bandung ini berbeda dengan Air Terjun Pengantin yang berada di Baturraden atau daerah lainnya yang memang diambil dari penampakan air terjun yang berjumlah sepasang atau kembar. Tempat wisata Bandung ini letaknya di Wisata Alam Katumiri di Jalan Raya Cihanjuang Km.5,56 ini lebih karena kisah pilu yang pernah terjadi di lokasi.

curug penganten dari dekat
curug penganten dari dekat [via]
Konon zaman dahulu ada sepasang pengantin yang tewas secara mengenaskan di kawasan air terjun ini. Dari sana kemudian warga menamai curug yang sebelumnya bernama Curug Sewu atau Curug Manglayang ini menjadi Curug Penganten. Keindahan air terjun ini tidak perlu dipertanyakan, meski medan menuju lokasi terbilang melelahkan tapi suasana asri dan deburan air terjun akan menghapus lelah pengunjung.

Informasi Lokasi

Nama: Curug Penganten

Alamat: Desa Padaasih, Kec. Cisarua, Padaasih, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551, Indonesia

5. Curug Malela, Air Terjun Seindah Niagara

Curug Malela
Curug Malela [via instagram]
Curug Malela berada di urutan pertama sebagai air terjun paling populer dan tengah hits di deretan tempat wisata Bandung. Curug ini punya karakteristik memanjang dengan terjunan air yang deras. Keindahannya ini disejajarkan dengan air terjun Niagara dalam versi mini. Tertarik berkunjung ke curug ini? Simak dulu pemaparan medan jalan lebih dulu.

curug malela dari jauh
curug malela dari jauh [via instagram]
Curug Malela terletak di kampung Manglid, desa Cicadas, kecamatan Rongga, kabupaten Bandung Barat. Dari pusat kota traveler harus berkendara 3 jam menuju Perkebunan Montaya di ketinggian 1000 mdpl. Setelah itu, lanjut jalan kaki lewat medan yang terjal sebelum akhirnya sampai di hadapan tempat wisata Bandung yang seperti Niagara mini ini.

Informasi Lokasi

Nama: Curug Malela

Alamat: Sindangjaya, Gununghalu, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia

6. Curug Siliwangi, Tempat Asyik Bermain Air dan Mandi

sungai yang mengalir di dekat curug siliwangi
sungai yang mengalir di dekat curug siliwangi [via]
Beralih ke wilayah Bandung selatan, tepat di Taman Wisata dan Bumi Perkemahan Gunung Puntang terdapat Curug Siliwangi yang indahnya tak tertandingi. Curug Siliwangi kerap dijadikan tempat untuk bermain air dan mandi oleh pengunjung lantaran kolam di bawah air terjun ini relatif dangkal dan cukup aman untuk digunakan sebagai arena bermain, pas banget untuk tujuan tempat wisata di Bandung!

curug siliwangi
curug siliwangi [via]
Hanya saja untuk menikmati keindahan ini traveler harus terlebih dulu menyusuri jalan setapak yang terjal serta membelah kawasan hutan di Gunung Puntang. Curug ini sendiri berada di ketinggian 1.200 mdpl yang membuat suasana di sekitar air terjun terasa sejuk cenderung dingin.

Informasi Lokasi

Nama: Curug Siliwangi

Alamat: Gunung Puntang, Mekarjaya, Banjaran, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

7. Curug Cinulang, Sang Legendaris di Wilayah Bandung

curug cinulang
curug cinulang [via]
Bagi warga Bandung khususnya dan Jawa barat umumnya, nama Curug Cinulang tentu sudah tidak asing lagi. Sebab ini adalah air terjun yang sangat legendaris, keindahannya bahkan sampai diabadikan dalam sebuah lirik lagu berjudul “Curug Cinulang.” Lokasinya berada di Bandung timur dan berbatasan dengan kabupaten Sumedang.

curug cinulang dari dekat
curug cinulang dari dekat [via instagram]
Secara administratif curug Cinulang berada di wilayah desa Sindulang, kecamatan Cimanggung maka dalam beberapa kasus curug ini dikenal juga dengan nama Curug Sindulang. Keindahan tempat wisata Bandung ini sudah dikenal sejak zaman dahulu, maka tidak heran jika setiap akhir pekan dan libur nasional kawasan wisata di curug ini selalu ramai dikunjungi traveler dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Informasi Lokasi

Nama: Curug Cinulang

Alamat: Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45364, Indonesia

8. Curug Jompong, Air Terjun yang Hanya Seperti Aliran Arus Sungai

curug jompong
curug jompong [via]
Curug Jompong, meski penampakannya hanya seperti jeraman arus sungai namun kawasan ini tercatat pernah dibuka sebagai obyek wisata pada zaman penjajahan Belanda. Proses terbentuknya  juga tak kalah bersejarah karena menurut penelitian curug Jompong adalah tempat bobolnya Danau Bandung Purba.

Di wilayah Bandung dulu terdapat banyak gunung api purba yang kemudian membentuk cekungan. Cekungan tersebut terisi air menjadi danau, karena proses alam selama puluhan ribu tahun batuan andesit yang menjadi batas danau akhirnya menipis dan jebol mengalirkan air yang ada di dalamnya, dari sanalah berasal curug Jompong. Wilayah di sekitar Curug Jompong sendiri telah ditetapkan sebagai situs bumi. Sayang menurut beberapa sumber air di curug ini mulai tercemar dan mengeluarkan bau busuk.

Informasi Lokasi

Nama: Curug Jompong

Alamat: Jl. Terusan Nanjung, Lagadar, Margaasih, Bandung, Jawa Barat 40217, Indonesia

9. Curug Dago, Di Air Terjun Ini Traveler Akan Menjumpai Peninggalan Kerajaan Thailand

curug dago
curug dago [via]
Curug Dago terletak di kawasan Taman Hutan Raya (THR) Djuanda namun menjadi salah satu spot yang jarang dikunjungi traveler. Sebab posisi air terjun ini sedikit tersembunyi sehingga berada di luar radar pengunjung yang datang. Padahal di sekitar tempat wisata Bandung ini terdapat peninggalan dari kerajaan Thailand berupa batu prasasti.

Curug Dago berada di ketinggian 800 mdpl. Sebetulnya lokasi keberadaan curug ini mudah dijangkau sebab berada di dekat Terminal Dago. Berkunjung ke curug ini traveler akan menjumpai prasasti batu tulis bertahun 1818 yang diduga kuat peninggalan Raja Rama V (Raja Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharaminthara) yang pernah berkunjung ke Curug Dago.

Informasi Lokasi

Nama: Curug Dago

Alamat: Jl. Dago Pojok, Dago, Coblong, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135, Indonesia

10. Melipir ke Utara Kota Bandung dan Temukan Curug Cimahi

Curug Cimahi
Curug Cimahi [via]
Untuk menjumpai curug keren yang terakhir ini traveler harus sedikit keluar dari wilayah Bandung menuju kota Cimahi. Tidak jauh mengingat kota ini berada di tengah-tengah wilayah Bandung. Adalah curug Cimahi, air terjun setinggi sekitar 75 meter ini akan membuat pengunjung kagum dan betah berlama-lama di tempat ini.

Curug Cimahi Instagram-able
Curug Cimahi Instagram-able [via]
Curug Cimahi berjarak 10 kilometer dari utara Kota Bandung atau tepatnya berada di kota Cimahi. Rute yang bisa diambil adalah lewat Jalan Sersan Bajuri yang menuju ke arah Universitas Advent Indonesia menuju ke terminal Parongpong. Banyak spot keren untuk menikmati keindahan air terjun cantik ini.

Informasi Lokasi

Nama: Curug Cimahi

Alamat: Jalan Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Cisarua, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551, Indonesia

Itulah daftar air terjun paling populer di Bandung dan sekitarnya. Kalau sobat traveler punya rekomendasi lain yang belum ada dalam daftar Travelingyuk, silahkan ditulis di kolom komentar agar traveler lain bisa turut menikmatinya.

Tags
Air Terjun Curug Cimahi Curug Cinulang Curug Citambur Curug Dago Curug Jompong Curug Malela Curug Maribaya Curug Penganten Curug Siliwangi Curug Tilu
Share