Menjelajah Air Terjun di Aceh, Segarnya Bakal Bikin Terpesona

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia

Indonesia terkenal akan keindahan alamnya yang memesona, salah satunya Aceh. Keindahan Aceh tak hanya terdapat di pantai dan gunungnya saja, melainkan air terjunnya. Travelingyuk akan memberikan rekomendasi beberapa wisata air terjun di Aceh yang bisa Teman Traveler kunjungi untuk melepas penat sejenak. Apa saja? Simak artikel di bawah yuk!

Air Terjun Bur Bulet

Air terjun Bur Bulet
Air terjun Bur Bulet via Instagram/potretgayo

Salah satu keindahan alam yang ada di Aceh Tengah adalah Air Terjun Bur Bulet. Memiliki tinggi sekitar 25 meter, keindahan air terjun ini membuat para pengunjung yang datang merasa puas. Bur Bullet sendiri adalah nama Bukit dalam bahasa Gayo yang berarti Bukit Bulat. Berada di Kampung Wih Terjun, kecamatan Pegasing Aceh Tengah, tempat ini pun masih tampak alami, pemandangan terlihat hijau dan asri. Karenanya, banyak dari pengunjung yang mengabadikan momen dengan berfoto. Namun, akses menujuĀ air terjun di Aceh satu ini masih dirasa sulit karena belum terdapat tangga untuk menghubungkan wisatawan ke lokasi.

Air Terjun Suhom

Air terjun Suhom
Air terjun Suhom via Instagram/pringadisurya

Keindahan air terjun di Aceh selajutnya berlokasi di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, yaitu Air Terjun Suhom. Walaupun terletak jauh dari pusat kota yaitu 75 km, wisata satu ini layak untuk dikunjungi. Memiliki lokasi yang berada di balik pegunungan, hal ini menyulitkan para wisatawan karena cukup sulit untuk ditemukan. Di sekeliling air terjun ditemukan bebatuan besar yang banyak digunakan untuk menikmati percikkan air. Selain itu, di sini juga terdapat kolam dengan kedalaman mencapai 5 meter. Bagi yang membawa anak-anak, tidak disarankan untuk berenang. Bermain air di sekitaran sungai yang menjadi terusan air terjun juga sangat menyenangkan.

Air Terjun Blang Kolam

Air terjun Blang Kolam
Air terjun Blang Kolam via Instagram/@auliasaputra818

Air terjun di Aceh selanjutnya memiliki tinggi kurang lebih sekitar 75 meter. Suasananya pun terasa sejuk dan segar karena di sekitarannya dikelilingi dengan pepohonan rindang. Selain itu, air yang bening juga menambah keindahan Blang Kolam. Teman Traveler juga dapat membawa alat perlengkapan berkemah jika ingin berlama-lama menikmati air terjun. Berada diĀ Desa Panton Rayeuk Sa, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Teman Traveler harus mengeluarkan biaya sedikitnya Rp5.000 untuk parkir kendaraan bermotor dan Rp10.000 untuk mobil.

Air Terjun Soraya

Air terjun Soraya
Air terjun Soraya via Instagram/@pitjoel

Memiliki keindahan yang tidak kalah dengan air terjun lainnya, Air Terjun Soraya juga sukses membuat mata terpesona. Berada di Pusat Riset Penelitian Soraya, di Kecamatan Sultan Daulat, Subulussalam, tempat ini berada di dataran rendah yaitu 75 hingga 400 meter di atas permukaan laut. Air terjun pun tampak alami karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan kicauan burung yang membuat suasana semakin damai.

Itulah, sekian air terjun di Aceh yang bisa Teman Traveler sambangi jika berkunjung ke Serambi Mekah. Bagaimana, air terjun mana nih yang paling menarik perhatian Teman Traveler?