Seram, Penampakan “Air Terjun Darah” di Antartika yang Menggegerkan Dunia

no image available

no image available

Suka dengan air terjun? Bagaimana jika air yang jatuh itu memiliki warna merah menyala seperti darah? Pasti ngeri melihatnya namun air terjun ini benar-benar ada lho di bumi. Namanya Blood Falls dan berada di Antartika. Sesuai dengan namanya yang berarti air terjun darah, warna air yang mengalir juga berwarna merah dan pekat layaknya darah.

Ukuran Blood Falls ini cukup besar bahkan terdiri dari lima tingkat. Air terjun yang aneh ini ditemukan oleh seorang ahli geologi bernama Thomas Griffith Taylor pada tahun 1911. Jadi tak heran jika gletser yang menjadi lokasi air terjun darah ini bernama gletser Taylor. Lokasi air terjun ini berada tepat di ujung gletser Taylor, McMurdo Dry Valleys, Antartika.

Fenomena alam yang ganjil ini sontak menggegerkan dunia dan mengundang perhatian para glasiologis dan mikrobiologis dunia untuk mencari tahu penyebab aliran merah dara tersebut. Awalnya para peneliti berasumsi bahwa warna merah itu berasal dari ganggang. Namun penelitian lebih mendalam membuktikan jika warna darah itu berasal dari banyaknya kandungan mineral berupa zat besi yang terkurung selama jutaan tahun di dalam lapisan es sehingga membentuk danau bawah tanah di dalam gletser.

Baca Juga: 7 Negara dengan Tradisi Natal Paling Ajaib

Dikutip travelingyuk dari laman Earth Sky, sekitar lima juta tahun yang lalu tempat tersebut merupakan danau purba berair tawar. Kemudian ketika permukaan air laut meninggi dan menutupi benua Antartika maka danau itupun terperangkap di bawah air laut yang membeku.

Menurut sekelompok peneliti, terdapat mikroorganisme yang hidup di bawah gletser dengan kedalaman sekitar 400 meter. Makhluk ini hidup dengan cahaya matahari yang minim dan sedikit oksigen. inilah yang menjadi penyebab melimpahnya zat besi yang ada di danau purba tersebut yang kemudian menjadikan warna air yang keluar dari celah gletser berwarna merah darah.

Lokasinya yang terpencil menjadikannya tidak banyak di kunjungi para traveler. Namun bagi beberapa traveler yang nekad datang mengaku sangat terpana melihat keajaiban alam tersebut. Bagaimana dengan Anda, penasaran ingin melihat langsung air terjun darah?

Baca Juga: Uji Nyali, Menginap di Hotel Milik NAZI

Tags
Air Terjun Darah Antartika traveling
Share