Ini Bukan Film Frozen, Tapi Air Terjun Es di China

Negara-negara yang berada di iklim sub-tropis bulan-bulan ini tengah memasuki musim dingin termasuk China. Dampaknya adalah suhu udara turun drastis ke angka minus hingga membuat sejumlah sungai, danau dan sumber air lainnya menjadi beku. Dalam situasi ini ada satu fenomena langka yang terjadi di Provinsi Hebei dimana air terjun Gunung Taihang yang biasanya mengalirkan air yang cukup deras membeku menjadi bunga es.

Sebagian besar daerah di China saat ini sedang mengalami puncak musim dingin. Seperti dilansir Travelingyuk dari Daily Mail, kawasan Provinsi Hebei telah mengalami penurunan suhu udara yang cukup ekstrim. Tercatat dalam beberapa minggu terakhir suhu di provinsi tersebut menyentuh angka minus 12 derajat Celcius. Sedangkan rata-rata suhu disana berkisar antara 1 hingga -12 derajat Celcius.

Air terjun di China membeku akibat suhu ekstrim [image source]
Air terjun di China membeku akibat suhu ekstrim [image source]
Penurunan suhu yang begitu drastis ini berdampak pada sumber air yang ada di daerah tersebut. Seperti diberitakan di berbagai media internasional, air terjun di Gunung Taihang yang biasanya mengaliri sungai-sungai di kawasan China utara ini tak kuasa menahan serangan cuaca dingin hingga akhirnya membeku menjadi bunga es. Suatu keadaan yang jarang terjadi mengingat kejadian serupa pernah dilaporkan terakhir kali pada tahun 2012 silam.

Air terjun yang membeku ini berada di Provinsi Hebei [image source]
Air terjun yang membeku ini berada di Provinsi Hebei [image source]
Fenomena langka ini lantas menjadi tontonan warga dan wisatawan yang berada di provinsi Hebei. Wisatawan yang datang sangat terkesan dengan formasi es yang terbentuk dari air terjun yang membeku tersebut. Bentuk aliran air terjun terlihat jelas menjadikannya seperti tirai yang menjuntai ke bawah dengan ujung runcing.

Pegunungan Taihang sendiri membentang sejauh 400 kilometer dari utara ke selatan melintasi tiga provinsi. Rangkaian pegunungan ini memiliki ketinggian rata-rata 1.600 hingga 2.200 mdpl dengan puncak tertingginya bernama Xiao Wutaishan yang menjulang setinggi 3 ribu meter lebih di atas permukaan laut.

Bekunya air terjun menjadi tontonan wisatawan [image source]
Bekunya air terjun menjadi tontonan wisatawan [image source]
Biasanya kejadian seperti ini akan berlangsung selama berbulan-bulan selama musim dingin. Bagi traveler yang berlibur di China masih ada banyak kesempatan untuk mengabadikan fenomena langka tersebut. Pastikan untuk selalu berhati-hati jika mengambil gambar di bawahnya sebab bunga es seperti itu biasanya rentan patah.

Tags
Air Terjun Membeku China Gunung Taihang
Share