Melihat Fenomena Air Terjun Bawah Laut di Pulau Mauritius, Ternyata Begini Faktanya

Advertisement

Dunia ini masih menyimpan banyak fenomena keajaiban alam dan salah satunya adalah air terjun yang ada di bawah laut. Bagaimana sudah pernah mendengar fenomena unik ini belum?

Fenomana ajaib tersebut terlihat di Pulau Mauritius, Afrika. Lantas apakah fenomena tersebut berbahaya? Dan bagaimana hal itu bisa terjadi?

Air terjun bawah laut Pulau Mauritius

Pulau Mauritius terletak di sebelah timur Madagaskan serta barat daya Samudera Hindia. Tak ayal bila pulau ini memiliki pemandangan laut yang sangat indah. Tak hanya indah, namun ternyata ada pemandangan unik yang berbeda di dekat Pulau Mauritius. Ialah air terjun bawah laut.

Foto via Liputan6

Air terjun bawah laut biasanya terjadi karena lautan memiliki dua lapisan, yaitu air dingin dan air hangat. Fenomena ini menciptakan perbedaan kepadatan kemudian membuat lapisan terpisah, sehingga air dingin yang lebih berat jatuh layaknya air terjun.

Foto via Facebook

Meski pemandangan air terjun bawah laut bisa terlihat di Pulau Mauritius, namun ternyata sebenarnya hanyalah ilusi optik semata. Hal itu terjadi karena bagian tepi laut Le Morne terdapat pasir dan lumpur yang mengalir ke dasar samudera. Selain itu juga karena adanya arus aliran bawah air yang terjadi di dasar laut, sehingga membuat seolah-olah gerakan pasir tersebut membentuk sebuah air terjun yang menjorok ke dasar laut.

Keindahan Mauritius

Walaupun hanya ilusi optik, namun tak mengurangi keindahan Pulau Mauritius sendiri. Diketahui bahwa dulunya pulau ini kosong dan menjadi habitat dari burung dodo yang kini sudah punah. Oleh karena itu, lambang negara ini adalah burung dodo. Pulau Mauritius sendiri memiliki bentangan pantai yang jernih dan indah, membuatnya menjadi tujuan banyak artis Hollywood untuk berlibur.

Foto via Phinemo

Beberapa kawasan pantai di Pulau Mauritius bahkan diperuntukkan bagi kalangan atas. Mereka dapat bermain di pantai, melakukan kegiatan watersport, golf, hingga trekking. Selain itu, kamu yang tertarik berwisata ke Mauritius dapat mencoba aktifitas snorkeling dan melihat beraneka terumbu karang yang indah.

Tempat wisata

Walaupun sebenarnya ikon wisata Pulau Mauritius ini adalah air terjun bawah lautnya, namun masih ada bebrapa wisata lain yang wajib dikunjungi bila berlibur ke pulau ini. Seperti Le Morne Brabant, Ile Aux Aigrettes, Port Louis, Pamplemousses Botanical Garden, Grand Baie, dan masih banyak lagi.

Foto via Penterest

Wisatawan diperbolehkan untuk surfing, menyelam, dan menyewa helikopter untuk menikmati keindahan Pulau Mauritius, terutama air terjun bawah lautnya. Selain itu, Mauritius juga memiliki flora dan fauna langka seperti burung merpati merah muda dan bunga Trochetia Boutoniana yang juga bunga nasional Mauritius.

Nah, Teman Traveler melihat keunikan Pulau Mauritius semakin menambah rasa penasaran kita bukan? Terutama melihat secara langsung fenomena air terjun bawah lautnya. Jadi sudahkah kamu mempersiapkan diri mengunjungi Pulau Mauritius?

Advertisement
Tags
air terjun bawah laut Air terjun bawah laut Pulau Mauritius Fenomena alam Mauritius pulai mauritius Pulau Mauritius wisata unik
Share