Air Terjun Banyu Wana Amertha Buleleng Bali, Empat Kecantikan Cobannya Puaskan Hati dan Mata

Air Terjun Banyu Wana Amertha yang berada di Buleleng Bali memiliki kecantikan yang ‘bertumpuk-tumpuk’. Selain kriteria air terjunnya memang begitu, di kawasan yang sama terdapat tiga buah air terjun lainnya. Masing-masing memiliki pesona yang membuat banyak wisatawan dalam atau luar negeri terpana. Ia semakin membuktikan bahwa keindahan Bali, takhanya soal pantai. Penasaran di mana saja? Ini dia daftarnya.

1. Mata Air Berasal dari Hutan Lindung

Kesegarannya Berasal dari Air Hutan Lindung via Instagram/ putra_ariwibawa

Air Terjun Banyu Wana Amertha memiliki air yang segar. Kesegaran tersebut menurut cerita merupakan bersumber dari mata air yang ada di kawasan Hutan Lindung Desa Wanagiri. Kesegarannya sudah bisa terbayang dengan sempurna, kan? Air tanah yang tersimpan di bawah rimbun pepohonan memang tidak perlu diragukan lagi perihal segar dan alaminya. Terlebih di musim hujan seperti ini, debit air yang mengalir dinginnya menusuk kulit namun tetap menyegarkan.

2. Terhitung Baru Dibuka untuk Umum

Baru Dibuka untuk Umum via Instagram/ dewa_didick

Pesona yang dimiliki air terjun tercantik di Buleleng Bali ini terhitung baru bisa dinikmati oleh umum. Ia dibuka tepatnya pada akhir tahun 2017 hingga awal pertengahan 2018 lalu. Meski baru dibuka, fasilitas di sini lumayan lengkap. Meski masih menggunakan bahan-bahan seadanya seperti bambu, kayu dan ban, akses jalan menuju kawasan air terjun juga sudah lumayan dibenahi. Sehingga, para pengunjung termasuk Teman Traveler takperlu khawatir dengan kenyamanan.

3. Satu Kawasan Terdapat Empat Air Terjun

Air Terjun Spray, Salah Satu Kecantikan di Kawasan Banyu Wana Amertha via Instagram/ putra_ariwibawa

Setiap air terjun memiliki keunikan yang menawan. Demikian juga dengan Air Terjun Banyu Wana Amertha yang ada di Buleleng Bali. Dalam satu kawasan terdapat empat air terjun yang memukau. Selain Banyu Wana Amertha terdapat juga Air Terjun One, Two/Twin dan Air Terjun Spray. Jarak antara satu air terjun dengan lainnya tidak terlalu jauh, yakni sekitar 5 sampai 7 menit dengan berjalan kaki. Seru ya! Sekali jalan-jalan, empat air terjun berhasil disambangi!

4. Lokasi, Rute dan Tiket Masuk

Jaraknya Tidak Terlalu Jauh dari Danau Beratan Bedugul via Instagram/ dat.one_akward_geek

Air Terjun Banyu Wana Amertha berada di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Jarak dari pusat Kota Denpasar sekitar 63 Km. Dengan kendaraan, jarak tempuh membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Sementara dari Bedugul atau Danau Beratan jaraknya sekitar 11 Km saja. Ambil arah yang sama saat Teman Traveler menuju Danau Beratan. Setelah sampai di kawasan Puncak Wanagiri, ambil arah ke Asah Gobleg. Selanjutnya, cari jalan menuju Bhuasana Sari, lalu belok kanan kurang lebih 3 Km. Sampai deh! Jarak dengan parkiran menuju air terjun sekitar 500 meter kok. Tidak terlalu jauh.

Fasilitas yang ada di sini antara lain parking area, toilet dan local guide. Sementara itu, tiketnya seharga Rp 10 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 20 ribu untuk wisman.

Pulau Dewata memang tidak pernah membosankan. Setelah pantai, kini pesona air terjun mulai banyak dilirik. Air terjun Banyu Wana Amerta adalah salah satunya. Teman Traveler tertarik menikmati Bali dalam versi lain, kan?

Tags
air terjun banyu wana amertha Air Terjun di Bali Bali Buleleng Indonesia Wisata
Share