Mampir ke Air Terjun di Dompu NTB, Bukti Indahnya Alam Nusantara

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia
Air terjun di Dompu NTB Air terjun di Dompu NTB

Dompu merupakan sebuah kabupaten yang berada di antara Bima dan Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Hal ini membuat kebudayaannya dekat dengan budaya kedua tempat tersebut. Bagi Teman Traveler yang suka basah-basahan, Travelingyuk akan memberikan sejumlah deretan air terjun di Dompu yang pemandangannya bikin terpikat. Di mana saja ya?

Air Terjun Walet Putih

Air Terjun Walet Putih
Air Terjun Walet Putih via Instagram/mhmdyunan

Bagi warga yang tinggal di Sorinomo, air terjun walet putih ini memiliki pemandangan yang memikat. Nama tersebut diambil karena di bawah air terjun terdapat gua yang di dihuni banyak walet berwarna putih. Pengunjung dibuat terpesona karena airnya yang jernih dan suasananya yang asri karena adanya perkebunan warga setempat. Tidak terlalu banyak yang tahu tempat ini, membuat wisatawan bisa leluasa bermain air. Berada di Desa Sorinomo, Kecamatan Pekat, untuk menuju ke tempat ini,Teman Traveler bisa berangkat dari Jalan Raya Dompu-Calabai dan berkendara sejauh 2 km untuk sampai ke lokasi.

Ncanga Tolu

Air terjun Ncanga Tolu
Air terjun Ncanga Tolu via Instagram/nandaainun_

Selanjutnya ada air terjun Ncanga Tolu yang ada di Desa Ranggo, Kecamatan Pajo. Ncanga berarti bercabang dan Tolu artinya tiga, maka tak heran air terjun di Dompu satu ini memiliki tiga aliran yang bercabang, masing-masingnya memiliki volume yang berbeda-beda. Teman Traveler akan menemukan beberapa air terjun dengan ukuran 2 hingga 4 meter sepanjang perjalanan menelusuri sungai. Untuk menuju ke sini, pengunjung harus lebih berhati-hati karena akan melewati tebing dan permukaan batu yang licin. Suasana sangat terasa asri dan jarak air terjun Ncanga Tolu dari Desa Ranggo yaitu sepanjang 5 km.

Air Tejun Pelangi

Air Tejun Pelangi
Air Tejun Pelangi via Instagram/pitra_p

Desa Karamabura juga memiliki keindahan yang sangat cantik. Air terjun pelangi merupakan salah satu wisata yang populer di kalangan wisatawan. Menawarkan suasana asri karena rindangnya pepohonan dan udara yang sejuk menjadi alasan untuk pengujung betah berlama-lama di sini. Teman Traveler dapat bermain air dan juga berfoto-foto.

Banyak dari pengunjung merasa kesulitan untuk menuju ke air terjun di Dompu yang satu ini karena jalurnya yang cukup terjal. Teman Traveler harus berhati-hati dan tubuh harus dalam keadaan fit.  Jika berangkat dari Dompu, wisatawan hanya membutuhkan waktu selama 12 menit berkendara.

Air Terjun Panca Saneo

Air Terjun Panca Saneo
Air Terjun Panca Saneo via Instagram/mapepeak

Nah, terakhir ada air terjun Panca Saneo yang berada di Desa Saneo, Kecamatan Woja. Air terjun satu ini terkenal karena memiliki ketinggian mencapai 75 meter. Airnya juga terasa dingin seperti es. Ketika berkunjung ke sini, Teman Traveler akan disajikan dengan pemandangan alam yang indah dan menyejukkan. Jika bepergian dari Kota Dompu, maka perjalanan untuk mencapai air terjun ini membutuhkan waktu selama 2 hingga 3 jam. Pengunjung juga harus berhati-hati karena jalur menuju wisata ini cukup curam. Jika tertarik, Teman Traveler akan ditarik biaya retribusi parkir sebesar Rp10.000 dan ini hanya berlaku di akhir pekan saja.

Nah, itulah sejumlah keindahan air terjun di Dompu yang mampu memanjakan pikiran. Apakah dari Teman Traveler ada yang membuat rencana liburan ke sini?