Menyeruput Kopi Khas Desa Dompyong di Agrowisata Dilem Wilis Trenggalek

Advertisement

Teman Traveler, destinasi Agrowisata Dilem Wilis Trenggalek sejatinya merupakan kawasan penghasil kopi legendaris bernama Kopi Van Dilem. Menjadi komplek perkebunan yang berdiri sejak zaman Belanda, wisata ini, dibangun oleh Meneer Van Dilem pada tahun 1928.

Dengan berdiri di atas tanah pegunungan 1.000 mdpl, kawasan yang berada di Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur ini, dikenal para pemburu kopi nusantara sebagai tanah sejuk nan subur yang bagus untuk tanaman kopi.

Agrowisata Dilem Wilis Trenggalek
Gerbang masuk (c) Akbar Dedy P./Travelingyuk

Sempat vakum, namun tetap memproduksi kopi, destinasi wisata ini kembali diangkat pemerintah daerah pada tahun 2017 lalu. Kini Agrowisata Dilem Wilis Trenggalek turut serta menyuguhkan berbagai wisata edukasi berbasis inkubasi pengolahan hasil pertanian dan peternakan warga Desa Dompyong.

Mulai dari taman yang ditumbuhi berbagai bunga warna-warni, inkubasi peternakan sapi, inkubasi tanaman hasil pertanian buah, Green House, sampai aneka bangunan bergaya Eropa yang berkaitan dengan Kopi Van Dilem.

Agrowisata Dilem Wilis Trenggalek
Destinasi wisata kuliner kopi unggulan di Trenggalek (c) Akbar Dedy P./Travelingyuk

Tak perlu khawatir akan akses jalan menuju Agrowisata Dilem Wilis di Trenggalek ini. Akses jalan aspal sudah bagus untuk dilewati kendaraan wisatawan. Jaraknya pun hanya sekitar 18 kilometer dari Alun-Alun Kota Trenggalek. Untuk masuk ke wisata ini pun tak dipungut biaya.

Area inkubasi pertanian
Area Inkubasi pertanian (c) Akbar Dedy P./Travelingyuk

Berbicara soal Kkopi Van Dilem, hanya di kawasan inilah wisatawan dapat mencicipi racikan asli dari kuliner kopi khas Desa Dompyong. Selain hanya diproduksi di pabrik pengolahan kopi di kawasan Dilem Wilis, Kopi Van Dilem juga hanya berasal dari hasil kopi yang ditanam oleh warga sekitar.

Gudang kopi
Gudang Kopi Van Dilem (c) Akbar Dedy P./Travelingyuk

Hal tersebut menjadi tradisi khusus warga Dilem Wilis, hingga hari ini terus dijaga sejak bangsa Belanda mulanya mengelola biji kopi di kawasan ini. Dengan kopi berjenis robusta, kopi dari Dilem Wilis dikenal mempunyai cita rasa khas tiada duanya di tempat lain.

Agrowisata Dilem Wilis Trenggalek
Kopi Van Dilem murah meriah dan nikmat (c) Akbar Dedy P./Travelingyuk

Berharga segelas hanya Rp5.000-an, kopi yang dinikmati pada spot kafetaria Dilem Wilis dijamin sanggup membuat lidah ketagihan. Dengan ciri khas rasa yang berasal dari biji kopi yang dimasak saat masih basah, nuansa gurih dengan aroma kopi seperti halnya biji yang baru dibakar.

Menjadikan Kopi Van Dilem memiliki daya tarik tersendiri dinikmati saat berkunjung ke Agrowisata Dilem Wilis Trenggalek. Murah meriah, aneka variasi kopi lainya pun juga tersedia di sini.

Kopi kemasan
Produk Kopi Van DIlem yang terkenal (c) Akbar Dedy P./Travelingyuk

Tidak bisa berkunjung ke Agrowisata Dilem Wilis Trenggalek dalam waktu dekat tapi ingin merasakan kopinya? Kopi Van Dilem kini hadir dalam kemasan yang bisa dibawa pulang. Dengan harga berkisar Rp20.000-an hingga Rp30.000-an, kamu bisa memesan bubuk kopi secara online dan menikmatinya di rumah.

Wisata alam Jawa Timur
Taman menawan Van Dilem (c) Akbar Dedy P./Travelingyuk

Tidak melulu soal kopi, Agrowisata Dilem Wilis Trenggalek juga punya keindahan lain, mulai dari alam hingga wahana edukasi. Pengetahuan seputar kopi hingga pengolahan hasil susu sapi dari Desa Dompyong, bisa kamu dapatkan di sini. Sebuah kearifan yang telah puluhan tahun menemani Desa Dompyong, menjadi bagian dari kisah tinggalan sejarah dari kota Trenggalek untuk nusantara.

Desa Dompyong yang menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Bendungan, Trenggalek ini, memang kaya potensi alamnya. Masuk dalam kawasan pegunungan lingkar Wilis, bermacam-macam kearifan banyak tersebar tidak hanya pada desa, melainkan di seluruh kawasan kecamatan.

Bangunan khas Belanda di Jawa Timur
Bangunan khas zaman Belanda (c) Akbar Dedy P./Travelingyuk

Mulai dari kuliner Nasi Gegok yang tersohor, aneka destinasi wisata, dan tentunya Kopi Van Dilem. Sebuah tanah yang warganya begitu ramah, sebuah eksotisme tersembunyi di tanah kota Trenggalek yang kaya kekayaan alam.

 

 

Advertisement
Tags
Agrowisata Dilem Wilis Trenggalek Kopi Van Dilem kuliner trenggalek wisata kopi indonesia wisata trenggalek
Share