Tahun 2016 Tahunnya Traveler, Banyak Libur Panjangnya Guys!

Alfri

Alfri

On Indonesia

Sah, kita memasuki tahun yang baru dimana hari ini adalah hari pertama di tahun 2016. Banyak harapan baru yang ingin dicapai oleh semua orang. Namun dibalik kesibukan untuk mencapai cita-cita jangan lupa pula untuk merencanakan liburan biar tidak stres. Menilik kalender tahun ini dan berbekal Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, setidaknya ada 15 hari libur dan 4 hari cuti bersama sepanjang tahun ini lho. Yuk rencanakan liburan dari sekarang!

Bisa dibilang tahun 2016 sangat bersahabat bagi traveler di Indonesia. Pasalnya tahun ini banyak sekali libur nasional yang jatuh pada hari Jumat dan bebarengan dengan akhir pekan sehingga menghasilkan libur panjang. Waktu-waktu itulah yang bisa traveler manfaatkan untuk traveling baik ke luar kota maupun luar negeri. Apalagi jika pandai-pandai mengambil timing cuti, bakalan lebih panjang deh liburannya. Berikut ini jadwal libur di tahun 2016.

Ilustrasi [image source]
Ilustrasi [image source]
Libur panjang pertama sudah menunggu traveler di bulan Februari, tepatnya pada tanggal enam yang merupakan hari Sabtu dan dilanjutkan hingga Senin, 8 Februari yang merupakan Hari Raya Imlek. Waktu ini cukup panjang untuk kamu gunakan liburan ke luar kota. Pada perayaan Imlek daerah Singkawang di kalimantan Barat pasti akan ramai dikunjungi dan layak untuk kamu jadikan destinasi vakansi.

Sebulan setelahnya yaitu pada bulan Maret ada lagi libur panjang yang berlangsung dari tanggal 25-27 Maret. Hari libur nasional berupa Wafatnya Isa Al-Masih jatuh pada Jumat, 25 Maret 2016 dan langsung berhadapan dengan akhir pekan Sabtu dan Minggu dimana kebanyakan kantor juga libur.

Bulan Mei menghasilkan “double combo” liburan super panjang. Tanggal 5 Mei atau hari Kamis adalah libur Kenaikan Al-Masih, sehari setelahnya atau Jumat, 6 Mei 2016 yang merupakan Isra-Miraj Nabi Muhammad bergandengan dengan akhir pekan Sabtu dan Minggu menelurkan hari libur yang super panjang. Traveling luar kota hingga luar negeri bisa dilakukan pada waktu ini. Di bawah ini kalender liburan dan cuti di tahun 2016 yang bisa kamu jadikan rujukan.

Kalender Liburan tahun 2016 [image source]
Kalender Liburan tahun 2016 [image source]
Kalau mau libur yang panjangnya keterlaluan, tunggu hingga bulan Juli. Waktu itu akan tersedia 9 hari libur termasuk 3 hari cuti bersama yang merupakan libur Lebaran. Praktis libur Lebaran akan berlangsung mulai tanggal 2-10 Juli 2016. Long weekend lainnya ada pada tanggal 12 September dan 12 Desember yang masing-masing merupakan hari Raya Kurban dan Maulid Nabi Muhammad. Terakhir masih ada libur Natal yang jatuh pada hari Minggu dan pemerintah menetapkan hari Seninnya digunakan untuk cuti bersama.