Sepoi Angin dan Kesegaran Aek Sijorni, Oase di Tapanuli Selatan

Membicarakan bagian utara Pulau Sumatera tak melulu tentang Aceh, provinsi yang sedang bangkit setelah dilanda Tsunami pada tahun 2004. Namun, Sumatera Utara juga pantas untuk mendapat sorotan, terutama dalam bidang pariwisata. Di dalamnya terdapat banyak potensi yang patut untuk diangkat. Salah satunya adalah Aek Sijorni, air terjun indah di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Air Terjun Eksotik yang Dikelilingi Pohon Kelapa

Pepohonan kelapa yang rimbung [image source]
Jatuhan airnya tak terlalu tinggi, hanya memiliki sekitar 10 meter. Namun masalah keindahan tak perlu ditanyakan lagi. Tingkatan air terjun mungil serta batuan serupa bukit kecil di tempat ini akan membuat terpesona, atau bahkan enggan pulang. Angin di Aek Sijorni berhembus sepoi-sepoi, karena sekelilingnya dipenuhi dengan pepohonan kelapa yang menjulang.

Dari bagian atas air terjun [image source]

Dua Aliran Jeram yang Berbeda

Aliran air terjun [image source]
Objek wisata Tapanuli Selatan ini juga memiliki dua jeram yang berbeda arah. Sisi kiri dibiarkan jatuh untuk mengaliri parit-parit kecil. Sedangkan bagian kanan dijadikan taman bermain dengan fasilitas kolam ukuran cukup besar. Kamu bisa berenang dengan santai karena gerojokannya pun tak berbentuk vertikal seperti air terjun pada umumnya.

Aek Sijorni [image source]

Anak Kecil Juga Dapat Bersenang-senang

Kolam untuk anak-anak [image source]
Aek Sijorni juga memiliki dua kolam, untuk orang dewasa dan anak-anak. Kolam dewasa memiliki kedalaman sekitar 2 meter sehingga kamu dapat berenang sepuasnya, atau bahkan menaiki tingkatan-tingkatan air terjun. Sedangkan kolam anak hanya sedalam 1 meter. Cukup aman untuk bermain dengan buah hati kan?

Lingkungan yang asri [image source]

Perosotan di Parit Kecil yang Berkelok-kelok

Di tepi air terjun pun juga terdapat pohon kelapa [image source]
Banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan di sini. Selain berenang, kamu juga bisa menjajal perosotan di parit kecil yang berkelok. Jangan lupa untuk menggunakan ban agar tetap aman. Setelah seru-seruan, isi perutmu dengan berkunjung ke kedai-kedai di pinggiran kolam. Jika ingin berhemat, boleh juga membawa bekal dari rumah.

Kolam yang aman untuk bermain air [image source]
Keindahan Aek Sijorni sangatlah mengagumkan. Meskipun jauh, setidaknya kamu harus berkunjung ke sini sekali seumur hidup. Bagaimana, kapan liburan ke destinasi keren di Tapanuli Selatan ini?

Tags
Aek Sijorni Air Terjun Indonesia Sumatera Utara Tapanuli Selatan Wisata Alam
Share