Ada Apa di Tasikmalaya? Kepo di Sini, Langsung Jatuh Cinta

Tasikmalaya? Ada apa ya? Rasanya jarang terbersit di benak orang-orang berkunjung ke Tasikmalaya untuk sekedar berwisata. Meski begitu, salah satu kota yang terletak di Jawa Barat  ini walaupun nggak begitu terkenal tapi ternyata menyimpan begitu banyak keindahan alam yang pasti bikin siapa saja jatuh cinta saat melihatnya.

Mulai dari wisata alam di dataran rendah seperti pantai hingga ke lereng gunung yang terkenal dengan curug indahnya, semua ada di Tasikmalaya. Nggak percaya? Coba deh simak beberapa daftar destinasi wisata indah di Tasikmalaya ini. Dijamin kamu langsung kepincut dan pengen segera kesini!

1. Situ Sanghyang

Situ Sanghyang [image source]

Situ Sanghyang atau dalam bahasa Indonesia berarti Danau Sanghyang ini terletak di Jalan Raya Cibalanarik, Cilolohan, Tanjungjaya, Tasikmalaya atau sekitar 25 kilometer dari Kota Tasikmalaya. Danau ini merupakan salah satu wisata alam yang potensial karena selain sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang, panorama di Situ Sanghyang juga masih terjaga keasliaannya. Jika datang kemari kamu bisa berkeliling danau sambil menikmati pemandangan dengan menggunakan perahu atau sepeda air, memancing, outbound, berkemah, atau sekedar bersantai di saung-saung yang telah diisediakan. Selain itu di sini juga terdapat makam Eyang Prabu Linggawastu, pengunjung yang datang biasanya sekaligus melakukan ziarah. Fasilitas lainnya seperti area parkir,  panggung kesenian, musholla dan warung makan sudah tersedia di sini sehingga objek wisata ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata saat liburan bersama keluarga.

2. Curug Ciparay

Curug Ciparay [image source]
Daerah Jawa Barat memang terkenal memiliki banyak wisata alam berupa curug atau air terjun yang indah. Salah satunya berada di kaki Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari yang bernama Curug Ciparay. Secara Administratif Curug Ciparay terletak di Dusun Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan debit air yang deras. Meski jalan menuju Curug Ciparay terbilang cukup terjal, namun ras lelahmu dijamin akan segera sirna setelah sampai di sini.

3. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta [image source]

Tasikmalaya nggak cuma punya curug dan situ aja sebagai destinasi wisata alam favorit warga. Di sini juga ada Pantai Sindangkerta yang nggak kalah hitsnya. Pantai ini berada di Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah atau sekitar 78 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya. Uniknya di pantai ini jarak ombak dan pantai cukup jauh sehingga pengunjung bisa bermain air dan berenang di dekat pantai. Air lautnya jernih, panorama yang indah, serta suasana pantai yang tidak terlalu ramai membuat Pantai Sindangkerta sangat cocok dijadikan destinasi wisata penghilang penat di akhir pekan.

4. Karaha Bodas

Karaha Bodaas [image source]

Karaha Bodas sebenarnya bukanlah sebuah objek wisata melainkan sebuah kawah yang terdiri  dari batuan yang dihasilkan dari gunung api muda. Namun karena keindahannya, tempat ini seringkali dikunjungi masyarakat terutama anak muda yang ingin berfoto ria sambil menikmati panorama di sekitar kawasan ini. Selain kawah yang sebenarnya bisa dijadikan tempat wana wisata dan geowisata, di kawasan Karaha Bodas juga ada hutan pinus yang cocok dijadikan tempat outbound maupun camping. Tapi karena kurang dilirik oleh pemerintah, kawasan ini hanya menjadi tujuan wisata bagi mereka yang sudah tau akan keindahannya saja.

5. Curug Cibadak

Curug Cibadak [image source]

Curug yang berada di kaki Gunung Galunggung Tasikmalaya ini secara administratif terletak di Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. Untuk dapat sampai di curug ini hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua karena jalan yang sempit dan sebelum sampai di lokasi pengunjung akan melewati sisi jurang yang lumayan dalam. Sebelum sampai di Curug Cibadak, terdapat sebuah curug bernama Curug Gado Bangkong, Pengunjung biasanya mampir kesini terlebih dahulu dan berfoto ria baru kemudian melanjutkan perjalanan kembali dengan berjalan kaki sekitar 10 menit hingga sampaai ke Curug Cibadak. Bagi para pecinta wisata alam, curug ini merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi karena panoramanya yang indah, airnya yang jernih serta kawasan yang masih asri.

6. Situ Gede

Situ Gede [image source]

Selain Situ Sanghyang di Tasikmalaya juga terdapat Situ Gede atau yang lebih sering disebut Situ Ageng oleh warga sekitar. Danau yang memiliki luas sekitar 47 hektar dengan kedalaman 1,5 sampai 6 meter ini cocok dijadikan destinasi wisata bagi siapa saja yang ingin lari sejenak dari hiruk pikuk kehidupan di kota. Jika ingin berkeliling menikmati keindahan danau, kamu bisa menyewa rakit yang disediakan warga sekitar. Di tengah danau terdapat sebuah pulau tempat makam Eyang Prabudilaya berada. Jika ingin berziarah kamu bisa mampir sebentar di sana. Selain menikmati keindahan danau yang masih alami, pengunjung juga bisa memancing ikan atau menyantap sajian ikan yang dijajakan di warung-warung sekitar danau.

7. Curug Cimedang

Curug Cimedang [image source]

Nama Curug Cimedang berasal dari nama aliran sungai yang mengalir menuju curug ini. Curug Cimedang terletak di kampung Malaganti desa Raharja, kecamatan Sariwangi atau sekitar 1 jam dari Kota Tasikmalaya. Buat kamu yang suka berenang dan bermain air, curug ini cocok dimasukkan ke dalam list tujuan wisatamu karena di curug yang hanya memiliki tinggi 5 meter ini terdapat kolam dengan air yang jernih berukuran lebar sekitar 10 meter serta kedalaman 1,5 meter. So, aman banget buat main seseruan bareng teman-teman. Kawasannya yang teduh dan asri dijamin bikin kamu betah main di sini.

8. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan [image source]

Pantai Karang Tawulan termasuk salah satu pantai hits di Tasikmalaya. Pantai berombak ini terletak di Desa Kalapagenep, Kecamatan Cikalong atau sekitar 90 kilometer dari Kabupaten Tasikmalaya . Sesuai dengan namanya, sepanjang garis pantai terdapat batu karang besar yang menghiasi bibir pantai. Panorama pantai ini akan terlihat sangat indah jika kita berdiri di atas bukit karang yang ada di tepi pantai. Birunya laut yang luas dengan suara deburan ombak yang menghantam karang membuat hati terasa tenang.

Well, inilah delapan destinasi wisata alam dengan panoramanya yang indah di Tasikmalaya. Segera ajak teman-temanmu dan tentukan tanggalnya karena sebentar lagi libur telah tiba!

Tags
Air Terjun Indonesia Jawa Barat Tasikmalaya
Share