Acara di Bali 2019, Catat Keseruan di Pulau Dewata Hingga Pertengahan Tahun!

Advertisement

Kita tidak butuh alasan untuk pergi berlibur ke Bali. Setuju? Namun, rangkaian acara di Bali 2019 hingga pertengahan tahun ini bisa membuat agenda liburan menjadi lebih seru. Apa saja acara yang sayang untuk dilewatkan?! Berikut pilihannya!

Bali Spirit Festival (24-31 Maret 2019)

Yoga di Bali Spirit Festival via Instagram/ambient.architects

Selama kurang lebih satu minggu, Teman Traveler dan peserta yang mengikuti festival ini akan diajak melakukan hal-hal seru. Meliputi meditasi, yoga, tari, seni bela diri, lokakarya, seminar, healing, dharma fair, acara musik dan lainnya.

Disebut-sebut bahwa ia merupakan festival yoga paling inspiratif di dunia. Peserta yang mengikuti acara ini pun datang dari berbagai negara.

Gianyar Art & Culture Festival (10-19 April 2019)

Festival Unggulan Gianyar via Instagram/komangkrisna99

Festival ini berpusat di Gianyar. Ia menjadi salah satu upaya untuk mempromosikan Kabupaten Gianyar kepada para wisatawan. Sesuai namanya, konsep dari festival ini adalah menampilkan berbagai produk kesenian tradisional Bali, mulai dari musik, kostum, makanan serta budaya unik di Gianyar.

Ubud Food Festival (26-28 April 2019)

Ubud Food Festival, Tempat Kumpulnya Pecinta Kuliner via Instagram/liz.and.dav.travel

Teman Traveler pecinta kuliner? Acara di Bali 2019 bertema Ubud Food Festival adalah agenda yang tepat! Digelar selama dua hari, festival ini menjadi ajang berkumpulnya para pelaku industri kuliner. Seperti pemilik restoran, koki, hingga food photographers.

Tema festival untuk tahun ini adalah Spice Up the World. Issue dan bahasan mengenai gastronomi akan turut diangkat lho! Tertarik?

Semarapura Festival (28 April-2 Mei 2019)

Festival Semarapura yang Semarak Setiap Tahunnya via Instagram/wisurya_event

Festival Semarapura dilaksanakan berbarengan dengan perayaan HUT Kota Semarapura dan Hari Puputan Klungkung. Selain merupakan bagian dari perayaan, festival ini bertujuan untuk mengenalkan budaya serta pariwisata di Kabupaten Klungkung.

Keseruan di festival ini bisa dinikmati dalam pertunjukan budaya, seni, kompetisi kuliner dan pameran usaha kecil. Agendakan!

Buleleng Art Festival (17-21 Mei 2019)

Cara Buleleng Mengenalkan Budayanya via Instagram/indiraystk

Buleleng Art Festival adalah serangkaian acara yang digelar dengan tujuan mengenalkan budaya serta pariwisata Buleleng pada para wisatawan. Sama seperti art festival di kabupaten lain di Bali. Berbagai pertunjukan kesenian serta budaya yang digelar akan jadi suguhan selama kurang lebih empat hari!

Festival Karangasem (Juni 2019)

Festival Karangasem via Instagram/jung_ajung

Warga Karangasem juga tidak ketinggalan membuat art festival serupa. Tujuannya masih sama, yakni bantu mengenalkan, menunjukkan dan memotivasi pertumbuhan budaya serta seni di lingkungan masyarakat Karangasem. Rangkaian acara pada art festival ini berisi festival kuliner dan pertunjukan budaya.

Bali Blues Festival (14-15 Juni 2019)

Penyelenggaraan Bali Blues Festival Tahun Lalu via Instagram/balibluesfestival

Berlangsung di Nusa Dua, Bali Blues Festival 2019 siap digelar selama dua hari. Acara di Bali 2019 ini sekaligus merupakan festival blues pertama dan terbesar di Indonesia. Para pecinta musik blues siap-siap dimanjakan dengan penampilan para musisi blues dari Indonesia dan luar negeri ya! Catat tanggalnya!

Bali Art Festival (16 Juni-14 Juli 2019)

Salah Satu Penampil di Bali Art Festival via Instagram/gstaytyass

Bali Art Festival pertama kali digelar pada 1979 lalu. Tujuannya adalah untuk melestarikan seni musik dan sastra Bali. Namun, Bali Art Festival kini telah menjelma jadi sebuah ajang kreatif yang turut menggabungkan seni internasional dalam bentuk parade, pameran dan lokakarya. Acara ini jadi salah satu event budaya di Bali yang menarik!

Tenganan Pengringsingan Festival (24-25 Juni 2019)

Mekare-kare Festival yang Menegangkan via Instagram/erick_photo15

Tenganan Pengringsingan Festival dikenal juga dengan nama Mekare-kare. Merupakan tradisi tahunan yang sudah berlangsung sejak lama. Festival ini didedikasikan untuk Dewa Indra, Dewa Perang dan Langit Hindu.

Disebut Juga Perang Pandan via Instagram/nd.punya.foto

Tenganan Pengringsingan Festival berlangsung dengan menampilkan duel persahabatan antara penduduk desa laki-laki. Senjata yang digunakan adalah perisai rotan kecil dan daun pandan berduri. Meski menegangkan, salah satu acara di Bali 2019 yang juga rutin dilaksanakan setiap tahun ini selalu jadi atraksi menarik!

Twin Lake Festival (3-6 Juli 2019)

Twin Lake Festival via Instagram/resnadiasa

Twin Lake Festival digelar di Pura Ulun Danu Buyan dan Ulun Danu Tamblingan. Festival ini digelar sebagai upaya mengenalkan produk pertanian asli Buleleng. Di Twin Lake Festival, pengunjung bisa menikmati beragam produk laut dan buah-buahan lokal.

Rangkaian acara Twin Lake Festival dimeriahkan oleh Parade Bull Race, Kompetisi Gangsing dan pameran kerajinan tangan. Jangan dilewatkan!

Sanur Jazz Festival (4-6 Juli 2019)

Sanur Jazz Festival via Instagram/dindha_lee

Sanur Jazz Festival yang digelar selama dua hari pada pertengahan tahun mendatang merupakan acara yang dikembangkan untuk memfasilitasi para seniman dan musisi Jazz untuk berekspresi melalui musik. Ia sekaligus menjadi ajang ‘bertemunya’ para musisi dan penikmat musik Jazz.

Makepung (14 Juli 2019)

Makepung Festival, Agenda yang Nggak Boleh Dilewatkan via Instagram/merahsaga

Makepung merupakan tradisi unik dari Kabupaten Jembrana, Bali Barat. Atraksi utama dari festival ini adalah balapan kerbau di lintasan sepanjang 2 Km. Para petani dan kerbau mereka datang untuk berlomba demi kebangaan dan piala, bukan semata uang.

Bagaimana? Nggak ada salahnya untuk mulai mengagendakan berlibur ke Bali dari sekarang, kan? Rangkaian acara di Bali 2019 sayang untuk dilewatkan!

Advertisement
Tags
acara di bali 2019 Bali Indonesia wisata bali
Share