7 Pilihan Mudik Gratis Tahun 2016

Alfri

Alfri

On Ramadan

Tidak terasa bahwa bulan Ramadan telah melewati lebih dari setengah bulan dan itu artinya detik-detik lebaran semakin dekat. Banyak orang yang berebut tiket mudik bahkan sejak jauh-jauh hari sebelum puasa. Tak ketinggalan juga banyak perusahaan swasta hingga instansi pemerintahan menggelar mudik gratis yang banyak ditunggu-tunggu warga Indonesia.

Tahun ini banyak sekali perusahaan dan instansi pemerintah yang menggelar kembali kegiatan mudik gratis. Konsep yang mereka tawarkan bukan hanya menyediakan jasa angkutan penumpang secara cuma-cuma namun juga jasa angkut kendaraan pula. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir arus mudik motor yang cukup riskan. Berikut 7 pilihan mudik lebaran gratis tahun 2016.

1. Mudik Gratis Departemen Perhubungan

Departemen Perhubungan sejak tanggal 13 Mei telah membuka pendaftaran untuk mudik gratis yang melayani beberapa rute.Program ini terdiri dari mudik gratis menggunakan angkutan bus dan kereta api. Bukan hanya melayani jasa angkutan penumpang namun mudik gratis bersama Dephub ini juga menawarkan jasa angkutan motor ke berbagai wilayah di Pulau Jawa.

Bagi calon pemudik yang ingin menikmati fasilitas mudik gratis dari pemerintah via Departemen Perhubungan ini harus mendaftarkan diri secara online lewat situs resmi Dephub. Setelah it mengisi formulir yang disediakan dan mentaati segala syarat dan ketentuan yang dibebankan pada calon pemudik. Bukan hanya menyediakan fasilitas mudik saja, Dephub juga menyediakan fasilitas arus balik yang juga sama-sama gratis. Sebelumnya cek dulu ke situs Dephub untuk mengetahui kuotanya sudah penuh atau belum.

2. Mudik Bareng dengan Lelang Telkomsel POIN

Buat traveler pelanggan setia operator komunikasi Telkomsel bisa mengikuti program mudik gratis yang digagas oleh salah satu operator seluler terbesar di Indonesia ini. Program tersebut bertajuk mudik bareng dengan lelang Telkomsel Poin. Caranya calon pemudik harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengakses *700*123# lewat telepon seluler masing-masing.

Mudik Bareng dengan Lelang Telkomsel POIN [image source]
Mudik Bareng dengan Lelang Telkomsel POIN [image source]
Sebelum mengikuti program ini cek dulu jumlah poin yang kalian miliki. Umumnya poin didapatkan dari kegiatan isi pulsa dan lain sebagainya. Minimal poin untuk mengikuti lelang tiket mudik gratis ini adalah 10 poin dan kelipatannya. Syarat dan ketentuan lengkap bisa traveler baca di laman Telkomsel.com. Adapun pilihan transportasi yang ditawarkan oleh Telkomsel adalah via pesawat terbang dan kereta api. Untuk mudik menggunakan pesawat tujuannya adalah Jogja, Semarang dan Surabaya sedangkan kereta api hanya melayani tujuan Surabaya saja. Buruan ikuti lelangnya karena tiket mudik gratis ini jumlahnya terbatas.

3. Semarak Lebaran Mudik Gratis NU

Tidak hanya perusahaan telekomunikasi dan kantor milik pemerintah saja yang mengadakan mudik gratis ada pula organisasi Islam terbesar di Indonesia, NU yang juga menyelenggarakan program serupa. Mudik lebaran gratis bersama NU ini sedianya akan dilakukan pada tanggal 2 Juli 2016 yang memanfaatkan 50 armada bus. Dalam program ini NU menargetkan menjaring sekitar 2.500 pemudik.

Semarak Lebaran Mudik Gratis NU [image source]
Semarak Lebaran Mudik Gratis NU [image source]
Setiap calon pemudik yang ingin mudik bareng NU ini harus mengisi formulir pendaftaran yang disediakan di kantor PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta. Setiap calon pemudik juga diwajibkan untuk menyerahkan infak minimal Rp. 10.000 dengan tujuan sebagai pembelajaran agar masyarakat gemar berinfak dan bersadaqah. Hampir semua kota di jalur utara dan selatan Jawa dilalui mudik gratis ini mulai dari Cirebon hingga pulau Madura. Selain menyediakan program musik gratis NU juga menyediakan Posko Mudik Lebaran NU di 20 titik.

4. Mudik Gratis Jasa Raharja

Mudik gratis berikutnya diselenggarakan oleh Jasa Raharja. Hanya saja pendaftarannya sudah dibuka jauh hari sejak 3 Mei lalu via sms. Armada yang digunakan adalah bus yang melayani 40 rute diantaranya Bandar Lampung, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, Cilacap, Kebumen, Yogyakarta, Wonosari, Pacitan, Ponorogo, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Salatiga, Solo, Klaten, Wonogiri, Sragen, Ngawi, Madiun, Pasuruan, Blitar, Malang, Jepara, Tuban, Surabaya, Pati, Blora, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Purwokerto, Wonosobo, Magelang.

Mudik Gratis Jasa Raharja [image source]
Mudik Gratis Jasa Raharja [image source]
Informasi lebih lanjut traveler bisa mengunjungi website Jasa Raharja. Di situs tersebut dijelaskan secara detil proses pendaftaran, syarat dan ketentuan calon pemudik hingga jadwal pendaftaran baik lewat sms, online dan juga daftar manual.

5. Mudik Asyik 2016 Bersama Alfamart

Cukup menukarkan struk belanja di Alfamart traveler bisa mendapatkan tiket mudik gratis. Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi antara lain, struk belanja yang bisa ditukar adalah struk belanja dengan pembelian produk-produk P&G. Struk belanja senilai Rp. 150 ribu bisa ditukar dengan 2 tiket bus, Rp. 100 ribu untuk 1 tiket kereta api dan Rp. 300 ribu untuk 1 tiket pesawat terbang.

Mudik Asyik 2016 Bersama Alfamart [image source]
Mudik Asyik 2016 Bersama Alfamart [image source]
Kota-kota yang dituju dalam mudik gratis bersama Alfamart ini antara lain Semarang, Solo, Purwokerto, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Palembang dan Makassar. Adapun kuota tiket yang tersedia adalah 456 tiket kereta api, 102 tiket pesawat terbang dan 1782 tiket bus. Seperti apa proses dan ketentuan mengikuti program mudik gratis Alfamart ini bisa traveler baca dalam situs resmi Alfamart.

6. Mudik Kereta Api Gratis di Jawa Timur

Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Pt.Kereta Api Indonesia menyelenggarakan program mudik gratis tahun 2016. Beberapa kereta yang digunakan untuk angkutan lebaran gratis ini antara lain KA Dhoho rute Surabaya Blitar lewat Kertsono Kediri pp, KA Penataran Surabaya Blitar lewat Malang pp, KA KRD Kertosono Surabaya Kertosono pp, KA KRD Bojonegoro Sidoarjo Bojonegoro via Gubeng dan Pasarturi pp, KA Probowangi Surabaya Gubeng Banyuwangi, dan KA Tawang Alun Malang Banyuwangi.

Mudik Kereta Api Gratis di Jawa Timur [image source]
Mudik Kereta Api Gratis di Jawa Timur [image source]
Pelaksanaan mudik gratis ini akan mulai dilakukan pada tanggal 1-5 Juli 2016 sedangkan arus balik pada tanggal 8-12 Juli 2016. Tiket mudik kereta api gratis ini bisa dipesan H-7 sebelum pemberangkatan. Dalam kegiatan ini pemprov Jatim rencananya menyediakan 113.080 tiket gratis untuk penumpang diangkut dengan kereta api Ekonomi AC.

7. Mudik Gratis Masing-Masing Pemkab

Selain perusahaan besar dan instansi pemerintah di atas ada lagi program mudik dan balik gratis yang biasanya rutin diselenggarakan oleh pemkab setempat. Bukan rahasia lagi jika setiap tahun beberapa pemerintah kabupaten di Indonesia juga menyediakan angkutan mudik dan balik gratis.

Ilustrasi Mudik [image source]
Ilustrasi Mudik [image source]
Informasi ini biasanya tidak tersebar secara luas lewat internet namun cukup mudah diketahui oleh penduduk setempat. Calon pemudik atau warga yang mau mendapatkan angkutan gratis saat balik, bisa mencari informasi dari sanak saudara yang berada di kampung. Umumnya informasi seperti ini cukup cepat menyebar dan bisa ditemui di papan-papan reklame di dalam kota.