Bukan Hanya Debus, Banten Ternyata Punya 4 Pulau Tersembunyi di Sekitar Pandeglang

Siapa yang tak kenal Pandeglang, kota ikonik di provinsi Banten yang merupakan tempat lahirnya seni bela diri Debus. Bukan hanya kebudayaannya yang kaya, kota cantik ini juga punya pesona alam yang spektakuler, di antaranya 4 surga tersembunyi ini. Penasaran apa saja? Yuk simak hasil jalan-jalan Travelingyuk berikut!

Pulau Dua

Pulau Dua via Shutterstock

Pulau Dua atau Pulau Burung berada pada Kota Serang Banten ini sebagai tempat konservasi burung, maka dari itu disebut Pulau Burung. Burung-burung ini bermigrasi dari wilayah yang sedang musim dingin ke daerah pantai.

Sekitar Bulan Maret hingga Juni, sekitar 10 ribu burung dari 108 jenis berkumpul di Pulau Dua untuk singgah dan berkembang biak. Teman Traveler ingin mengamati Burung-burung ini? Di sini ada menara pandang memang di bangun untuk melihat-lihat burung.

Pulau Umang

Pulau Umang via Instagram anastasiayulia

Lokasi pulau umang ini berada di Kecamatan Sumur Banten. Pemandangan yang indah dan juga terdapat cottage berbentuk cangkang hewan umang-umang ini menjadi ciri khas. Cocok untuk Teman Traveler yang merencanakan lebih lama di Pulau Umang.

Wisata yang bisa dinikmati adalah snorkeling, banana boat, bermain jet ski atau bisa juga hanya duduk-duduk di pimggiran pantai. Pemandangan yang terlihat yaitu pantainya berpasir putih, air laut yang jernih kebiruan, Teman Traveler tidak akan merasa jenuh Bahkan karena air laut yang sangat jernih, ikan-ikan kecil sering terlihat berenang.

Pulau Peucang

Pulau Peucang via Instagram deenataliaa

Pulau yang pernah dianugerahi oleh UNESCO sebagai situs alam warisan dunia karena keanekaragaman flora dan faunanya. Pulau yang berlokasi di Selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang. Nama peucang sendiri berasal dari jenis siput yang ada di daerah ini.

Wisata yang wajib di datangi adalah Karang Copong, tempat yang cocok unuk melihat sunrise. Daerah yang masih kawasan Taman Nasional Ujung Kulon menjadi keuntungan sendiri dapat melihat beberapa binatang seperti kijang dan babi hutan sedang bermain-main di pantai.

Pulau Badul

Pulau Badul via Instagram visitpandeglang

Pulau yang sempat mengalami bencana tsunami ini terletak di Taman Nasional Ujungkulon, Sumur Pandeglang Banten. Pulau yang memiliki hamparan pasir putih dengan serpihan kristal karang dan tak berpenghuni. Tidak memiliki area yang luas tetapi pemandangan yang di suguhkan sangat indah.

Kesenian Debus

Kesenian Debus via Shutterstock

Teman Traveler jangan lupa melihat Kesenian Tradisonal Debus. Kesenian yang berfungsi sebagai penyebaran agama Islam. Para pemain debus terdiri dari syekh sebagai pemimpin permainan, beberapa orang pezikir, pemain dan penabuh gendang.

Permainan ini biasanya dilaksanakan saat ada acara yang melibatkan banyak orang. Diawali dengan beberapa lagu tradisional sebagai pembuka, pembacaan dzikir dan macapat yang berisi pujian-pujian Kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Tujuannya agar mendapat keselamatan selama permainan debus.

Selanjutnya pemain melakukan debus, menusuk-nusukan senjata tajam ke anggota badan, memotong dan memecahkan kelapa memakai kepala. Jika salah satu pemain cidera, syeh akan langsung menyembuhkan dengan membaca mantra.

Demikian ulasan pulau-pulau yang ada di Banten, sekitar pandeglang. Jangan lupa Teman Traveler untuk berkunjung ke wisata alam serta Kesenian Tradisional Debus.

Tags
Banten Budaya Indonesia
Share