4 Kota dengan Drainase Terbaik, Surabaya Cuma Butuh 3 Jam Surutkan Banjir

Banjir merupakan hal yang kerap kali terjadi yang salah satunya disebabkan oleh intensitas air hujan yang turun bercurah tinggi. Beberapa kota kerap menjadi langganan banjir namun kota tersebut juga telah mengantisipasi terjadinya bencana tersebut. Salah satu cara untuk mencegah banjir selain tidak membuang sampah pada tempatnya, pembuatan dan pengelolaan drainase menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menangani banjir.

1. Tokyo, Jepang

Metropolitan Area Outer Underground Discharge via Instagram @keita0801

Jepang merupakan salah satu Negara yang menjadi destinasi bagi manajemen risiko dan para ahli bencana. Beberapa tempat di Negeri Matahari Terbit itu kerap kali mengalami bencana seperti gempa bumi dan juga banjir. Bergai macam cara telah dilakukan Jepang untuk mengantisipasi terjadinya bencana. Contohnya saja banjir. Bencana ini diatasi dengan dibangunnya gorong-gorong dan katedral yang canggih di bawah tanah. Tentu saja katedral ini tidak digunakan untuk beribadah, melainkan hanya bangunannya tampak seperti katedral. Fasilitas yang dimiliki oleh katedral ini ialah memungkinkan air untuk berpindah sebanyak 200 ton tiap detiknya. Pasti banjirnya cepat surut ya Teman Traveler.

2. London, Inggris

London via Instagram @londonuk

London, kota yang memiliki julukan The Smoke ini juga kerap kali dihampiri bencana alam seperti banjir. Selain merendam berbagai insfrastruktur kota, banjir juga merendam sejumlah rumah. Masalah utama yang kerap kali menjadi penyebab terjadinya banjir adalah meluapnya sungai Thames. Banjir ini kerap kali menjadi masalah. Oleh karena itu banjir menjadi salah satu perhatian pemerintah dalam mengantisipasi banjir dengan membuat Terowongan Tames Thames. Jika terjadi banji berikutnya, London sudah siang siaga ya Teman Traveler.

3. Surabaya, Indonesia

Surabaya via Instagram @surabaya_rek

Berbagai kota di Indonesia menjadi langganan banjir. Salah satu tempat yang baru-baru ini dilanda banjir adalah Surabaya yang disebabkan oleh hujan deras yang melanda Ibu Kota Jawa Timur itu. Tinggi banjir di beberapa tempat mencapai 1,5 meter. Tapi ada hal yang menarik dari bajir Surabaya ini Teman Traveler. Hanya dalam waktu 3 jam, banjir yang menggenangi kota ini surut lebih cepat dikarenakan Surabaya telah memakai box culvert sebagai drainasenya

4. Singapura

Singapura via Instagram @roteiroviagem

Singapura, salah satu Negara Maju yang dekat dengan Indonesia ini juga pernah terjadi banjir. Bencana yang satu ini di atasi oleh Pemerintah Singapura dengan cara menerapkan konsep naturalisasi. Banjir di pulau bekas koloni Inggris itu kini telah tertangani. Naturalisasi yang diterapkan adalah dengan melakukan perubahan kanal-kanal beton menjadi sungai alami.

Tags
atasibanjir Drainase jepang London Singapura
Share