3 Pemandangan Dunia Lain di Timur Tengah

no image available

no image available

Daerah Timur Tengah tidak hanya identik dengan padang pasir yang tandus saja. Nyatanya masih banyak tempat tersembunyi yang belum terendus radar traveler. Tempat-tempat tersebut umumnya memiliki keunikan tersendiri dan terlihat lebih mirip dengan daratan di dunia lain ketimbang lanskap bumi.

Baca Juga :10 Tempat Wisata Kabupaten Sumbawa, Referensi Tujuan Berlibur yang Mendunia

Banyak tempat-tempat di Timur Tengah yang masih jarang dikunjungi wisatawan padahal jika dibandingkan dengan destinasi wisata alam di belahan bumi lain, pemandangan di daerah ini lebih menakjubkan. Bukan tampilan surga yang dipertontonkan melainkan bentang alam yang mirip dengan planet lain. Traveler yang berkunjung akan merasa terasing. Inilah pemandangan dunia lain di Timur Tengah.

1. Pulau Socotra, Yaman

Sebagian besar wisatawan tidak asing dengan pulau Galapagos di Ekuador, pulau terisolir yang memiliki banyak tanaman dan hewan endemik yang langka. Namun belum banyak yang tahu jika di Timur Tengah tepatnya di negara Yaman juga ada pulau primitif yang terisolir bernama Socotra. Pulau ini bisa dijangkau dengan naik pesawat selama 2 jam dari ibukota Yaman, Sana’a.

Pulau Socotra dikenal sebagai pulau yang terisolasi sehingga proses seleksi alam dan evolusi sangat lambat terjadi di dalamnya. Hasilnya di pulau ini banyak ditemukan tanaman dan hewan endemik yang sangat langka. Bentang alam dan bentuk tanaman serta hewan yang ada di pulau ini tidak akan ditemukan di belahan bumi manapun.

View this post on Instagram

Yemen!! But im not here ? Struggling to finish my goal….. Yemen is 1 of my last 4 countries, and it's so sad what's happening in the country right now. I'm making progress with my Saudi visa, which leaves me with only Yemen as a tricky one to get to, so is there anyone here who can help me get to Yemen in the next few months? (I know it's dangerous, and I know I'm an idiot, but when I set a goal, nothing is stopping me!) I wanted to visit Socotra, but the flights are cancelled so it's no go, which means probably entering from Oman, overland. So I need help with the visa, and then also help on the ground to get from Oman to Yemen. A big request, and a huuuuge longshot, but i'm struggling :S Thanks everyone ? The pics are Socotra btw, how gorgeous is this place? It's an island off the coast of Somalia, but it belongs to Yemen, super safe but impossible to get to right now. #everycountryintheworld #yemen #socotra

A post shared by JOHNNY WARD (@onestep4ward) on

Pulau Socotra diisi oleh sekitar 825 spesies tumbuhan sangat langka. Salah satu yang paling unik adalah pohon dengan dahan menghadap ke atas dan daunnya yang hanya tumbuh di ujung dahan sehingga terlihat seperti payung. Jenis pohon seperti ini sering kita lihat untuk menggambarkan kondisi di planet lain.

Meski lokasinya terpencil dan sulit untuk diakses namun ada saja wisatawan yang berminat datang ke Pulau Socotra. Tingginya minat wisatawan ini membuka peluang bagi dunia usaha jasa traveling untuk membuat paket tur ke sana. Beberapa agen traveling yang membuat paket liburan ke Socotra antara lain Socotra Dream, Socotra Eco Tours, AL-Hamed Toursim Agency dan Socotra Island Holidays and Tours.

2. Kawah Amguid, Aljazair

Coba tonton dulu video di bawah ini. Video tersebut bukanlah film dokumenter yang dibuat oleh NASA di planet Mars lho melainkan sebuah tempat terpencil yang ada di planet Bumi. Namanya adalah Kawah Amguid, sebuah kawah bekas hantaman meteor yang diperkirakan terjadi pada 100 ribu tahun yang lalu. Kawah yang berbentuk bulat hampir sempurna ini berada di kawasan terpencil dari Gurun Sahara di sisi sebelah selatan.

Kawah ini berada jauh dari permukiman penduduk, kota terdekatnya saja yang bernama Tamanrasset berjarak sekitar 263 kilometer. Kawah Amguid punya ukuran diameter 530 meter dengan komposisi lumpur eolian di tengahnya dan batuan pasir di bibir kawah. Pertama kali kawah ini ditemukan oleh penjelajah asal prancis bernama Roman Karpoff di tahun 1953. Butuh waktu berjam-jam berkendara mobil bagi wisatawan yang mau melihat dari dekat penampakan kawah ini. Maka dari itu tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke lokasi.

3. Badab-e Surt, Iran

Kawasan Timur Tengah yang terakhir dan juga memiliki lanskap alam seperti di dunia lain adalah Badab-e Surt. Badab-e Surt adalah daerah berbentuk terasiring yang berada di desa Orost, provinsi Mazandaran, negara Iran. Terasiring ini terlihat seperti sawah yang ada di Bali namun bukan padi yang terlihat di sana melainkan batuan cadas nan gersang serta terdapat kolam air yang mengisi.

Terasiring Badab-e Surt memiliki rupa yang berwarna-warni seperti merah, kuning, hijau dan biru. Sepintas fenomena alam ini mirip seperti Pamukkale di Turki. Kolam yang mengisi kawasan terasiring tersebut mengandung mineral yang mengalami pengendapan selama ribuan tahun hingga akhirnya terciptalah bentuk terasiring.

Baca Juga :Menjelajahi 10 Tempat Wisata Andalan Kabupaten Lampung Selatan

Terdapat dua sumber air panas di Badab-e Surt dengan kandungan mineral yang sangat tinggi. Warga setempat mempercayai bahwa salah satu sumber air panas di sana memiliki khasiat dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Beberapa operator tur yang bersedia mengantar traveler mengunjungi Badab-e Surt adalah HiPersia, Iran Tours dan Arasbaran.

Tags
Badab-e Surt Kawah Amguid Pulau Socotra
Share