10 Tempat Wisata di Kabupaten Karimun Indah Nan Eksotis

Advertisement

Karimun yang dimaksud di sini bukan Karimunjawa yang ada di Jepara ya, melainkan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Kepulauan Riau. Secara geografis wilayah kabupaten ini berada di jalur lalu lintas perdagangan dunia Selat Malaka yang persis berada di tenggara Singapura.

Kabupaten Karimun terdiri dari 198 pulau dimana hanya 67 pulau saja yang berpenghuni. Kekuatan utama pergerakan roda ekonomi di daerah ini ditopang oleh sektor pariwisata. Yang mana di sana traveler akan disambut oleh banyak pantai cantik, pulau eksotik serta bangunan historik. Berikut pilihan tempat wisata di Kabupaten Karimun yang sudah menanti untuk dikunjungi.

1. Pantai Pelawan, Wisata Pantai Dengan Pemandangan Menawan

Pantai Pelawan adalah tempat wisata yang terletak di Pangke, Meral, Tanjung Balai Karimun. Pantai ini adalah salah satu pantai yang berada di ibukota kabupaten Karimun. Traveler yang berkunjung ke Pantai Pelawan akan disuguhi lanskap pantai berpasir putih dengan sudut-sudut yang dipenuhi formasi batu granit.

Pantai Pelawan [image source]
Pantai Pelawan [image source]
Pantai Pelawan terkenal memiliki ombak yang relatif besar. Lokasinya juga sangat strategis karena berada di Free Trade Zone atau zona perdagangan bebas antara Batam-Bintan dan Karimun. Pada hari libur pantai ini akan ramai dikunjungi wisatawan baik warga lokal Karimun hingga wisatawan asing dari Singapura.

2. Pantai Pongkar, Tempat Wisata Favorit Penduduk Lokal

Mengunjungi pantai Pongkar saat musim liburan memberikan pengalaman yang menyenangkan sebab di pantai ini traveler bisa membaur dengan penduduk lokal yang memang menjadikan pantai ini sebagai tempat wisata favorit mereka disamping pantai Pelawan di Meral.

Pantai Pongkar [image source]
Pantai Pongkar [image source]
Pantai Pongkar berada di wilayah administratif desa Pongkar, kecamatan Tebing, kabupaten Karimun. Pantai ini merupakan bagian dari Selat Malaka yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Pun demikian kondisi Pantai Pongkar relatif lebih landai lantaran di tengah laut terdapat Pulau Karimun Anak dan Takong Hiu sehingga sanggup meredam ganasnya ombak Selat Malaka.

3. Tidak Jauh dari Pantai Pongkar Terdapat Air Terjun Pongkar

Traveler yang berlibur ke Pantai Pongkar memiliki pilihan lain jika sudah puas main-main dengan ombak laut. Salah satu pilihannya adalah dengan mengunjungi Air Terjun Pongkar yang letaknya tidak jauh dari pantai. Air terjun ini berada tepat di kaki Gunung Jantan di desa Pongkar.

Air Terjun Pongkar [image source]
Air Terjun Pongkar [image source]
Air Terjun Pongkar hadir untuk mengakomodir traveler yang hobi dengan petualangan. Sebelum tiba di spot utama, setiap traveler wajib hiking menjelajahi perbukitan, menyusuri sungai kecil dan membelah hutan. Air Terjun Pongkar tidak terlalu besar dan airnya tidak deras sehingga hanya terlihat seperti air yang mengalir menuruni bukit batu. Di bawah air terjun terdapat kolam yang digunakan untuk sarana pemandian.

4. Coastal Area Tanjung Balai Karimun, Tempat Nongkrong Hits di Karimun

Jika memutuskan bermalam di Karimun lebih baik pilih penginapan di dekat pelabuhan Karimun yang ada di ibukota kabupaten. Mengapa? Kawasan itu sangat strategis dan dekat dengan pusat keramaian salah satunya yang terkenal adalah Coastal Area Tanjung Balai Karimun sebuah kawasan terpadu yang berada di pesisir pantai.

Coastal Area Tanjung Balai Karimun [image source]
Coastal Area Tanjung Balai Karimun [image source]
Di Coastal Area Tanjung Balai Karimun traveler bisa menemukan banyak fasilitas seperti pusat perbelanjaan, rumah makan, wahana permainan anak dan pastinya adalah pusatnya anak muda Karimun nongkrong. Pemandangan di sekitar tempat ini memang sangat keren. Kalau mau menyaksikan suasana pantai yang eksotik tinggal jalan deh ke Pantai Gloria.

5. Makam Sibadang, Tujuan Wisata Ziarah

Kabupaten Karimun memiliki rekomendasi wisata ziarah ke Makam Badang. Makam ini banyak dikunjungi peziarah lantaran jasad yang terkubur di dalamnya dianggap sebagai seorang tokoh terkenal di wilayah tersebut.

Makam Sibadang [image source]
Makam Sibadang [image source]
Adalah seorang hulubalang Kerajaan Riau-Lingga bernama Badang. Ia adalah seorang yang sakti mandraguna dan sangat berjasa dalam menumpas perompak yang kerap mengacau di daerah kekuasaan kerajaan Riau-Lingga. Makam Badang ini kemudian dikeramatkan oleh warga sebagai tempat ziarah hingga ngalap berkah. Ukuran makam ini pun tidak biasa karena panjangnya di atas rata-rata.

6. Gunung Jantan, Menakhlukkan Titik Tertinggi Karimun

Spot Gunung Jantan ini paling pas untuk dikunjungi bersamaan dengan Pantai Pongkar dan Air Terjun Pongkar. Ketiga tempat tersebut berada di wilayah yang sama yakni desa Pongkar. Dikaki gunung Jantan ini pula lah air terjun Pongkar yang terkenal dengan pemandiannya berada.

Gunung Jantan [image source]
Gunung Jantan [image source]
Gunung Jantan adalah titik tertinggi di Kabupaten Karimun. Dari puncaknya traveler bisa menyaksikan hilir mudik kapal feri yang membawa penumpang dari dan menuju ke Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Lanskap kota Tanjung Balai Karimun secara menyeluruh juga bisa dilihat dari puncak Gunung Jantan ini.

7. Masjid Agung Karimun, Tujuan Wisata Religi

Jangan melewatkan Masjid Agung Karimun sebagai tujuan wisata religi. Masjid yang terletak di kecamatan Meral ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan rumah ibadah bagi warga Karimun sekaligus menjadi tujuan wisata religi buat para wisatawan.

Masjid Agung Karimun [image source]
Masjid Agung Karimun [image source]
Masjid Agung Karimun memiliki arsitektur yang menarik dengan cat warna hijau dan biru yang mendominasi. Di harapkan ke depan masjid ini menjadi pusat kegiatan agama Islam dalam hal pendidikan, sosial, ukhuwah, budaya maupun syi’ar bahkan bisa dijadikan sebagai tujuan wisata religi yang representatif.

8. Pantai Telunas, Hadir Untuk Traveler yang Hobi Liburan di Resor Berkelas

Sebagian besar potensi wisata di kabupaten Karimun memang belum maksimal di garap. Namun jika mencari tujuan wisata yang lengkap dengan resor mewah di sana pilihannya bisa dijatuhkan pada Pantai Telunas. Pantai ini berada di Pulau Sugi, Moro yang bisa ditempuh selama 60 menit dari ibukota kabupaten Tanjung Balai Karimun menggunakan perahu.

Destinasi paling terkenal di Pantai Telunas adalah Telunas Beach Resort yang menawarkan penginapan apung. Hampir keseluruhan resort ini dibangun di atas laut sehingga tamu yang menginap sudah seperti liburan di Maladewa saja. Semua bangunan dibuat dari material ramah lingkungan. Jadi ini adalah pilihan tempat liburan yang tepat buat yang cinta dengan alam.

9. Pantai Gading, Pantai Berbatu yang Menyimpan Tangga Misterius

Pantai Gading juga layak untuk dikunjungi. Pantai ini berada di Tanjungbatu, kecamatan Kundur, Pulau Kundur. Pantainya memiliki karakteristik yang berbeda dari pantai kebanyakan. Pantai Gading didominasi oleh bebatuan di pesisirnya dan hanya sebagian kecil saja yang nampak pasir putih.

Pantai Gading [image source]
Pantai Gading [image source]
Selain itu tidak jauh dari Pantai Gading terdapat sebuah tangga kuno yang mengarahkan traveler pada makam-makam tua. Inilah tangga yang disebut-sebut misterius oleh warga setempat. Pasalnya jumlah anak tangga ini berubah-ubah, kabarnya saat naik jika dihitung jumlah tangganya ada 60 namun saat turun jumlahnya bisa mencapai 65. Karena keanehannya, banyak wisatawan yang datang ke Pantai Gading penasaran untuk membuktikan keanehan tangga tersebut.

10. Pantai Batu Limau, Pantai Penuh Batuan Unik

Pantai Batu Limau adalah satu dari sedikit pantai yang punya lanskap unik serta kisah yang melegenda. Pantai ini bisa traveler jumpai di desa Batu Limau, kecamatan Ungar, kabupaten Karimun. Keunikan pantai ini terletak pada formasi bebatuannya yang ada di pinggir pantai yang banyak menyerupai benda aslinya.

Pantai Batu Limau [image source]
Pantai Batu Limau [image source]
Salah satu yang ikonik adalah keberadaan batu berbentuk limau (sejenis buah jeruk). Setiap batu yang berbentuk unik di kawasan ini menurut warga memiliki kisah dan petuahnya sendiri. Nah, kalau masih bingung memilih tempat berlibur di kabupaten Karimun berkunjung saja ke Pantai Batu Limau ini. Suasananya masih relatif sepi dan asri lho.

Tertarik liburan di kabupaten Karimun? Buruan rencanakan liburan ke sana!

Advertisement
Tags
Air Terjun Gunung Indonesia Karimun kepulauan riau makam pantai
Share