Ini Alasan Kenapa Wisata ke Desa Lebih Seru Dibanding Liburan di Kota

Dunia ini memang sangat luas, tapi kebanyakan orang mengenal dua istilah yaitu desa dan kota. Dua tempat yang memiliki perbedaan dalam banyak hal, termasuk soal pariwisata. Desa memiliki sejuta pesona dan keindahan yang tidak akan bisa kamu temukan di kota. Namun berbagai fasilitas kelas wahid yang tidak ada di desa, tapi ada di kota juga sangat menggiurkan.

Tak jarang, orang yang tinggal di desa memimpikan untuk tinggal di kota besar. Padahal, suasana di desa adalah sebuah harta yang berharga. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa wisata ke desa itu lebih seru dibanding liburan di kota. Langsung saja simak informasi di bawah ini.

1. Bisa Mengurangi Stres

Sebuah desa dengan tatanan masyarakat yang hidup rukun dan makmur didukung dengan lingkungan yang indah dan bersih, tentu akan mendatangkan manfaat yang menguntungkan terutama untuk kesehatan. Sudah jelas bahwa kehidupan kota dan desa itu berbeda. Kamu tidak akan banyak menemui kebisingan, apalagi pemandangan macet yang kadang diperburuk dengan asap kendaraan.

Desa Wisata [image source]
Desa Wisata [image source]
Kondisi tersebut tentu saja bisa memicu polusi dan membahayakan kesehatan. Belum lagi keramaian dan segudang masalah yang tidak kunjung selesai sangat mungkin membuat kamu stres bahkan mengalami depresi. Agar tidak semakin parah, maka kamu harus mengatasinya. Mengambil waktu satu atau dua hari untuk mengunjungi desa wisata akan sangat menyenangkan. Senyum akan merekah dan tentu saja stres akan sirna.

2. Memicu Kebahagiaan

Hilangnya rasa khawatir, stres dan segala kepenatan yang diakibatkan oleh kepadatan kota besar seperti Jakarta dan Surabaya bisa menjadi sebuah awal yang baik. Stres jika dibiarkan terus-menerus tidak akan baik untuk kesehatan. Bisa juga memicu berbagai penyakit lain yang lebih serius, misalnya saja masalah lambung hingga jantung. Untuk mengatasinya, kamu bisa datang ke desa wisata terdekat yang biasanya menyuguhkan hamparan sawah dengan udara sejuk yang menggairahkan semangat.

Membuatmu bahagia [image source]
Membuatmu bahagia [image source]
Kamu bisa segera mengucapkan selamat tinggal pada stres dan menyambut kebahagiaanmu. Melihat aktivitas masyarakat setempat yang sebagian besar ramah dalam menyambut pengunjung akan membuat kamu senang. Senyum mereka begitu ampuh layaknya obat untuk kegalauan.

3. Bisa Meningkatkan kreatifitas

Kota memang memiliki keunggulan dari sisi fasilitas dan manfaat lain seperti perkembangan teknologi dan lain sebagainya. Salah satu masalah yang mungkin akan membuatmu tidak ingin meninggalkan kota adalah sinyal selular untuk berkominikasi via gadget atau smartphone. Berbagai hal masih tradisional, jangan heran jika kamu tidak akan terhubung ke Internet jika karena tak ada sinyal.

Kreatif [image source]
Kreatif [image source]
Bahkan TV pun layarnya masih dikuasai oleh “Semut”.  Menjauhkan diri sejenak dari paparan radiasi teknologi akan membuat otak kita jadi lebih baik. Hal itu juga berpengaruh terhadap kreatifitas seseorang, Wisata alam di desa akan meningkatkan kemampuan kognitif dan memperbaiki fungsi otak.

4. Membuat Kamu Merasa Tentram

Bagaimana perasaanmu saat memandang lawan jenis yang cantik atau tampan? Pasti dalam hati akan senyam-senyum sendiri kan? Jujur saja, mungkin saat itu juga hatimu senang dan berbunga-bunga. Perasaan yang sama juga akan kamu rasakan saat memandang penampakan alam yang begitu luar biasa. Termasuk juga suasana di desa wisata. Misalnya saja desa wisata yang terletak di Bali.

Menentramkan [image source]
Menentramkan [image source]
Masyarakat setempat masih teguh menganut tradisi, bahkan dalam hal mengatur sebuah desa. Kamu akan dibuat kagum dengan desa wisata bernama Desa Panglipuran yang rumah penduduknya berjajar dengan rapi dan cantik. Melihatnya saja, akan membuatmu bahagia, apalagi terjun langsung ke sana. Tentu akan membuat kamu merasa lebih tentram

5. Sarana Melampiaskan Rindu Pada Kampung Halaman

Jika kamu adalah perantau yang mengadu nasib ke kota besar, pasti pernah kan merindukan kampung halaman? Tempat di mana kamu menghabiskan masa kecil dengan penuh kebahagiaan. Bermain bersama teman, terlelap dalam buaian orang tua saat malam datang. Semua keseruan itu mungkin tidak akan bisa kamu rasakan kembali karena berbagai hal. Misalnya saja pembangunan.

Melampiaskan kerinduan [image source]
Melampiaskan kerinduan [image source]
Daratan yang dulu penuh dengan pepohonan hijau saat ini telah berubah menjadi kawasan industri dengan gedung-gedung yang tinggi. Atau kerinduanmu muncul karena tidak bisa pulang ke kampung halaman setiap waktu lantaran jarak yang jauh. Kamu bisa tuh menetapkan tujuan ke desa wisata terdekat. Suasana dan masyarakatnya, akan membuat kerinduanmu sedikit terlampiaskan.

6. Menumbuhkan Jiwa Sosial

Salah satu pemandangan kota yang kadang membuat masyarakat di desa miris adalah sikap tidak peduli terhadap tetangga. Kedekatan yang terjalin begitu beda dengan yang terjadi di desa, di mana masyarakatnya hidup rukun dan dekat layaknya saudara. Namun di kebanyakan kota besar, justru dekat lantaran formalitas saja. Mungkin kamu adalah salah satu yang merasakan hal tersebut.

Menumbuhkan jiwa sosial [image source]
Menumbuhkan jiwa sosial [image source]
Saat datang ke desa, kamu tidak hanya akan menikmati pemandangan alam yang indah tapi juga belajar banyak tentang hubungan sosial. Saat ada satu yang kesusahan, semua ikut merasakan, begitu juga sebaliknya.  Bukan hanya itu, jiwa kerja sama dan kepedulianmu terhadap sesama manusia juga akan meningkat. Semakin banyak kamu menanam kebaikan, maka nanti kamu akan menuai hasil yang baik pula.

7. Mengenal Tradisi dan Budaya

Namanya juga desa wisata, pasti ada beberapa keunikan dan hal seru yang menarik untuk para pengunjung. Salah satunya adalah kegiatan yang berbau tradisi. Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, namun saat ini globalisasi seakan merong-rong eksistensi dan kelestarian budaya itu sendiri. Sebagai upaya untuk pelestarian, maka tradisi tersebut diadakan untuk menarik wisatawan.

Mengenal tradisi [image source]
Mengenal tradisi [image source]
Ada banyak sekali festival yang bisa kamu nikmati, dan masyarakat setempat dengan senang hati akan menjelaskan makna di balik ritual atau festival yang dilakukan. Sebuah usaha untuk memperkaya jiwa dengan kegiatan yang seru.

8. Memberikan Banyak Manfaat Untuk Si Kecil

Desa wisata memiliki banyak manfaat untuk berbagai kalangan. Berbeda dengan kota yang pergaulannya kadang bikin was-was para orang tua. Mengajak anak kecil ke desa akan memperkaya mereka dengan pengetahuan, kasih sayang terhadap sesama, termasuk juga pada alam.

Manfaat untuk si kecil [image source]
Manfaat untuk si kecil [image source]
Melihat aktivitas desa berasama-sama akan mendekatkan kamu secara emosional pada si kecil. Selain itu, juga bisa untuk melatih keberaniannya berkomunikasi dan berinterkasi dengan orang lain.

9. Membantu Ekonomi Desa Wisata

Dengan datang ke desa wisata, kebaikan yang didapat bukan cuma untuk kamu sendiri, tapi juga untuk masyarakat setempat. Perekonomian masyarakat di desa mungkin tidak semaju kota yang menjadi pusat perdagangan dan industri.

Membantu ekonomi warga [image source]
Membantu ekonomi warga [image source]
Maka, selain mengandalkan hasil alam seperti pertanian dan peternakan, kunjungan para wisatawan juga akan menyumbang keuntungan yang berlimpah. Kamu bisa membantu perekonomian warga dengan membeli olah-oleh berupa pernak-pernik atau kuliner khas.

Itulah beberapa alasan kenapa wisata ke desa itu lebih menarik. Kalau menurut kamu sendiri, lebih baik mana, desa atau kota? Bagikan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini ya. Next