Nggak Perlu ke Korea, Cintamu Bisa Digembok di 10 Tempat Romantis Ini Loh!

Dermaga Hati, Pantai Ancol

Pernah dengar tempat bernama Namsan Seoul Tower? Well, bagi kamu yang hobi traveling keluar negeri atau nonton drama Korea, pasti tahu betul menara satu ini. Terletak di gunung Namsan, menara setinggi 236,7 ini merupakan Landmark dari Kota Seoul. Di titik tertinggi kota ini pula, banyak sekali pasangan yang datang jauh-jauh demi memasang ‘gembok cinta’ atau love lock mereka. Ya, bagi mereka, gembok cinta adalah salah satu simbol agar hubungannya dengan sang kekasih langgeng seterusnya.

Gembok cinta yang bertuliskan dua inisial nama pemiliknya ini bukan hanya bisa ditemui di Namsan Seoul Tower, loh. Ternyata, di negara kita juga banyak tempat cantik dan romantis yang digunakan untuk memasang gembok cinta. Nah, bagi kamu yang penasaran dan ingin cepat-cepat memasang simbol cintamu, datangi saja beberapa tempat romantis berikut ini!

1. Gembok Cinta di Lagoi Bay Bintan

Lagoi Bay Bintan
Lagoi Bay Bintan [image source]
Jika ritual pemasangan gembok cinta di Namsan Seoul diakhiri dengan pembuangan kunci di kotak pos, lain halnya di Love Lock Lagoi Bay Bintan. Kunci gembok yang telah dipasang di Love Lock Lagoi Bay Bintan dilemparkan ke kolam terdekat. Sama halnya dengan di Namsan, mereka yang memasang kunci tersebut berharap cinta pemiliknya akan selalu abadi. Selain ritualnya, Tempat romantis yang terdapat di Plaza Lagoi ini juga berbeda dengan Namsan. Bukan sebuah menara, gembok cinta di sini berada di taman kecil dan dekat banget dengan pantai. Tentu saja, tempat ini sangat romantis dan bisa menjadi salah spot bagi kamu yang mau mengutarakan cinta.

Lokasi : Jl. Gurindam Duabelas, Teluk Sebong Lagoi,Riau. (kawasan Plaza Lagoi)

2. Wisata Gembok Cinta di GWK Sukabumi

Gembok Cinta Sukabumi
Gembok Cinta Sukabumi [image source]
Bukan hanya Bintang saja, Sukabumi juga memiliki satu tempat romantis yang biasa digunakan oleh kawula muda untuk mengikat kisah cinta merela lewat gembok. Lokasi gembok cinta yang hits banget didatangi anak remaja ini terletak di kawasan Gedung Widarya Kencana (GWK), Kampung Cijambe, Sukabumi. Jika di Bintan berbentuk hati, lain halnya dengan gembok cinta di GWK Sukabumi. Gembok cinta di sini berbentuk lengkungan persegi panjang dengan ukuran sekitar 12 meter dan tinggi 1,30 meter lengkap dengan tulisan “Gembok Cinta” berwarna biru. Selain digunakan untuk memasang gembok cinta yang nanti kuncinya di buang ke Sungai Cigunung, di tempat ini biasa digunakan sebagai tempat resepsi pernikahan.

Lokasi : Kawasan Gedung Widarya Kencana (GWK), Kampung Cijambe, Jalan Jalur Lingkar Selatan No. 808 Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

3. Dermaga Hati, Pantai Ancol – Jakarta

Dermaga Hati, Pantai Ancol
Dermaga Hati, Pantai Ancol [image source]
Bagi orang Jakarta, mungkin sudah bosan dengan nama Pantai Ancol. Karena kebosanan tersebut, beberapa orang berinisiatif untuk membuka tempat cantik nan romantis yang berkonsep mirip dengan Namsan Seoul Tower. Apalagi kalau bukan tempat untuk memasang simbol cinta berupa gembok. Spot cantik yang berlatarkan pantai Ancol ini bernama Dermaga Hati. Bukan dipasang pada pagar, gembok-gembok cinta ini tersusun rapi menggantung pada sebuah rantai. Tak seperti di Gembok Cinta Sukabumi, Dermaga Hati terlihat kotor. Hal ini karena banyaknya coretan yang menumpuk pada kayu pembatas. Wah, sayang ya!

Lokasi : Jln. Pantai, Jakarta (Pantai Ancol, Jakarta).

4. Love Lock di Farm House, Lembang

Gembok Cinta Lembang
Gembok Cinta Lembang [image source]
Bukan hanya Sukabumi, Lembang juga memiliki tempat pemasangan gembok cinta yang cukup populer beberapa tahun belakangan ini. Ialah Gembok Cinta yang terletak di dalam Farm House, destinasi wisata paling populer se Lembang. Wahana yang terletak di Jalan Raya Lembang, Cihedung, Bandung Barat ini sudah menyimpan banyak sekali gembok cinta dengan beragam warna. Seperti di Sukabumi, gembok cinta yang menjadi simbol cinta para pemiliknya ini terpasang di pagar kawat yang terletak di dekat aliran sungai di dalam Farm House. Seperti tempat gembok cinta lainnya, di Farm House ini juga biasa digunakan pengunjung sebagai latar foto mereka.

Lokasi :Jalan Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

5. Gembok Cinta di Taman Balai Kota Bandung

Gembok Cinta Bandung
Gembok Cinta Bandung [image source]
Tak mau kalah dengan Lembang, rupanya Kota Bandung juga memiliki tempat romantis ala Namsan Seoul Tower. Sama-sama digunakan menggantung gembok cinta, tempat romantis yang berada di Taman Balai Kota area Babakan Cimis, Bandung ini memiliki bentuk yang lebih unik. Bukan sebuah pagar, tempat romantis di pusat Kota Bandung ini berbentuk prisma berangka besi dengan 2,5 x 3 meter. Nah, bagi kamu yang tak bisa terbang ke Korea untuk menggembok cintamu di Namsan Seoul Tower, gantung saja gembokmu di pusat kota Bandung ini.

Lokasi : Jalan Wastukencana No. 2, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

6. Digital Heart di Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Digital Heart
Digital Heart [image source]
Yogyakarta menjadi salah satu kota yang paling menjaga warisan leluhur bangsa Indonesia. Pun masih kental dengan budayanya, bukan berarti gembok cinta tak ada di kota satu ini. Terletak di pinggir jalan nol kilometer, Jogja, terdapat sebuah tempat yang digunakan oleh banyak anak remaja untuk memasang simbol cintanya yang berupa gembok. Berharap tali asmaranya langgeng, ternyata tempat ini digagal oleh seorang seniman asal Bali bernama I Made Arya Palguna. Sedikit berbeda dengan Gembok Cinta lainnya, tempat cantik bernama Digital Heart ini berbentuk hati yang besar. Sayangnya, gembok cinta di Yogya ini terkesan kurang romantis. Mungkin karena warnanya yang gelap.

Lokasi : Titik Nol Kilometer, Yogyakarta.

7. Gembok Cinta BJBR, Probolinggo

BJBR Probolinggo
BJBR Probolinggo [image source]
Ingin menggembok ikatan cintamu, tapi tak punya uang untuk terbang ke Korea atau Bandung? Coba saja liburan ke Probolinggo. Kota yang terletak di Jawa Timur ini juga memiliki satu tempat romantis yang biasa digunakan untuk memasang simbol cinta para remaja yang dimabuk asmara. Ialah Wahana wisata yang bernama Bee Jay Bakau Resort atau lebih dikenal dengan nama BJBR. Bukan hanya bisa memasang dan foto dengan ratusan gembok, BJBR juga memiliki bermacam spot cantik yang pastinya instragram-able banget. Buruan kunjungi BJBR.

Lokasi : Jl. Pelabuhan Perikanan, Pantai Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67217

8. Gembok Cinta di Tengah Kota Malang

Gembok Cinta Malang
Gembok Cinta Malang [image source]
Bukan hanya Probolinggo, ternyata kota Malang juga memiliki Namsan Tower ala Indonesia. Spot cantik yang terbilang cukup romantis bagi sepasang kekasih ini terletak di sebuah taman kecil di Jalan Veteran atau tepat di depan Universitas Negeri Malang. Tempat romantis yang bertuliskan “Malang I’m In Love” ini bukan hanya digunakan oleh anak remaja Malang untuk memasang simbol cinta mereka, tapi juga spot fotogenik. Belakangan diketahui, tempat gembok satu ini menjadi kontroversial lantaran ada beberapa pihak yang menentang. Karena hal tersebut pula, tempat gembok cinta ini dikabarkan akan dialih-fungsikan sebagai tempat bunga.

Lokasi : Jl. Veteran No. 2, Penanggungan, Klojen, Kota Malang.

9. Love Padlock Museum Angkut, Batu

Gembok Cinta Museum Angkut
Gembok Cinta Museum Angkut [image source]
Jika gembok cinta di Malang berujung dengan pro dan kontra, lain halnya dengan Batu. Ya, kota kecil satu ini ternyata tak mau kalah untuk membuat tempat romantis pemasangan gembok cinta. Tak seperti di Malang, gembok cinta satu ini berada di area tempat wisata Museum Angkut. Lokasi romantis yang diberi nama Love Padlock ini sendiri berada di sekitaran pintu keluar area wisata. Wah, kalau berniat menggantung gembok cinta di Love Padlock Museum Angkut, sekalian bisa menikmati wahana cantik di Museum Angkut nih.

Lokasi : Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314
Website : http://wwww.museumangkut.com/

10. Gembok Cinta Bridges Restoran

Gembok Cinta Ubud
Gembok Cinta Ubud [image source]
Bali ternyata juga memiliki satu spot romantis yang juga digunakan untuk memasang gembok. Bukan di pagar, gembok-gembok cinta ini terpasang di sebuah pohon yang diberi nama pohon cinta. Pohon cantik yang terletak di Bridges Restoran, Ubud ini cantik dan kokoh. Kendati berat menopang banyak gembok, pohon ini tak akan tumbang. Mengapa demikian, karena pohon tersebut juga terbuat dari besi. Selain bisa memasang gembok dengan warna-warna, ternyata di sekitar pohon cantik ini menjual gembok dengan ukiran namamu. Tentu saja, harga tiap gembok cukup mahal yang berkisar Rp 150.000-an.

Lokasi : Jl. Raya Campuhan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

Nah, sudah tahukan tempat romantis yang bisa digunakan untuk menggantung gembok cintamu? Well, kalau sudah seperti ini tak perlu bingung-bingung untuk pergi ke Seoul, Korea Selatan bukan? Tunggu apa lagi, buruan gantung gembok cintamu di tempat romantis di atas. Next