10 Pantai dengan Sunset Tercantik untuk Menutup 2016 Penuh Kenangan

sunset

Tidak terasa sudah hampir usai tahun 2016 ini, sebuah perjalanan panjang dengan sejuta rasa. Kesenangan yang membabi buta, kesedihan mendera, atau datar tanpa semangat apa-apa. Sebuah petualangan yang terekam dalam angan dan kenangan. Bagi sebagian orang, momen pergantian tahun itu sangat spesial.

Bukan semata-mata karena pergantian angka 6 menjadi 7 saja, tapi lebih menjadi sebuah simbol mengenang masa lalu dan menyambut hari baru. Waktu yang pas untuk introspeksi dari dan mengambil hikmah dari yang sudah terjadi di tahun sebelumnya. Biar kamu bisa menutup tahun 2016 dengan bahagia, sebaiknya datang ke pantai-pantai dengan sunset tercantik berikut ini.

1. Pantai Tanjung Aan

Bukit Merese [image source]
Pantai Tanjung Aan tidak jauh dari Bukit Merese yang terletak di Lombok Tengah. Kamu bisa turun ke pantainya atau tetap berada di puncak bukit sambil memandangai hamparan lautan yang luas dari ketinggian. Apalagi saat sore hari, pemandangan sunset yang membiaskan cahaya merah di permukaan laut bisa langsung membuatmu jatuh cinta. Belum lagi ada siluet bukit dikejauhan, Bukit Merese dan pantainya memang memesona.

2. Pulau Padar

Pulau Padar [image source]
Pulau Padar melengkapi keindahan kawasan Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur. Banyak yang datang ke sini untuk menaiki bukit dan melihat pantai-pantai berombak putih mengitari daratan yang berbukit-bukit. Saat siang hari, kamu akan melihat dengan jelas lautan yang berwarna biru dan rerumputan di permukaan bukit. Datang ke tempat ini di penghujung tahun tentu akan membuatmu merasakan momen yang langka dan nggak akan terlupakan seumur hidup.

3. Pelabuhan Paotere

Pelabuhan Paotere [image source]
Pelabuhan Paotere ini adalah lokasi yang cukup bersejarah. Selain antik dengan banyaknya kapal-kapal, Pelabuhan ini juga menyuguhkan salah satu spot sunset keren di Kota Makassar. Untuk sampai di tempat ini, kamu harus menempuh perjalanan selama 30 menit atau sejauh 5 km dari pusat Kota Makassar. Jika perutmu lapar, tinggal berburu kuliner di warung atau restoran di sepanjang area pelabuhan.

4. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu [image source]
Pantai Gigi Hiu juga sering kali disebut dengan Pantai Pagadungan, lokasinya ada di Kecamatan Klumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Di tempat ini terdapat karang-karang yang berujung rucin tersebar tak beraturan menyerupai gigi ikan hiu. Pantainya memang cantik terutama menjelang matahari tenggelam, namun akses jalan ke tempat ini masih dalam tahap perbaikan membuat perjalanan menjadi lebih lama.

5. Pantai Ancol

Pantai ancol [image source]
Pantai Ancol menjadi tempat favorit warga Jakarta untuk berburu sunset saat sore. Sambil melakukan olahraga seperti jogging, mereka menikmati suasana pantai yang begitu nyaman. Karena dekat dengan ibu kota, maka fasilitas di Ancol sudah mumpuni dan lengkap. Di sepanjang tepian pantainya kamu bisa bebas menikmati sunset yang mengagumkan. Namun yang paling populer adalah jembatan Cinta Ancol.

6. Pantai Mengening

Pantai Mengening [image source]
Pantai Mengening ini bisa masuk dalam daftar destinasimu jika ingin liburan akhir tahun di Kabupaten Badung, Bali tapi sudah bosan mendatangi lokasi yang ramai seperti Kuta. Kamu bisa bermain di pantai sembari menunggu hari terakhir di tahun 2016 berakhir. Terdapat Pura yang mengarah ke tengah laut, di sekitarnya terdapat bebatuan karang yang besar dan terjal. Jika kamu mau, bisa menginap di villa-villa mewah yang terletak tidak jauh dari lokasi pantai.

7. Pantai Suluban

Pantai Saluban [image source]
Kalau mencari pantai dengan ombak dan pemandangan sunset tercantik itu, Bali wajib masuk dalam daftar. Ada banyak sekali pilihan destinasi dengan keunikan masing-masing. Tadi ada Pantai Mengening yang menawan dengan Pura seperti di Tanah Lota. Kali ini ada Pantai Suluban yang terkenal karena ombaknya. Banyak para peselancar yang datang ke sini untuk menunggangi ombak dan menari bersama buih putih di lautan. Kamu bisa menemukan tempat ini dengan datang ke kawasan Uluwatu di Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali

8. Pantai Kuta

Pantai Kuta [image source]
Pantai Kuta memang tidak bisa dipisahkan dari Bali. Namanya sudah terkenal sebagai kawasan pantai yang ramah dengan wisatawan dan penuh turis dari mancanegara. Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan di sini, mulai dari berenang, berselancar hingga santai di pinggir pantai sambil menikmati sunset. Kuta sering kali disandingkan dengan Sanur, yaitu pantai untuk melihat sunrise. Selain itu, lokasinya tak begitu jauh dari bandara dengan penginapan yang bejibun banyaknya. Saat malam pergantian tahun, bahkan kawasan Kuta tertutup untuk kendaraan bermotor.

9. Pantai Kastela

Pantai kastela [image source]
Pantai Kastela adalah spot untuk berburu sunset bila kamu sedang berada di Maluku Utara. Tepatnya di wilayah Ternate. Memang masih kurang populer di kalangan para wisatawan, namun ketika matahari mulai terbenam, saat itulah Pantai Kastela menampakkan keindahan. Selain wisata alam, kamu juga bisa menambah wawasan dengan melihat bangunan benteng bersejarah di dekat area pantai.

10. Pantai Pangandaran

Pantai pangandaran [image source]
Pangandaran ini dulunya masuk dalam wilayah Kabupaten Ciamis, namun menjadi kawasan tersendiri setelah dilakukan pemekaran. Posisinya ada di pesisir pantai berbatasan langsung dengan lautan. Suasananya cukup ramai terutama pada saat libur, banyak yang datang bersama dengan keluarga atau sahabat bahkan hingga sore hari hanya untuk melihitan indahnya matahari terbenam dari Pangandaran. Secara administratif, posisinya ada di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Itulah beberapa spot sunset di pantai yang cantik, cocok didatangi saat menyambut tahun baru dan menutup 2016 dengan mengenang masa lalu. Next