Sisi Lain Ponorogo, Gunung Masjid!

Ponorogo yang wilayahnya di tengah pulau Jawa dan tidak memiliki pantai ternyata tidak pernah kekurangan sumber daya alam untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata. Selain Telaga Ngebel, kabupaten yang terkenal dengan kesenian Reog ini juga mempesona dengan gugusan pegunungannya. Gunung Masjid salah satunya yang tengah populer akhir-akhir ini.

Membaca namanya saja sudah membuat banyak orang penasaran dengan objek wisata ini. Gunung Masjid, apakah gunung ini berbentuk seperti kubah masjid? Traveler bisa langsung menuju ke puncak gunung ini untuk mencari tahu jawabannya.

#exploreponorogo today greeting from Gunung Masjid, Kec. Balong, Ponorogo Captured by @reza_faahlevii

A photo posted by PONOROGO (@exploreponorogo) on

Secara administratif gunung ini terletak di desa Pandak, kecamatan Balong, kabupaten Ponorogo. Lokasinya tidak terlalu jauh dari objek wisata yang sudah duluan populer yaitu Gunung Beruk Karangpatihan. Dari pusat kota dibutuhkan perjalanan sekitar 40 menit. Jangan dibayangkan traveler bisa mengakses puncak gunung ini dengan kendaraan bermotor, tetap butuh olahraga fisik untuk sampai di lokasi yang dimaksud.

Bagi anak muda yang pernah traveling ke Gunung Masjid mereka juga menjuluki gunung ini sebagai Bukit Teletubbies. Ternyata setelah traveler hiking melewati jalan setapak dan menanjak akan tiba di puncak gunung. Dari sana akan nampak bukit-bukit kecil nan hijau lainnya yang bentuknya seperti perbukitan di serial film Teletubbies.

Bukit Teletubbies berbentuk seperti kubah mungkin dari sanalah nama Gunung Masjid berasal. Yang jelas dari puncak gunung ini terhampar luas pemandangan alam yang menyejukkan mata. Hamparan tumbuhan yang menghijau juga berkontribusi memberikan suasana sejuk serta udara yang segar.

Di puncak gunung ini pula tersedia spot selfie semacam rumah pohon layaknya Kalibiru di Jogja. Kalau berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk membawa bekal terutama air minum lantaran kabar terakhir tidak ada warung makan di puncaknya. Jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan dengan membawa kembali sampah yang kamu bawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *