Pengin Traveling ke Luar Negeri tapi Enggak Punya Duit? Bisa, Pakai Cara Ini!

Bagi beberapa orang, traveling ke luar negeri itu seperti momok yang bikin mereka ketakutan tapi juga pengin. Mereka takut untuk traveling ke sana karena terkendala masalah biaya yang menggunung. Kalau mau ke luar negeri harus mikir paspor lah, visa lah, akomodasi lah, dan lah-lah yang lain hingga semua uang yang ada di tabungan akhirnya ludes enggak bersisa.

Bagi mereka yang punya pekerjaan mapan dan gaji selangut, traveling ke luar negeri mungkin bisa dilakukan setiap minggu. Namun, mereka yang hanya pegawai kantoran dengan gaji pas-pasan ya alamat mimpi itu terkubur dalam-dalam. Akhirnya, mereka hanya bisa miris melihat teman-temannya terbang ke luar negeri dan pamer foto di IG. Ugh, sakit banget!

Anyway, bagi kamu yang masih kebelet traveling dan ingin ke sana apa pun caranya, simak deh beberapa cara di bawah ini. Kamu bisa kok traveling gratis atau minimal murah lah. Bagaimana, siapa mencoba?

1. Menjadi Volunter dari Sebuah Organisasi

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa traveling ke luar negeri dengan tanpa biaya atau biaya yang murah adalah menjadi volunter atau sukarelawan. Zaman sekarang, banyak organisasi nirlaba yang bergerak di bidang kemasyarakatan. Mereka biasanya membutuhkan relawan untuk melakukan aksinya di beberapa negara dunia.

Menjadi volunter [image source]
Menjadi volunter [image source]
Beberapa orang yang terlibat dalam aksi ini bisa hidup selama beberapa bulan di negara tertentu, misal di Eropa atau kawasan Asia. Oh ya, di sela-sela kegiatan yang dilakukan oleh organisasi, kamu bisa melakukan traveling. Nikmati pengalaman hidup di luar negeri untuk melakukan kegiatan bermanfaat dan juga menjelajah sebanyak-banyaknya.

2. Menjadi Kru Kapal Pesiar

Pengin traveling ke banyak tempat tapi juga dibayar karena kamu bekerja? Well, jadilah kru kapal pesiar yang melakukan perjalanan di berbagai negara. Asal memiliki kemampuan dasar housekeeping dan juga Bahasa Inggris yang baik, kamu bisa jadi kru kapal pesiar yang akan banyak menghabiskan hari dengan melakukan pelayaran di samudera.

Kru Kapal Pesiar [image source]
Kru Kapal Pesiar [image source]
Pada hari-hari tertentu, kru dari kapal pesiar bisa menjelajah kota tempat kapal itu bersandar. Setelah semua pekerjaan usai, kamu bisa melakukan penjelajahan hingga puas. Esok hari kalau kapal pesiar kembali singgah, kamu bisa melakukan penjelajahan lagi ke tempat baru hingga kontrak dengan kapal pesiar berakhir.

3. Mendapatkan Beasiswa untuk Kuliah di Luar Negeri

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kesempatan traveling gratis adalah mendapatkan beasiswa. Carilah beasiswa yang sesuai dengan keinginan atau mungkin di negara yang kamu inginkan. Misal beasiswa ke Australia, Jepang, atau negara Eropa lain seperti Inggris, Jerman, dan Belanda.

Mendapatkan beasiswa [image source]
Mendapatkan beasiswa [image source]
Dengan mendapatkan beasiswa, kamu bisa tinggal di negara tersebut selama beberapa bulan atau bahkan tahun. Kamu bisa menjelajah banyak tempat baru di sana. Misal kamu mendapatkan beasiswa di Eropa, saat liburan kamu bisa menjelajahi negara-negara di Eropa yang lokasinya saling berdekatan.

4. Bekerja Sebagai Pemandu Wisata

Beberapa agen travel di seluruh dunia menyediakan biaya travel gratis atau mungkin diskon besar kepada siapa saja yang bisa mengatur perjalanan banyak orang. Selama kamu memiliki pengalaman menjadi tour leader, kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk melakukan n perjalanan gratis baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Tour leader [image source]
Tour leader [image source]
Yang perlu kamu lakukan hanyalah menjadi seorang profesional dalam bidang kepemanduan.Kalau hal ini bisa kamu lakukan, bahkan sampai memiliki lisensi, kesempatan untuk menjadi tour leader sangat besar sehingga kamu bisa pergi ke mana saja dengan mudah.

Inilah beberapa hal yang bisa kamu manfaatkan agar bisa traveling ke luar negeri dengan gratis. Semoga bisa menginspirasi kamu untuk tidak menyerah sebelum mimpi menjelajahi negeri orang terwujud. Next