Nasi Kuning Taufik, Sarapan Favorit di Samarinda

Samarinda merupakan ibukota provinsi Kalimantan Timur yang terkenal di penjuru Nusantara. Selain memiliki keindahan alam, kuliner di kota ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Seperti Nasi Kuning Taufik yang unik dibandingkan dengan lainnya. Wah, keunikan apa yang dimiliki oleh hidangan untuk sarapan di Samarinda ini?

 1. Kuliner Paling Juara di Samarinda

Nasi Kuning Khas Samarinda
Nasi Kuning Khas Samarinda [image source]
Seperti kota lainnya, Samarinda juga memiliki makanan khas di daerahnya. Dan hidangan yang selalu dirindukan oleh para pecinta kuliner adalah Nasi Kuning. Berbeda dengan sajian serupa ala Jawa yang cenderung lengket, di sini nasinya lebih pera. Ternyata, mereka tidak menggunakan campuran ketan ketika memasaknya. Nasi kuning menjadi menu sarapan favorit di Indonesia. Tidak heran jika kedai yang menyajikan hidangan ini sudah buka dari pagi hari.

Nasi Kuning di Kalimantan Timur
Nasi Kuning di Kalimantan Timur [image source]

2. Nasi Kuning Enak di Warung Kopi Taufik

Lauk Pauk Nasi Kuning Samarinda
Lauk Pauk Nasi Kuning Samarinda [image source]
Salah satu warung yang menyajikan nasi kuning khas Samarinda adalah Warung Kopi Taufik. Kedai yang terletak di Jalan Diponegoro, tepat di seberang Hotel Bumi Senyiur ini terkenal enak. Dalam satu porsi, pilihan lauknya beragam mulai dari daging semur, telur bulat serta ikan haruan. Sebagian besar dari pengunjung lebih memilih olahan ikan haruan yang lembut di lidah. Jenis hewan yang hidup di air tawar atau payau ini digoreng terlebih dahulu lalu dimasak bersama bumbu pedas. Tidak heran, rasanya benar-benar nikmat.

Kopi dan Nasi Kuning
Kopi dan Nasi Kuning [image source]

3. Hidangan Murah dan Mengenyangkan

Sajian Nasi Murah
Sajian Nasi Murah [image source]
Sajian nasi kuning, lauk, bihun kecap serta serundeng membuat siapapun tergoda ingin menyantapnya. Selain bisa makan di tempat, kamu pun juga bisa membungkus menu ini. Konon, harga sebungkus nasi kuning ini lebih murah. Rasa dari menu ini makin nikmat karena dibungkus dengan daun pisang. Dijamin pas dengan lidah kamu yang suka berburu kuliner. Wah, tidak heran jika kedai sederhana ini memiliki banyak sekali pelanggan setia.

Bungkus Nasi Kuning Taufik
Bungkus Nasi Kuning Taufik [image source]

4. Jelajah Tepian Mahakam

Tepian Sungai Mahakam
Tepian Sungai Mahakam [image source]
Setelah sarapa di Warung Kopi Taufik, sekalian juga liburan seru di tempat wisata Samarinda seperti tepian Sungai Mahakam. Dari kedai Nasi Kuning, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki selama 20 menit menuju Wisata Tepian Mahakam. Selain bisa menikmati pemandangan, kamu bisa duduk bersantai di sini. Di area ini juga terdapat aneka kuliner yang dijajakan. Salah satu yang wajib dicoba adalah jagung bakar yang nikmati di santap saat hangat.

Pesut Mahakam
Pesut Mahakam [image source]

5. Akomodasi Lengkap di Sekitar Warung Kopi Taufik

Hotel di Samarinda
Hotel di Samarinda [image source]
Letak kedai nasi kuning yang fenomenal ini memang sangat mudah dijangkau. Selain dengan pusat perbelanjaan, juga dekat dengan akomodasi berfasilitas menggiurkan. Seperti Hotel Bumi Senyiur yang berada di seberang Warung Kopi Taufik. Bukan hanya nyaman, tempat bermalam ini tergolong hotel tua di Samarinda. Sehingga banyak tempat yang bisa kamu temukan untuk hunting foto.

Hotel Bumi Senyiur
Hotel Bumi Senyiur [image source]
Nama : Nasi Kuning Warung Kopi Taufik
Alamat : Jl. Diponegoro No.12, Samarinda
Harga : mulai dari Rp20.000,-

Percaya kan jika Samarinda tidak hanya kaya akan objek wisata, tetapi juga kuliner enak? Nah, sekarang kapan nih kamu menjelajah pusat kota Kalimantan Timur ini. Next