Menikmati Bromo di Malam Hari Ditemani Jazz Gunung 2016

Memang, nggak ada yang bisa mengalahkan nyamannya menikmati musik favorit di kamar sambil tiduran. Apalagi lagu yang diputar adalah jazz di mana ambience-nya selalu enak didengarkan di momen santai seperti itu. Tapi, do the same thing terus menerus pasti bosan, termasuk hal seasik ini. Makanya, harus coba sesuatu yang baru. Misalnya dengerin musik jazz plus naik gunung. Emang bisa? Bisa dong!

Ada kabar baik buatmu penyuka jazz dan hobi naik gunung atau setidaknya suka dengan hal-hal bernuansa MDPL kalau kata anak-anak muda. Yup, ada sebuah acara super duper keren yang bakal diselenggarakan tak lama lagi bertajuk Jazz Gunung. Tak perlu definisi panjang lebar ya, karena namanya sudah sangat merepresentasikan arti.

Nah, semenarik apa sih acara ini sehingga kamu wajib, harus, kudu, datang? Semuanya terangkum dalam ulasan menarik berikut.

Jazz Gunung, Nikmatnya Suasana Bromo Dibungkus Merdunya Alunan Jazz

Meskipun labelnya adalah pagelaran musik, tapi yang satu ini benar-benar beda dari acara sejenis yang pernah kamu datangi. Pembedanya tentu saja adalah konsep. Jazz Gunung bertema nature dengan mengambil tema outdoor stage. Jadi, kamu bakal menikmati suasana Bromo di sekitar lengkap dengan segala lansekap yang ada di sana. Venue-nya sendiri terletak di Amfiteater Jiwa Jawa Resort Bromo, Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Nuansa venue Jazz Gunung [via Piknikdulu]
Nuansa venue Jazz Gunung [via Piknikdulu]
Venue jelas asik, terus bagaimana dengan musiknya sendiri? No worry. Acara spesial jelas punya pembeda dari yang lainnya. Nah, soal musik, seperti biasa Jazz Gunung akan memberikan suguhan premium musik Jazz yang dikolaborasi dengan etnik. Berbeda jenis tapi bercampur menjadi satu flow yang enak banget. Para pengisi acaranya juga asik nggak hanya dari dalam tapi juga luar negeri.

Para Pengisi Acaranya Super Kece dari Dalam dan Luar Negeri

Tak hanya konsep, venue dan kolaborasi musik, hal yang paling ditunggu dalam setiap gelaran Jazz Gunung tentu adalah para performer-nya. Nah, seperti biasa, tahun ini panitia Jazz Gunung mengundang para musisi Jazz kenamaan dalam dan luar negeri. Beberapa nama seperti Shaggy Dog, The Groove, Dwiki Dharmawan Jazz Connection dipastikan bakal hadir.

Dwiki Dharmawan [via karnadilim]
Dwiki Dharmawan [via karnadilim]
Tak hanya itu, ada juga para musisi jazz luar negeri yang juga siap menghujanimu dengan alunan musik yang bikin eargasm, salah satunya adalah Ian Scionti Trio asal Spanyol. Oh iya, acara ini diselenggarakan selama dua hari dan di masing-masing hari bakal diisi performer yang tak sama. So, kamu harus nikmati dua hari itu untuk sajian full performer-nya. Dijamin nggak bakal nyesel.

No Worry Soal Keamanan

Belakangan ada berita-berita soal Gunung Bromo yang batuk-batuk. Hal ini tentu pasti membuatmu berpikir kan apakah aman atau tidak untuk stay di sini selama acara berlangsung. Tak perlu khawatir karena keamanan acara ini sangat terjamin. Venue Jazz Gunung setidaknya 6 kilometer dari pusat Bromo. Jadi bisa dibilang sangat aman.

Venue Jazz Gunung sangat aman [via wego]
Venue Jazz Gunung sangat aman [via wego]
Wagub Jawa Timur, Gus Ipul, pun mengatakan hal yang senada. Beliau yakin jika Jazz Gunung sangat aman untuk dinikmati, even sekarang status Gunung Bromo adalah waspada. Jadi, sepertinya berita soal Gunung Bromo bukan jadi alasan ya untuk nggak datang di acara tahunan kece ini.

Paket Tur Jazz Gunung yang Wajib Kamu Tahu

Dengan durasi acara yang kurang lebih dua hari yakni 19-20 Agustus, maka jelas harus prepare soal tempat stay. Nah, untungnya pihak panitia sudah bekerja sama nih dengan beberapa penginapan di sekitar. Jadi, Jazz Gunung membuat semacam paket tur yang di dalamnya include tiket serta akomodasinya. Gampang kan tinggal bayar sejumlah uang kamu tak perlu repot mikir mau menginap di mana.

Ada paket tur untuk Jazz Gunung [Via wego]
Ada paket tur untuk Jazz Gunung [Via wego]
Tapi, Paket tur ini hanya opsi saja kok, kamu jelas bisa ke sana secara mandiri. Maksudnya cari tempat menginap sendiri. Hal yang perlu dicatat adalah kamu bakal cukup kesulitan menemukan penginapan kalau sudah mepet hari H. Makanya, jangan hanya punya satu tempat menginap saja, tapi miliki juga alternatif tempat lain.

Soal tiket, Jazz Gunung membaginya jadi empat kelas. Seperti biasa, ada VIP-A, VIP-B, VVIP, dan Festival. Range harganya mulai dari Rp. 350 ribu – 1 juta. Itu untuk satu hari, ya. Kalau mau lebih hemat langsung beli tiket untuk dua hari dengan selisih yang nggak terlalu jauh.

Hal yang Bisa Dilakukan Selain Menikmati Jazz Gunung

Sajian utamanya memang Jazz Gunung, tapi bukan berarti kamu hanya harus menikmati acara ini saja ketika ke Bromo nanti. Yup, masih banyak acara sampingan yang bisa kamu agendakan sendiri di tempat asyik ini. Misalnya saja mengunjungi indahnya Pura Luhur Poten, bermain di bukit Teletubbies, atau mungkin santai dengan berkuda di lautan pasir Bromo.

Kalau mau yang lebih oke lagi, kamu juga bisa tuh camp di beberapa spot di Bromo. Tujuannya jelas adalah untuk berburu Golden Sunrise yang fenomenal itu. Tapi, kalau mau melakukan aktivitas ini, sangat dianjurkan untuk bertanya dulu. Pasalnya Bromo berstatus waspada. Coba tanya rekomendasi tempat yang bagus dan aman dari petugas atau penduduk sekitar.

Kapan lagi sih bisa menikmati alunan indah jazz dipadu view gunung Bromo yang oke itu? Ya, cuma di Jazz Gunung kamu bisa mendapatkan hal itu. Jangan bilang kamu tak tertarik dengan ini apalagi ngakunya penghobi jazz dan suka gunung. Tiket bisa dibeli dari sekarang, lebih cepat lebih baik karena panitia memberlakukan sistem First Come First Serve.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *