Tips Cerdik Memangkas Biaya Transportasi yang Menggembung Saat Traveling

Salah satu penyebab naiknya anggaran saat melakukan perjalanan wisata adalah masalah transportasi. Penggunaan ojek, bus, kereta, hingga taksi kadang tidak terkontrol, apalagi kalau letak tempat wisata dan hotel berjauhan. Akhirnya, mau tidak mau, suka tidak suka, kamu harus menggunakan mode transportasi yang menguras uang perlahan-lahan.

Untuk mengatasi menggembungnya anggaran saat melakukan perjalanan wisata. Kamu bisa melakukan beberapa strategi yang unik di bawah ini. Dengan strategi yang akan dibahas satu per satu di bawah ini, kamu bisa lebih irit sehingga sisa uang untuk transportasi bisa dibelikan oleh-oleh atau untuk upgrade akomodasi agar lebih nyaman.

1. Membandingkan Harga Mode Transportasi

Cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memangkas biaya transportasi adalah dengan membandingkan harga. Misal ada 3 jenis mode transportasi yang bisa kamu gunakan ke Yogyakarta. Dari tiga jenis transportasi ini bisa kamu bandingkan kira-kira mana yang lebih murah dan membuatmu bisa menghemat uang jauh lebih banyak.

Naik Bus [image source]
Naik Bus [image source]
Kalau selisih harga dua mode transportasi tidak terpaut jauh. Cari yang memberikan pelayanan maksimal dan waktu tempuh terpendek. Dengan melakukan trik sederhana ini, kamu bisa mendapatkan mode transportasi murah, nyaman, dan bisa mengantarmu ke kota tertentu dengan cepat. Oh ya, untuk perjalanan pulang, kamu bisa menerapkan hal yang sama.

2. Menggunakan Angkutan Massal yang Murah

Setelah membandingkan banyak mode transportasi untung datang dan pulang, kamu harus banyak-banyak menggunakan angkutan massal. Bus atau kereta adalah pilihan yang tepat karena memiliki harga yang murah dan mengantarkanmu ke cukup banyak destinasi wisata yang menarik sembari nguliner.

https://uplo

Angkutan massal [image source]
Angkutan massal [image source]
Oh ya, saat menggunakan angkutan massal, kamu jangan langsung asal naik. Usahakan membuat rencana perjalanan (itinerary) terlebih dahulu. Dengan membuat rencana perjalanan, kamu bisa mengatur alat transportasi yang diinginkan untuk menghindari “boros” menggunakan alat transportasi. Kamu bisa mencari alternatif agar bisa ke banyak destinasi wisata tanpa keluar anggaran cukup banyak.

3. Menyewa Sepeda atau Sepeda Motor

Agar kamu lebih irit lagi dalam mengunjungi banyak tempat wisata, sewalah sepeda atau sepeda motor. Dengan menyewa sepeda, kamu bisa berkeliling kota yang tidak terlalu luas atau yang sudah dijangkau kendaraan roda empat. Dengan menyewa sepeda, kamu bisa menghemat pengeluaran meski butuh sedikit semangat untuk mengayuh pedal.

Rental Sepeda [image source]
Rental Sepeda [image source]
Kalau kamu ingin mengunjungi tempat yang agak sedikit jauh, sewalah sepeda motor. Dengan menggunakan mode transportasi ini, kamu tidak perlu lagi menggunakan bus atau kereta. Cukup modal sewa plus BBM, segala tempat yang diinginkan bisa dikunjungi tanpa harus keluar uang yang cukup banyak.

4. Jalan Kaki Kalau Tempatnya Tidak Jauh

Terakhir, agar kamu tidak mengeluarkan banyak biaya saat melakukan perjalanan wisata, banyak-banyaklah jalan. Kalau temat wisata satu dengan lain hanya berjarak 1-3km saja ya lebih baik jalan. Paling setengah jam sampai di sana dan kamu bisa menghemat puluhan ribu rupiah yang bisa kamu alokasikan untuk membeli makanan atau oleh-oleh.

Jalan Kaki [image source]
Jalan Kaki [image source]
Selama destinasi yang kamu kunjungi bisa dijangkau dengan jalan kaki ya jangan manja untuk naik becak atau mengojek. Selain bisa menghemat anggaran akan tidak membengkak. Kamu juga jadi lebih sehat karena berjalan kaki sama halnya dengan melakukan olahraga.

Inilah beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk memangkas biaya transportasi saat traveling. Semoga bisa diterapkan agar dompet enggak jebol gara-gara ongkos kendaraan umum. Next