Makanan Enak Di Belitung Ini Rekomendasinya!

Kuliner enak siapa yang tak suka? Tentu semua orang tanpa terkecuali menyukai aktivitas untuk berburu kuliner. Setiap daerah juga tentunya memiliki kuliner khas dengan cita rasa berbeda tapi tetap mampu menggoyang lidah. Jika mengingat kata Belitung, tentu hamparan pasir putih, deretan batu granit dan deru ombak tenang yang menghiasi setiap pantai adalah hal utama yang muncul dalam pikiran.

Padahal sebenarnya Belitung tak dibanjiri dengan pesona pantai yang membuai mata, namun juga memiliki berbagai makanan enak yang wajib kamu coba. Jadi jangan bilang pernah ke Belitung kalau belum mencoba deretan makanan enak recommended ini.

1. Kue Jungkong

jungkong [image source]
Kue berbahan dasar tepung besar dan tepung terigu ini memiliki cita rasa khas. Pengolahan kue ini pun terbilang cukup sederhana karena hanya dikukus dan dibungkus dengan daun pisang. Untuk menambah cita rasa, bahan dasar kue biasa dicampur dengan daun pandan. Kue tradisional ini memiliki rasa manis dengan beberapa macam pola penyajian, ada yang disajikan dengan santan seperti bubur sum-sum tapi ada juga yang dalam penyajiannya di taburi kelapa parut dan gula merah cair. Kue Jungkong akan lebih mudah dijumpai pada saat bulan puasa, karena akan banyak pedangan yang menjajakan kue tersebut sebagai salah satu menu lilihan takjil untuk berbuka puasa.

2. Kue Bingke

Bingke [image source]
Tak jauh berbeda dengan kue Jungkong, kue Bingke juga merupakan salah satu kue tradisional dari daerah Belitung. Kue ini terbuat dari olahan tepung terigu, telur, santan dan gula. Dari bahan sederhana ini tak membuat kenikmatan kue Bingke menjadi biasa-biasa saja. Buat kamu pecinta makanan manis, kue Bingke ini cocok menjadi makanan pendamping teh karena memiliki rasa manis dengan tekstur yang padat dan lembut.

3. Sate Laskar Pelangi

Sate Laskar Pelangi [image source]
Ingat Laskar Pelangi? Eits, tunggu dulu bahasan yang satu ini bukan seputar film ya. Melainkan makanan yang memang memiliki nama unik, palagi kalau bukan Sate Laskar Pelangi. Sate ini juga bukan seperti sate pada umumnya yang diolah dengan cara dibakar, tapi dikukus. Sate Laskar Pelangi merupakan campuran dari ikan tenggiri, santan, telur dan bumbu rempah-rempah yang dicampur menjadi satu kemudian dibungkus dengan Daun Simpor. Daun Simpor merupakan daun yang banyak dipakai dan menjadi ciri khas dari masakan Belitung.

4. Berego

Berego [image source]
Terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan sagu kemudian dikukus berbentuk gulungan. Campuran sagu ini membuat tekstur Brego menjadi kenyal. Untuk menambah kenikmatan olahan Brego biasanya disajikan dengan siraman kuah kari ikan.

5. Ketam Isi

Ketam Isi [image source]
Ketam isi ini adalah jenis makanan perkedel. Bedanya jika perkedel biasanya terbuat dari bahan dasar kentang, tapi Ketam isi ini berbahan dasar rajungan yang dibungkus dengan cangkang kepiting. Rajungan yang telah dicampur oleh rempah-rempah kemudian dimasukkan kedalam cangkang lalu digoreng. Wah, sudah terbayang dong rasanya sepeti apa. Makanan enak yang satu ini cocok buat kamu pecinta seafood, apalagi makannya sambil mantai di Belitung, makin yummy!

6.Nasi Gemok

Nasi Gemok [image source]
Kalau biasanya akrab dengan nasi uduk, di Belitung kamu bisa mencoba nasi Gemok. Nasi Gemok ini adalah nasi empuk yang disantap dengan lauk ikan bulus kecil yang digoreng dengan kuah santan gurih dan belimbing. Sebagian besar masyarakat Belitung menyantap nasi Gemok sebagai sarapan pagi. Jadi, kalau bingung menu sarapan saat berada di Belitung kamu bisa mencoba menu santap nasi Gemok.

Ada sekitar enam rekomendasi makanan enak yang perlu kamu coba saat berada di Belitung. So, kamu bisa memasukkan rekomendasi itu ke dalam list hunting kuliner saat berlibur di Belitung. Selamat mencoba. Jangan lupa juga untuk main-main ke Pantai yang ada di sana, dijamin jatuh cinta! Baca artikelnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *